Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Jangan Biarkan THR Kamu Habis Begitu Saja, Yuk Dikelola

Share

JANGAN BIARKAN THR KAMU HABIS BEGITU SAJA, YUK DIKELOLA

Bulan Ramadhan telah tiba, artinya semakin dekat pula datangnya hari raya. Selain mendambakan pahala berlipat di bulan suci, hal lain yang paling sering kamu nantikan pasti pendapatan ekstra berupa Tunjangan Hari Raya (THR) dari tempat kamu bekerja.

Mendengar kata ‘ekstra’, yang muncul dalam bayangan biasanya jumlah yang berlimpah atau lebih besar. Memang benar, THR memberikan kamu jumlah pendapatan yang lebih banyak dari biasanya, sehingga seringkali muncul perasaan untuk memenuhi keinginan. Dan tiba-tiba sederet keinginan akan muncul begitu saja. Padahal, kamu juga harus memperhatikan kebutuhan pokok hari raya, seperti biaya untuk zakat/ sedekah, biaya mudik, THR untuk asisten rumah tangga dan supir, dan lain sebagainya.

Sah-sah saja jika kamu ingin memenuhi keinginan, seperti membeli pakaian atau barang baru lainnya. Namun, ada baiknya kamu mendahulukan THR untuk kewajiban keuanganmu dan kebutuhan lain yang lebih utama. Jangan sampai setelahnya kamu malah terjerat utang karena kekurangan dana.

Utamakan THR untuk melunasi utang terlebih dahulu agar dapat meringankan beban keuanganmu. Setelah itu, agar uang THR tidak habis begitu saja tanpa bekas, jangan lupa sisihkan sebagian untuk ditabung atau diinvestasikan. Lalu, gunakan THR-mu untuk memenuhi kebutuhan pokok hari raya.  

Jika ketiga hal tersebut sudah terpenuhi, barulah kamu dapat mengalokasikan dana yang tersisa untuk memenuhi keinginan hari raya lainnya. Berikut tips cerdas mengelola THR:

1. Sejak awal diterima, kamu sebaiknya menggunakan THR untuk mencicil/ melunasi utangmu. Membiarkan utang berlarut-larut hanya akan menambah beban finansialmu.

2. Segera sisihkan minimal 10% dari THR-mu untuk ditabung. Ingat bahwa keuanganmu bukan semata-mata dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hari ini, namun juga kebutuhan tak terduga dan kebutuhan masa depan. Kamu juga bisa memilih untuk menginvestasikan sebagian dari THR-mu agar nilai aset atau kekayaanmu meningkat. Dengan begitu, kamu akan memperoleh keuntungan lebih banyak di kemudian hari.

3. Gunakan THR yang tersisa untuk memenuhi kebutuhan pokok hari raya. Perhitungkan kebutuhan pokok hari raya jauh sebelum hari H. Bila perlu sebelum bulan Ramadhan datang, kamu bisa menyisihkan pendapatanmu setiap bulan untuk kebutuhan hari raya, sehingga THR-mu tidak habis hanya untuk kebutuhan tersebut.

4. Setelah itu, barulah kamu dapat menggunakan sisa dari THR-mu untuk keinginan memenuhi kebutuhan hari raya lainnya seperti membeli pakaian baru, memberi angpau untuk keluarga dan kerabat, membeli makanan dan kue lebaran kesukaanmu (opor, ketupat, nastar), dan sebagainya.

Jadi, jangan biarkan THR-mu habis dalam sekejap hanya untuk memenuhi keinginan semata. Kelola THR dengan cerdas, jangan sampai bablas.

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
33%
Tidak Peduli
67%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v