Kontak | Indonesia | English

Beranda > Proteksi > Jenis Asuransi > Asuransi Kecelakaan Diri > Nikmati Perjalanan Mudik yang Aman, Nyaman, dan Terlindungi dengan Asuransi

Share

NIKMATI PERJALANAN MUDIK YANG AMAN, NYAMAN, DAN TERLINDUNGI DENGAN ASURANSI

Menjelang berangkat mudik, kamu pasti sudah tidak sabar untuk bertemu keluarga besarmu. Namun, sudahkan kamu melindungi aset dan jiwamu selama perjalanan? Sudahkan kamu memiliki asuransi? Jika belum, ayo persiapkan dari sekarang.

Kamu pasti menginginkan perjalanan mudik yang aman, juga perasaan yang tenang saat meninggalkan rumahmu. Nyatanya, semua risiko bisa terjadi tanpa diprediksi, sehingga perlu diantisipasi. Dengan memiliki asuransi, kamu dapat mengalihkan risiko tersebut kepada perusahaan asuransi, agar jika risiko terjadi, perusahaan asuransi sebagai penanggung dapat memberikan ganti rugi sesuai nilai yang telah diperjanjikan dalam polis.

Terdapat berbagai jenis asuransi yang dapat kamu manfaatkan untuk melindungi kamu dari segala risiko yang mungkin terjadi saat kamu mudik, baik asuransi jiwa maupun asuransi umum. Asuransi jiwa memberikan pertanggungan terhadap kehidupan seseorang, sedangkan asuransi umum memberikan pertanggungan atas harta bendamu.

Dengan tingginya risiko kecelakaan saat perjalanan mudik, kamu perlu melindungi dirimu dan keluarga dengan asuransi kendaraan bermotor, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi jiwa. Asuransi kecelakaan diri dan asuransi jiwa tidak hanya penting untuk perjalanan di darat, namun juga perjalanan udara maupun laut.

Kehadiran PT Jasa Raharja (Persero) sebagai asuransi sosial yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia, memberikan perlindungan bagi korban dimana yang berhak atas santunan adalah:
(1) setiap penumpang dari alat angkutan penumpang umum yang mengalami kecelakaan diri, yang diakibatkan oleh penggunaan alat angkutan umum, selama penumpang berada dalam angkutan tersebut, serta (2) setiap orang yang berada di luar angkutan lalu lintas jalan yang menjadi korban akibat kecelakaan dari penggunaan alat angkutan lalu lintas jalan serta setiap orang atau mereka yang berada di dalam suatu kendaraan bermotor dan ditabrak. Informasi mengenai prosedur klaim dapat diakses melalui link berikut. 

Beberapa maskapai bahkan juga bekerjasama dengan perusahaan asuransi dan menawarkan asuransi perjalanan/ travel insurance yang bersifat pilihan bagi penumpangnya. Asuransi jenis tersebut biasanya menawarkan manfaat mulai dari pemberian santunan apabila terjadi kecelakaan, penggantian kerugian atas kerusakan dan kehilangan bagasi, hingga fasilitas evakuasi medis darurat dan layanan medis 24 jam. Saat membeli tiket pesawat, kamu juga dapat mencari informasi apakah maskapai tersebut juga memberikan pertanggungan apabila terjadi penundaan jadwal penerbangan/ delay.

Sementara, untuk melindungi tempat tinggalmu atau bahkan tempat usahamu ditinggal mudik, kamu bisa memanfaatkan asuransi kebakaran. Tentunya kamu akan lebih tenang jika risiko atas obyek tempat usaha hingga perlengkapan usahamu ada yang menanggung selama kamu pergi.

Tak hanya rumah tinggal dan tempat usaha, asuransi tersebut juga dapat memberikan ganti rugi atas harta benda yang ada di dalamnya, sesuai ketentuan di masing-masing polis. Manfaatkan juga perluasan pertanggungan asuransi kebakaran untuk melindungi kendaraan dari risiko pencurian jika kendaraanmu ditinggal selama mudik. Kamu pun bisa memanfaatkan asuransi kendaraan secara terpisah untuk kendaraan yang ditinggal mudik.

Tak perlu khawatir untuk memanfaatkan produk asuransi yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan, berbagai produk asuransi syariah pun mudah dijumpai saat ini.

Tak perlu juga merasa terbebani, karena banyak produk asuransi dengan premi yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Saat ini berbagai produk asuransi mikro hadir sebagai pilihan, baik konvensional maupun asuransi syariah dengan karakteristik SMES, yaitu:

1. Sederhana: jaminan risiko asuransi mikro mudah untuk dimengerti dan tanpa memerlukan survei pendahuluan.

2.  Mudah: mudah diperoleh di lingkungan masyarakat luas.

3.  Ekonomis: premi asuransi mikro sangat terjangkau dengan manfaat yang optimal. Premi maksimum hanya sebesar Rp50ribu, dengan uang pertanggungan maksimum sebesar Rp50juta yang dapat berupa santunan dan ganti rugi.

4.  Segera: klaim cepat, dibayar kurang dari 10 hari kerja dengan dokumen klaim maksimal 4 jenis.

Cara mendapatkan perlindungan produk Asuransi Mikro sangat mudah. Kamu cukup membayar premi, lalu kamu akan mendapatkan nomor PIN untuk proses aktivasi melalui SMS. Proses klaimnya juga mudah. Kamu cukup mengirimkan SMS klaim, menyerahkan dokumen yang diperlukan, lalu kamu akan menerima pembayaran. Mudah bukan?

Beberapa produk asuransi mikro yang tepat dimanfaatkan untuk keperluan mudik antara lain:

1. Si Peci, Si Bijak (asuransi syariah), dan Warisanku, sebagai asuransi jiwa baik meninggal karena kecelakaan maupun sakit, yang dapat memberikan biaya pemakaman hingga uang santunan bagi ahli waris.

2. Rumahku, sebagai asuransi yang memberikan perlindungan untuk bangunan tempat tinggal dengan santunan untuk pemilik, penyewa, maupun ahli waris.

3. Stop Usaha Erupsi, sebagai asuransi yang memberikan perlindungan atas obyek tempat usaha (kios, warung, lapak, gerobak, bakulan, sepeda, sepeda motor, sampan, warung) hingga perlengkapan usaha/ produk.

Ayo, pastikan kamu telah memiliki asuransi sebelum mudik, agar perjalananmu semakin nyaman dan menyenangkan!

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
100%