Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Kegiatan > Perlindungan Konsumen > Tips Menghindari Penipuan 'Kirim Kode Rahasia'

Share

TIPS MENGHINDARI PENIPUAN 'KIRIM KODE RAHASIA'



Nggak
mau jadi korban jebakan ‘Kirim Kode Rahasia’ yang lagi marak? Mulai sekarang, kamu harus melakukan beberapa tips preventif berikut:

1. Ja
ga baik-baik data pribadi kamu! Jangan berikan kepada sembarang orang di pusat perbelanjaan, tempat hiburan, car free day, atau tempat umum lainnya. Penipu bisa saja menyamar menjadi petugas resmi bank atau institusi resmi lainnya saat beredar di tempat umum. Bahkan ada juga yang mengaku sekedar untuk keperluan riset, dan mengiming-imingimu dengan souvenir kecil yang menarik seperti boneka, cokelat, dsb. Pastikan kamu memberikan informasi pribadimu hanya ke pihak yang tepat.

2.
Selain di tempat umum, penipu bisa juga meminta data pribadi kamu melalui telepon, email, faks atau media komunikasi lainnya. Selalu cek kembali apakah alamat email serta situs yang kamu kunjungi sudah benar dan resmi milik bank. Terkadang penipu menggunakan modus kirim email sambil mencantumkan situs palsu yang tampilannya hampir serupa dengan situs resmi milik bank, yang menampilkan login screen berisikan permintaan username dan password nasabah.

3. 
Jangan pernah memberikan informasi rahasia seperti OTP, PIN, tiga digit nomor Card Verification Value (CVV)/ Card Verification Code (CVC) maupun tanggal kadaluarsa kartu yang tertera pada bagian belakang kartu kredit dan debitmu. Ingat nomor tersebut. Jangan mencatatnya pada sembarang tempat atau menyimpannya di dompet dan selularmu. Petugas bank TIDAK pernah menghubungimu untuk meminta informasi rahasia tersebut kapanpun, dan dengan keadaan/ alasan apapun.

Itu dia sejumlah tips agar kamu tetap bisa memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh fasilitas perbankan secara aman. Hati-hati ya!

Masih jaman kena ‘jebakan betmen’ penipu? Ayo, jadi konsumen cerdas! Jangan lupa beri tahu orang sekitarmu untuk terus waspada.

#penipuan #penipuanselular #penipuanSMS #penipuanPIN #penipuanOTP #moduspenipuanterkini #jagainformasipribadimu #SikapiUangmuJuli

Rating

Senang
67%
Puas
11%
Menginspirasi
11%
Tidak Peduli
11%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v