Kontak | Indonesia | English

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Transaksi Jadi Lebih Mudah dengan Uang Elektronik

Share

TRANSAKSI JADI LEBIH MUDAH DENGAN UANG ELEKTRONIK




       Saat ini
penggunaan uang elektronik semakin marak, sebagai salah satu pilihan instrumen pembayaran non tunai selain kartu debit dan kartu kredit. Uang elektronik bisa digunakan untuk melakukan banyak transaksi, seperti berbelanja, bayar tol, tiket transportasi, dan lain-lain.

Yang membedakan uang elektronik dengan kartu debit/ kredit adalah dana yang tersimpan dalam uang elektronik sepenuhnya menjadi penguasaan konsumen, bukan dikelola menjadi simpanan bank/ pemberi jasa.

Saat ini, ada dua jenis yang tersedia. Pertama, uang elektronik yang dananya disimpan dalam sebuah chip yang umumnya terdapat dalam sebuah kartu, dimana transaksinya dilakukan secara langsung tanpa menggunakan internet (offline). Kedua, uang elektronik yang dananya disimpan pada data di sebuah server, dimana transaksinya dilakukan secara online. Uang elektronik jenis kedua ini umumnya terdapat dalam sebuah aplikasi pada telepon seluler.

Apa pun jenisnya, uang elektronik dan instrumen pembayaran non tunai lainnya memiliki banyak keunggulan:

1. Praktis dan nyaman

Dengan alat bayar non tunai, kamu nggak perlu khawatir akan menjadi korban penipuan uang palsu. Kamu juga tidak harus membawa banyak uang ke tempat umum sekalipun harus membeli barang dengan harga yang tinggi sehingga mengurangi potensi menjadi korban kriminalitas

2. Efisiensi waktu

Melakukan pembayaran tagihan (listrik, kartu kredit, uang sekolah) jadi lebih mudah tanpa harus antri di payment point. Mau beli pulsa? Bisa langsung dari ponsel, nggak perlu jauh-jauh ke toko pulsa lagi, lho.

3. Tidak pusing dengan uang kembalian

Membayar cukup dengan jumlah uang yang pas. Jika nominal harga barang tidak bulat, baik pembeli maupun penjual tidak perlu repot memikirkan uang kembalian. Selain itu, nggak perlu takut lagi salah hitung nominal uang, terlebih jika jumlahnya banyak. Cukup perhatikan dengan baik nominal yang akan dibayarkan sebelum menyetujui transaksi.

4. Manfaat promosi produk

Banyak penyedia jasa pembayaran non tunai yang menawarkan promo di berbagai merchant seperti di restoran, bioskop, tempat berbelanja dan tempat hiburan lainnya, berupa penawaran diskon, buy one get one, dan lain sebagainya jika melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, kartu debit atau uang elektronik tertentu.

5. Memudahkan pencatatan transaksi

Setiap transaksi yang dilakukan akan tercatat secara otomatis pada akunmu. Kamu juga dapat mendaftarkan notifikasi transaksi, untuk membantu mendeteksi transaksi yang tidak kamu lakukan.

Banyak kan untungnya? 
Namun, sebelum memanfaatkan kemudahan tersebut, ada baiknya klik di sini (link)  untuk baca tips aman menggunakan alat pembayaran non tunai!

Rating

Senang
14%
Puas
29%
Menginspirasi
43%
Tidak Peduli
14%

Daftar Perusahaan Fintech Yang Terdaftar di OJK Periode Agustus 2018

Selengkapnya >>

v

Artikel Terpopuler

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)
Baca selengkapnya >>
Bulan Inklusi Keuangan, 1 - 31 Oktober 2017
Baca selengkapnya >>
Mengenal Galeri Investasi Pasar Modal, Sarana Edukasi dan Transaksi Efek
Baca selengkapnya >>
Kenali 3K Untuk Resolusi Keuangan Anda: Keinginan, Kebutuhan, Kemampuan
Baca selengkapnya >>
Pendidikan Keuangan, Kunci Kesejahteraan Masyarakat
Baca selengkapnya >>

Artikel Terbaru

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)
Baca selengkapnya >>
Ingin Hidup Sejahtera Tapi Banyak Keinginan? Kelola Gaji Dari Sekarang
Baca selengkapnya >>
Bulan Inklusi Keuangan, 1 - 31 Oktober 2017
Baca selengkapnya >>
Ikuti Kompetisi Inklusi Keuangan KOINKU 2017!
Baca selengkapnya >>
Transaksi Jadi Lebih Mudah dengan Uang Elektronik
Baca selengkapnya >>