Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Keuanganku > Mengelola Keuanganku > Mengapa Diperlukan Perencanaan Keuangan > Tips Liburan Smart, Asik Tapi Tetap Hemat

Share

TIPS LIBURAN SMART, ASIK TAPI TETAP HEMAT



Musim liburan hampir tiba! Abis kerja capek-capek selama beberapa bulan, selalu berhadapan dengan polusi dan macetnya perkotaan, nggak ada salahnya kok kamu menyisihkan sedikit waktu untuk pergi liburan. Hidup balance itu penting
, lho!

Faktanya, liburan bisa bantu kamu melepaskan rasa penatmu, dan membangkitkan semangatmu untuk kembali bekerja.

 

Nggak perlu sedih dan menahan-nahan diri untuk berangkat liburan, kamu bisa kok menyiasati hal tersebut dengan cara liburan smart, asik tapi tetap hemat. Ayo ikuti tips berikut ini:

1. Persiapkan Dana Travelling

Agar tidak mengganggu cash flow kamu, ada baiknya persiapkan dana untuk travelling jauh-jauh hari sebelum waktu rencana keberangkatanmu, terutama bagi kamu yang memang memiliki hobi tavelling. Usahakan tidak mengeluarkan uang lebih dari anggaran yang telah kamu persiapkan sejak awal, sehingga tidak mengganggu anggaran lainnya. Kamu boleh menabung 3 bulan, 6 bulan sebelumnya, atau lebih. Berangkat liburan secara mendadak dengan memanfaatkan pendapatan kamu sebulan, hanya akan membuat kamu ‘tekor’ alias akhir bulan hanya makan mie instan! Dan JANGAN GUNAKAN cicilan kartu kredit untuk membiayai liburanmu, pokoknya jangan!

2. Hindari Musim Liburan

Saat musim liburan atau high season, harga barang dan jasa akan naik pada hampir semua tempat wisata. Oleh karena itu, selain dapat menikmati tempat liburan dengan lebih nyaman karena lokasi cenderung lebih sepi pengunjung, ada baiknya kamu berangkat saat low season karena harga yang ditawarkan biasanya lebih murah.

3. Pesan Tiket Tranportasi dan Penginapan Lebih Awal

Pesan tiket transportasi dan penginapan sejak awal. Hindari memesan dalam waktu dekat, apalagi membeli tiket di tempat atau go-show, karena harga yang ditawarkan lebih mahal. Selain memesan lebih awal, kamu juga bisa mengunjungi pameran liburan/ travel fair untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah serta promo potongan harga yang menarik. Agar lebih hemat dan praktis, kamu juga bisa memilih paket liburan menarik yang ditawarkan oleh beberapa travel agent, biasanya sudah termasuk tiket pesawat, penginapan dan konsumsi.

4. Siapkan Kebutuhan Pokok Sebelum Keberangkatan

Obat-obatan, peralatan mandi, makanan ringan, dan kebutuhan yang sekiranya akan diperlukan selama berwisata, lebih baik dipersiapkan sebelum keberangkatan. Barang-barang tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal di sekitar tempat wisata, mengingat hampir setiap orang pasti membutuhkannya.

5. Manfaatkan Free Wi-fi

Jaringan wi-fi gratis akan membantu menghemat biaya pengeluaranmu.  Jika kamu berencana berlibur ke luar negeri, cari tahu informasi mengenai provider/ sewa portable wi-fi yang berkualitas namun harganya tetap terjangkau.

6. Tentukan Destinasi Sebelum Berangkat

Pilih  dan tulis daftar tempat yang ingin kamu kunjungi pada kota tujuanmu. Lakukan survei tempat menarik melalui beberapa review yang ada di beberapa situs internet atau mobile apps yang tersedia.

Hindari memilih tujuan secara mendadak saat hari H, karena hal tersebut akan membuang sia-sia lebih banyak waktu liburanmu. Sebaiknya hindari pula memilih terlalu banyak tujuan, karena selain menghabiskan banyak energi, mengunjungi terlalu banyak tempat juga memakan lebih banyak biaya. Apa lagi kalau kamu sampai jatuh sakit karena kelelahan. Wah, malah bisa makan lebih banyak biaya, kalau sampai berobat ke rumah sakit segala!

7. Gunakan Uang dengan Bijak

Jika tujuanmu adalah refreshing dari rutinitas setiap hari, alangkah baiknya jika kamu tidak menjadikan belanja sebuah prioritas. Sering kali kita lapar mata saat mengunjungi pusat perbelanjaan, terutama jika sedang BIG SALE. Terkadang, ‘penyakit’ kita adalah tergoda untuk membeli barang dengan harga miring tanpa memikirkan kegunaan barang tersebut ke depannya. Usahakan lebih menahan diri dan bertanggung jawab atas barang yang telah kamu beli. Lebih baik lagi jika kamu membatasi anggaran berbelanja selama liburan menjelang keberangkatan, serta mencatat dengan rinci setiap pengeluaranmu sekecil apapun nilainya.

8. Miliki Asuransi Perjalanan

Banyak traveller yang masih mengabaikan pentingnya asuransi perjalanan. Meskipun harus membayar uang ekstra, asuransi perjalanan itu sangat penting dimiliki untuk memberikan kamu perlindungan selama berwisata. Banyak sekali manfaat yang didapat ketika kita memiliki asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan tidak hanya menanggung kecelakaan atau meninggal saja, namun delay pesawat pun dapat ditanggung. Jika bagasi atau barang anda hilang juga diganti bila dirasa perlu. Bahkan ada asuransi yang menanggung kegiatan penuh tantangan seperti naik gunung, rafting, sky-diving.

 

Simple kan caranya, agar kamu bisa mendapatkan liburan asik tapi tetap hemat? Mulai sekarang, yuk lebih bijak dalam menyiapkan dan menghabiskan uang untuk pergi liburan, agar masa depan indah bukan sekedar angan-angan. Sikapi uangmu dengan bijak. Cerdas mengelola, masa depan sejahtera! 

Rating

Senang
75%
Puas
12%
Menginspirasi
12%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbar