Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Mengelola Keuanganku > Mengapa Diperlukan Perencanaan Keuangan > Kebiasaan Keuangan yang Harus Mulai Kamu Terapkan Sejak Sekarang! (1/2)

Share

KEBIASAAN KEUANGAN YANG HARUS MULAI KAMU TERAPKAN SEJAK SEKARANG! (1/2)

           
          Sobat Sikapi, bagaimana dengan perencanaan keuangan kamu di tahun 2018 ini? Tentunya sudah disusun dengan rapi dan penuh perhitungan, kan? Dalam menyusun rencana keuangan, jangan lupa untuk menerapkan prinsip Be S.M.A.R.T yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya ya! Bagi yang belum menyimak bisa kunjungi kembali di artikel (berikut)

         Nah, kalau sudah punya financial goals yang matang, tentunya Sobat Sikapi berharap semua tujuan keuangan tersebut bisa tercapai di­­ tahun 2018 ini. Dengan memiliki financial goals yang tersusun rapi artinya Sobat Sikapi sudah memiliki modal paling dasar untuk mewujudkan berbagai tujuan keuangan tersebut, yaitu Niat dan Perencanaan. Tetapi, niat dan perencanaan aja tentu belum cukup dong. Niat dan rencana ini harus dibarengi dengan hal yang nggak kalah penting yaitu konsistensi perilaku keuangan kamu dalam mencapai tujuan keuangan tersebut. Konsistensi ini bisa jadi musuh paling berbahaya buat kita-kita semua kalau nggak berhasil disiasati dengan baik. Lalu, gimana cara menjaga konsistensi kita dalam mewujudkan financial goals yang sudah disusun? Salah satu caranya adalah dengan membudayakan kebiasaan keuangan yang baik. Berikut 5 kebiasaan keuangan sehari-hari yang wajib kamu terapkan untuk mencapai financial goals yang sudah disusun:

1. Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara teratur. Dengan mengetahui secara rinci seluruh pemasukan dan pengeluaran serta kondisi keuangan kamu dari waktu ke waktu, maka kamu bisa menentukan kapan saat yang tepat untuk mengerem pengeluaran atau kapan bisa sedikit ‘bersantai’.

2. Hindari membeli apapun di luar perencanaan. Membeli sesuatu di luar perencanaan (impulsive buying) merupakan salah satu musuh utama dalam perencanaan keuangan. Hal ini yang tanpa disadari sering menggagalkan kita untuk mencapai financial goals. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan menyusun daftar barang yang dibutuhkan ketika ingin berbelanja dan selalu mengikuti daftar tersebut. Ketika muncul keinginan untuk membeli hal-hal di luar daftar, tanyakan lagi kepada diri sendiri apakah ini memang merupakan kebutuhan atau hanya keinginan sesaat saja?

3. Biasakan menentukan batas pengeluaran tertinggi untuk suatu barang atau kebutuhan. Misalnya, ketika harus membeli kado untuk teman atau ketika menghabiskan akhir pekan dengan makan di restoran atau nonton bioskop, tentukan berapa maksimal pengeluaran yang dapat kita gunakan dan stick to it! Tentu kita tetap boleh memberikan hadiah yang berkesan kepada teman dan bersantai di akhir pekan, namun ingat do not overspend alias jangan sampai berlebihan dan di luar kemampuan.

4. Budayakan menabung.  Selalu sisihkan pemasukan yang kamu terima untuk berbagai keperluan di masa mendatang seperti dana pensiun dan dana darurat. Untuk dana darurat, tahan seluruh keinginan untuk menggunakan dana cadangan ini di luar peruntukannya. Ingat, tidak ada kata terlambat! Jadi, kalau selama ini Sobat Sikapi belum menerapkannya maka bisa dimulai dari sekarang.

5. Simpan uang di dompet dengan jumlah seminimal mungkin. Dengan terbatasnya uang tunai di dompet, maka dapat membantu Sobat Sikapi mengurangi impulsive buying khususnya ketika toko tersebut tidak menerima pembayaran non-tunai J

     Bagaimana sobat sikapi? Bisa khan kamu membudayakan kebiasaan keuangan yang baik tersebut yang bertujuan untuk “mengawal” konsistensi perilaku keuanganmu agar financial goals-mu tercapai. Nantikan artikel kami selanjutnya yang membahas 5 kebiasaan keuangan yang baik yang dapat kamu terapkan sehari-hari. Yuk sikapi uangmu dengan bijak, kelola uangmu dengan baik untuk hidup lebih sejahtera.

Rating

Senang
55%
Puas
7%
Menginspirasi
36%
Tidak Peduli
2%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Konsumen Cerdas, Pahami Tips di Masa Pra, Saat, dan Pasca Bertransaksi
Baca selengkapnya >>
Zakat untuk Hidup Tentram dan Masyarakat Sejahtera
Baca selengkapnya >>
Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
Baca selengkapnya >>
Sambut Women’s Month, Nyalakan Potensi Perempuan dalam UMKM
Baca selengkapnya >>
Uang Bikin Cinta Berantakan? Hindari Perilaku Toksik Keuangan Pasangan
Baca selengkapnya >>