Kontak | Indonesia | English

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)

Share

SISTEM LAYANAN INFORMASI KEUANGAN (SLIK)


 

Sobat Sikapi, pernahkah kalian mendengar tentang BI Checking atau Sistem Informasi Debitur (SID)? Nah, bagi yang sudah familiar dengan SID, tentunya sudah tahu kalau per 1 Januari 2018 BI Checking atau SID sudah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK yang sekarang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kan?

Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK sendiri merupakan sistem informasi yang pengelolaannya dibawah tanggung jawab OJK yang bertujuan untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, yang salah satunya berupa penyediaan informasi debitur (iDeb).

SLIK memperluas cakupan iDeb yaitu melingkupi lembaga keuangan bank dan lembaga pembiayaan (finance) dan juga ke lembaga keuangan non-bank yang mempunyai akses data debitur dan kewajiban melaporkan data debitur ke Sistem Informasi Debitur (SID). Selain itu, SLIK juga dipakai untuk melaporkan, fasilitas penyediaan dana, data agunan, dan data terkait lainnya dari berbagai jenis lembaga keuangan, masyarakat, Lembaga Pengelolaan Informasi Perkreditan (LPIP) dan pihak lainnya.

Dengan terintegrasinya SLIK, Sobat Sikapi diharapkan untuk menjadi lebih mudah dalam proses pengajuan pinjaman. Selain itu, SLIK juga diharapkan mampu meminimalisir angkat kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL).

Sobat Sikapi yang ingin menggunakan layanan SLIK dapat langsung mengunjungi kantor – kantor OJK baik di pusat maupun daerah. Informasi mengenai alamat kantor-kantor OJK tersebut dapat dilihat di www.ojk.go.id.

Berikut hal-hal yang wajib diketahui dan dipersiapkan oleh Sobat Sikapi yang berkeinginan untuk menggunakan Layanan SLIK.  Simak yuk!

Pertama, GRATIS. Bagi Sobat Sikapi, baik individu atau badan usaha, yang menggunakan layanan SLIK tidak dipungut biaya apapun. Harap berhati-hati dan waspada terhadap oknum yang meminta atau melakukan pemungutan dana.

Kedua, CEPAT. Keseluruhan proses layanan SLIK hanya membutuhkan waktu 15 menit (5 menit untuk pencetakan dan 15 menit untuk pencetakan dengan penjelasan iDeb).

Ketiga, SEBAIKNYA TIDAK DIWAKILKAN. Permintaan informasi melalui layanan SLIK sebaiknya tidak diwakilkan untuk menjaga kerahasiaan data pribadi. Namun demikian jika Sobat Sikapi tidak dapat mengambil sendiri datanya maka dapat diwakilkan dengan membuat Surat Kuasa yang dilengkapi dengan materai 6000, Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli debitur dan KTP asli penerima kuasa.

Keempat, SIAPKAN KARTU IDENTITAS ASLI. KTP bagi Warga Negara Indonesia (WNI) atau Paspor  bagi Warga Negara Asing (WNA) untuk debitur perseorangan sedangkan untuk debitur Badan Usaha wajib membawa fotokopi identitas badan usaha dan identitas pengurus dengan menunjukkan identitas asli badan usaha[1].

Untuk informasi lebih lanjut, Sobat Sikapi bisa menghubungi kontak OJK 157 atau mengunjungi website OJK di www.ojk.go.id.

Dapatkan informasi keuangan yang terpadu, lengkap, gratis, dan cepat hanya di SLIK ??



[1] Khusus bagi debitur yang menggunakan layanan SLIK di kantor pusat OJK (Komplek Perkantoran Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin nomor 2, Jakarta) diharapkan untuk membawa identitas diri selain KTP yaitu misalnya SIM, NPWP, Kartu BPJS, dan lain-lain, untuk ditukarkan dengan kartu pengunjung di Pos Pengamanan Kebon Sirih atau Budi Kemuliaan.

Rating

Senang
81%
Puas
3%
Menginspirasi
13%
Tidak Peduli
3%

Daftar Perusahaan Fintech Yang Terdaftar di OJK Periode Agustus 2018

Selengkapnya >>

v

Artikel Terpopuler

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)
Baca selengkapnya >>
Bulan Inklusi Keuangan, 1 - 31 Oktober 2017
Baca selengkapnya >>
Mengenal Galeri Investasi Pasar Modal, Sarana Edukasi dan Transaksi Efek
Baca selengkapnya >>
Kenali 3K Untuk Resolusi Keuangan Anda: Keinginan, Kebutuhan, Kemampuan
Baca selengkapnya >>
Pendidikan Keuangan, Kunci Kesejahteraan Masyarakat
Baca selengkapnya >>

Artikel Terbaru

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)
Baca selengkapnya >>
Ingin Hidup Sejahtera Tapi Banyak Keinginan? Kelola Gaji Dari Sekarang
Baca selengkapnya >>
Bulan Inklusi Keuangan, 1 - 31 Oktober 2017
Baca selengkapnya >>
Ikuti Kompetisi Inklusi Keuangan KOINKU 2017!
Baca selengkapnya >>
Transaksi Jadi Lebih Mudah dengan Uang Elektronik
Baca selengkapnya >>