Kontak | Indonesia | English

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Saham > KATA SIAPA BUKA REKENING SAHAM ITU SUSAH? BACA ARTIKEL BERIKUT INI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT!

Share

KATA SIAPA BUKA REKENING SAHAM ITU SUSAH? BACA ARTIKEL BERIKUT INI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT!





KATA SIAPA BUKA REKENING SAHAM ITU SUSAH? BACA ARTIKEL BERIKUT INI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT!


 

                Investasi saham merupakan salah satu bentuk investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Saham sebagai surat yang menunjukkan kepemilikan suatu perusahaan, sangat diminati karena merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki imbal hasil yang besar dalam jangka waktu yang relatif singkat, Sobat Sikapi.

                Nah, buat anak muda “zaman now”, masih banyak yang bingung dan kurang “melek” informasi soal gimana caranya berinvestasi saham. Yuk simak artikel yang akan mengulas cara membuka rekening saham dan cara membeli saham nya!

Buat kalian Sobat Sikapi, ngga usah khawatir ya. Cara membuka rekening saham itu gampang dan sederhana kok! Nah, sebelumnya, ada beberapa dokumen persyaratan yang perlu kalian siapkan nih, yaitu:

  • ID Card – KTP/KITAS/Passport merupakan syarat wajib buat kalian yang ingin membuka rekening saham. Buat Warga Negara Indonesia (WNI), maka syarat wajib yang diperlukan adalah KTP yang tidak bisa digantikan dengan SIM atau Passport.
  • NPWP – atau Nomor Peserta Wajib Pajak juga menjadi syarat wajib saat pembukaan rekening efek.
  • Buku Tabungan – cover buku tabungan akan memudahkan pihak sekuritas memeriksa rekening bank nasabah dan rekening inilah yang jadi bank penampungan tiap kali melakukan penarikan dana, Sobat Sikapi! Kalian juga bisa loh mengintegrasikan rekening bank kamu menjadi RDI dengan berkonsultasi pada broker.
  • Nomor Identitas Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) – persyaratan ini hanya berlaku kalau kamu sudah memiliki rekening saham sebelumnya.
  • Fotokopi KTP dan NPWP Suami serta Fotokopi Kartu Keluarga – perlu disertakan bila pekerjaan kamu sudah menjadi Ibu Rumah Tangga.
  • Meterai Rp 6,000 – nah diperlukan sekitar 2-8 meterai yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu ya, Sobat Sikapi.

                Nah kalau semuanya sudah siap, hal berikutnya yang mesti kamu lakukan adalah menentukan sekuritas. Sekuritas/broker/pialang adalah perusahaan yang aktivitas utamanya adalah melakukan jual beli efek yang tercatat di bursa saham dan memiliki izin dan wewenang untuk melakukan transaksi tersebut. Yang harus dipertimbangkan dalam memilih broker/sekuritas adalah kredibilitas, merupakan bagian dari Anggota Bursa dengan memiliki sertifikat Perantara Pedagang Efek (PPE) atau Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) dan tercatat oleh Bursa Efek Indonesia.

                Selanjutnya, kita akan menilik tentang gimana caranya membuka rekening saham ya, Sobat Sikapi. Pertama-tama hal yang akan kita lakukan adalah mengisi formulir pembukaan rekening saham yang dapat diunduh secara online di website perusahaan sekuritas atau dengan menemui broker kita. Jika ingin membuka rekening, Sobat Sikapi juga jangan lupa menyertakan dokumen persyaratan yang sudah dijelaskan diatas ya!

Nah, perlu dipahami Sobat Sikapi kalau formulir pembukaan rekening saham umumnya dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  1. Rekening Saham yaitu untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas dan juga akan digunakan sebagai data yang disampaikan pada KSEI. Rekening ini adalah rekening penyimpanan saham yang kamu miliki, Sobat Sikapi.
  2. Rekening Dana Investor (RDI) adalah rekening dari dana anda, yang ditempatkan terpisah dari rekening perusahaan efek. Manfaat RDI adalah agar kamu memiliki rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian transaksi saham dan untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham.

                Setelah memilih rekening saham atau RDI, hal selanjutnya adalah dengan menyetor deposit awal. Besaran setoran awal tergantung dari sekuritas yang kamu pilih ?? Ada yang mulai dari Rp100 ribu saja loh, Sobat Sikapi!

                Nah, buka rekening sudah, setoran awal juga sudah, selanjutnya tinggal menunggu dikirimkannya ID, Password, dan PIN untuk login ke akun saham online kamu dan menerima kartu akses KSEI. Setelah itu semua, download aplikasi trading yang disediakan oleh broker/sekuritas kamu dan kamu bisa mulai bertransaksi saham deh, Sobat Sikapi.

                Dave Ramsey salah satu pebisnis terkenal di Amerika pernah mengatakan bahwa “Financial peace isn't the acquisition of stuff. It's learning to live on less than you make, so you can give money back and have money to invest. You can't win until you do this." Jika kamu menginginkan hidup yang tenang dan sejahtera, yuk coba hidup lebih sederhana dan berinvestasi pada tempatnya.

                Lagipula, mudah kan memulai untuk berinvestasi saham? Kenali produknya, siapkan dokumen dan modal awalnya, lalu mulai transaksinya! Selamat mencoba, Sobat Sikapi.

Rating

Senang
23%
Puas
26%
Menginspirasi
21%
Tidak Peduli
30%