Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Tetap Berinvestasi Walaupun Nilai Tukar Rupiah Melemah

Share

TETAP BERINVESTASI WALAUPUN NILAI TUKAR RUPIAH MELEMAH



Tetap Berinvestasi Walaupun Nilai Tukar Rupiah Melemah

Sobat Sikapi, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya di http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10459, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) terus melemah hingga menyentuh Rp15.000/Dolar yang dianggap sebagai pelemahan kurs terdalam pada beberapa tahun ini. Presiden Joko Widodo telah menghimbau masyarakat untuk berhati-hati menyikapi penurunan nilai tukar Rupiah yang disebabkan oleh faktor eksternal ini. Namun, pelemahan nilai tukar yang dirasakan sebagai mimpi buruk bagi Indonesia, nyatanya bisa menjadi momentum yang baik bagi beberapa pihak.

Pengusaha sekaligus mantan Menteri Perdagangan Indonesia, Rachmat Gobel mengatakan kondisi saat kurs Rupiah melemah dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak ekspor sebanyak-banyaknya. Para pebisnis dengan orientasi ekspor seperti produk kerajinan tangan menikmati peningkatan ekspor akibat kurs Rupiah yang rendah, produk yang mereka pasarkan di pasar global menjadi lebih murah relatif terhadap produk dari negara lain sehingga mereka bisa meningkatkan volume penjualan. Selain itu, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang digaji dengan Dolar juga menikmati peningkatan pendapatan relatif.

Sobat Sikapi, kalian juga bisa memanfaatkan momentum pelemahan nilai tukar Rupiah untuk mulai berinvestasi, tentunya dengan cara yang legal dan sesuai dengan peraturan pemerintah. Cara untuk berinvestasi saat Rupiah melemah yaitu,

1. Berinvestasi di Saham dan Reksa Dana

Pelemahan Rupiah secara tidak langsung memberikan dampak negatif ke kondisi keuangan masyarakat akibat peningkatan harga di pasar terutama untuk produk impor. Namun, di sisi lain momentum ini bisa menjadi kesempatan Sobat Sikapi untuk mulai berinvestasi, yaitu melalui saham dan reksa dana. Jika pelemahan kurs juga diikuti dengan penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di pasar modal, maka sebenarnya saat ini adalah momentum yang tepat untuk berinvestasi karena harga instrumen investasi yang juga turun.

Sobat Sikapi bisa mulai berinvestasi dengan membeli saham atau reksa dana saat harga instrumen tersebut turun, lalu menjualnya kembali saat nilai tukar Rupiah dan IHSG kembali menguat dan harga instrumen investasi terkoreksi.

2. Membeli Emas

Bila Sobat Sikapi ingin mencari investasi yang menguntunkan dalam jangka panjang, emas merupakan salah satu instrument yang bisa diandalkan. Walaupun kurs Rupiah melemah, harga emas tetap stabil. Naik turunnya harga emas memang tidak dapat diprediksi, mungkin saja saat Rupiah melemah harga emas naik dan mungkin saja sebaliknya. Namun, perubahan harga emas lebih stabil disbanding naik turunnya harga saham.

Emas dianggap menjadi pilihan investasi tepat dan aman saat Rupiah melemah. Namun, investasi emas termasuk investasi jangka panjang, yang berarti kalian baru bisa merasakan keuntungannya jika sudah berinvestasi di instrumen ini lebih dari lima tahun

3. Menabung di Surat Utang Negara (SUN)

Pemerintah Indonesia untuk pertama kalinya menerbitkan surat utang bagi investor ritel melalui Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Hanya dengan Rp 5 juta, kalian bisa berinvestasi di ORI. SUN adalah jenis investasi aset yang tidak bergantung terhadap kurs Dolar. SUN merupakan instrumen investasi yang tepat di tengah penurunan kurs Rupiah saat ini. Selain memiliki return yang lebih besar daripada deposito, SUN juga memiliki keunggulan dari sisi keamanan karena risiko yang lebih minim dibandingkan obligasi korporasi, saham, dan reksa dana.

Sobat SIkapi dapat mempelajari SUN lebih lanjut di http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10458

Sobat Sikapi, di mana pun kalian berinvestasi, pastikan lembaga yang kalian titipkan dana kalian terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lembaga keuangan yang mengantongi izin dari OJK menawarkan keamanan berinvestasi. Tanggal 7 September 2018 yang lalu, OJK kembali menemukan 10 entitas penawaran investasi tanpa izin, yaitu:

No.

Nama Entitas

Kegiatan Usaha

1.      

PT Investasi Asia Future

Pialang Berjangka tanpa izin

2.       

PT Reksa Visitindo Indonesia

Pialang Berjangka tanpa izin

3.       

PT Indotama Future

Pialang Berjangka tanpa izin

4.       

PT Recycle Tronic

Pialang Berjangka tanpa izin

5.       

MIA Fintech FX

Pialang Berjangka tanpa izin

6.       

PT Berlian Internasional Teknologi

Penjualan produk secara multi level marketing (MLM) tanpa izin

7.      

PT Dobel Network Internasional (Saverion)

Penjualan produk secara multi level marketing (MLM) tanpa izin

8.       

PT Aurum Karya Indonesia

Penjualan emas dengan sistem digital

9.       

Zain Tour and Travel

Kegiatan Travel Umrah tanpa izin

10.   

Undianwhatsapp2018.blogspot/PT.WhatsappIndonesia.

Penipuan dengan modus undian berhadiah

 Informasi selengkapnya dapat kalian baca di https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Siaran-Pers-Satgas-Kembali-Temukan-182-Fintech-Peer-To-Peer-Lending-Tanpa-Izin.aspx

Sobat Sikapi, walaupun momen pelemahan nilai Rupiah memang memberikan dampak terhadap keuangan kalian, tapi kalian tetap bisa mendapatkan keuntungan dengan berinvestasi di instrumen yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, kalian juga bisa mencoba untuk membangun bisnis yang berorientasi ekspor sehingga produk kalian dihargai dengan Dolar. Ayo tentukan tujuan keuangan kalian sehingga kalian tetap bisa berkembang di saat Rupiah sedang tertekan!

Artikel Keuangan Lainnya:

1. Ayo Menabung Sejak Dini agar Ibadah Haji Bukan Hanya Mimpi!

http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10457

2. Daftar Perusahaan Fintech Yang Terdaftar Di Ojk Periode Agustus 2018

http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10460

3. Berinvestasi Aman dan Menguntungkan di Surat Utang Negara dengan Rp 1 Juta

http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10458

Sumber:

https://www.merdeka.com/uang/mereka-yang-untung-akibat-rupiah-melemah/pebisnis-kerajinan-tangan.html

https://www.cekaja.com/info/investasi-saat-rupiah-melemah/

https://www.moneysmart.id/4-investasi-yang-menguntungkan-saat-rupiah-melemah/

https://www.moneysmart.id/membeli-emas-saat-rupiah-tengah-melemah-ada-untung-dan-ruginya/

https://www.bareksa.com/id/text/2015/05/11/rupiah-terus-melemah-investasi-apa-yang-bisa-jadi-pilihan/10480/investasi%20dan%20lainnya

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE https://www.idntimes.com/business/economy/putriana-cahya/5-investasi-saat-rupiah-anjlok-1


Rating

Senang
44%
Puas
56%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v