Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Sukuk Tabungan > Berinvestasi Syariah Aman dan Menguntungkan di Sukuk Tabungan

Share

BERINVESTASI SYARIAH AMAN DAN MENGUNTUNGKAN DI SUKUK TABUNGAN



Berinvestasi Syariah Aman dan Menguntungkan di Sukuk Tabungan

Halo Sobat Sikapi, pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama menepis pemahaman masyarakat yang salah dan harus diubah terkait investasi. Banyak di antara kita yang berpandangan bahwa berinvestasi harus dimulai dengan uang banyak. Padahal, sebetulnya kita masih bisa berinvestasi dengan hanya Rp 1 Juta, salah satunya melalui Surat Berharga Negara (SBN).

Tidak sedikit investor yang menganggap bahwa berinvestasi di SBN memberikan keuntungan, kemudahan, dan keamanan yang lebih dibandingkan dengan deposito. Pada tanggal 1 November 2018 yang lalu Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan resmi membuka masa penawaran Sukuk Tabungan seri ST-002. ST-002 adalah salah satu Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang merupakan produk investasi syariah yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia, sebagai tabungan investasi yang aman, mudah, terjangkau, menguntungkan dan dijual dengan cara online (e-SBN). Penjelasan lebih lanjut mengenai Sukuk Tabungan dapat dipelajari di https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/334.

Lalu, apakah Sukuk Tabungan ini sesuai dengan prinsip syariah? Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah dan tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury). Sukuk Tabungan seri ST-002 telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSNMUI) melalui pernyataan kesesuaian syariah DSN-MUI Nomor B-707/DSN-MUI/X/2018 Tanggal 19 Oktober 2018. Penerbitan Sukuk Tabungan sendiri menggunakan struktur akad Wakalah. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Sukuk ritel ST-002 mulai ditawarkan sejak 1 November 2018 (pukul 09.00 WIB) sampai dengan tanggal 22 November 2018 (pukul 10.00 WIB), sementara Surat Kepemilikan akan diterbitkan pada 13 Desember 2018. Sobat Sikapi dapat mulai berinvestasi di Sukuk Tabungan hanya dengan minimum pembelian Rp 1 juta hingga maksimal pembelian Rp 3 miliar dan akan jatuh tempo pada 10 November 2020 (tenor 2 tahun). ST-002 memberikan kupon (imbal hasil) minimal 8,30 persen per tahun dengan skema mengambang dengan batas minimal (floating with floor) dan imbal hasil pertama akan diterima pada 10 Januari 2019. Pembayaran kupon dilakukan oleh Pemerintah melalui Bank Indonesia sebagai agen pembayar SBSN dan akan dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulan. Tingkat kupon ST-002 disesuaikan setiap 3 bulan pada tanggal penyesuaian Kupon. Selain itu, ST-002 juga dikenakan potongan pajak sebesar 15 persen atas imbal hasil. Tingkat pajak ini lebih rendah dibandingkan dengan pajak atas deposito.

Sobat Sikapi dapat memesan ST-002 secara online melalui 11 mitra distribusi yang melayani pemesanan ST-002 yaitu Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Permata, Bank BRI, Bank BTN, Trimegah Sekuritas, Bareksa, Tanamduit, Investree, dan Modalku. Proses pemesanan pembelian sendiri melalui 4 tahap, yaitu pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi. Melalui investasi Sukuk Tabungan, Pemerintah menawarkan kesempatan secara langsung kepada Warga Negara Indonesia untuk mendukung pembangunan nasional. Hasil investasi Sukuk Tabungan akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang menjadi investasi untuk merekat jalinan kebangsaan menuju bangsa yang mandiri.

Mengapa berinvestasi di ST-002?

1. Pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal Sukuk Tabungan seri ST-002 dijamin oleh Negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN setiap tahunnya, sehingga ST-002 tidak mempunyai risiko gagal bayar. Dasar hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara.

2. Pada saat diterbitkan, imbalan/kupon ST-002 ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.

3. Imbalan/kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan tanggal jatuh tempo.

4. Imbalan/kupon ST-002 dibayar setiap bulan.

5. Terdapat fasilitas Early Redemption tanpa dikenakan Redemption Cost.

6. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

7. Memberikan akses kepada investor untuk berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Sebagai instrumen pasar modal, ST-002 termasuk instrumen yang bebas risiko (risk free instrument) karena pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal ST-002 dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN. Sukuk Tabungan seri ST-002 memiliki risiko likuiditas karena tidak dapat diperdagangkan/dialihkan, namun dapat dicairkan sebelum jatuh tempo dengan memanfaatkan fasilitas Early Redemption. Untuk informasi lebih lanjut, Sobat Sikapi dapat mempelajari lebih lanjut di laman https://www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan.

Bagaimana cara Sobat Sikapi membeli ST-002?

Saat pembelian, kalian hanya perlu menyiapkan KTP, menyiapkan dana, dan mengisi formulir di agen penjualnya (mitra distribusi). Dengan mengeluarkan ST-002, pemerintah berharap dapat memperluas basis investor agar masyarakat Indonesia ke depannya memiliki orientasi untuk berinvestasi (investment oriented).

1. Calon investor melakukan registrasi secara online melalui mitra distribusi dengan memasukkan informasi paling kurang mengenai Single Investor Identification (SID), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga yang dimiliki. Calon investor yang belum memiliki SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, harus terlebih dahulu membuatnya dengan dibantu oleh mitra distribusi.

2. Calon investor melakukan pemesanan melalui mitra distribusi. Pemesanan yang telah terverifikasi akan mendapatkan kode pembayaran via sistem elektronik mitra distribusi atau email. Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.

3. Pembayaran dilakukan melalui Bank Persepsi dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dengan batas waktu yang telah ditentukan (3 jam). Calon investor memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) & notifikasi completed order via sistem elektronik mitra distribusi dan email yang terdaftar

4. Menerima bukti konfirmasi kepemilikan SBN ritel via sistem elektronik mitra distribusi dan email yang terdaftar

Sobat Sikapi, sebelum berinvestasi kalian tetap harus membaca dan memahami terlebih dahulu memorandum informasi ST-002 yang dapat diakses di situs Kemenkeu. Dari segi keamanan berinvestasi, ST-002 lebih aman dibandingkan jika kalian membeli obligasi perusahaan. ST-002 menjadi instrumen yang cocok untuk investor pemula karena setiap bulan memberikan kupon yang dibayarkan seperti deposito ditambah jaminan uang kembali setelah jatuh tempo.

Sobat Sikapi, masa penawaran ST-002 ini akan berakhir pada 22 November 2018. Mari berinvestasi lebih bijak dengan Sukuk Tabungan seri ST-002!

 

Sumber:
1. https://www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan
2. https://www.cermati.com/artikel/punya-uang-rp-1-juta-begini-cara-investasi-menguntungkan-di-sukuk-tabungan-002
3. https://www.bareksa.com/id/text/2018/11/12/apakah-berinvestasi-di-sukuk-tabungan-st002-menguntungkan-simak-simulasi-ini/20834/news
4. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/01/170700126/pemerintah-jual-sukuk-ritel-st-002-mulai-rp-1-juta-bisa-dibeli-online-

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
92%
Tidak Peduli
8%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Harga Emas Naik Turun, Apa Penyebabnya?
Baca selengkapnya >>
PENYEBAB NAIK TURUN HARGA SAHAM SUATU PERUSAHAAN
Baca selengkapnya >>
Mengenal Candlestick, Rambu-rambu Saham untuk Investor
Baca selengkapnya >>
Hai Calon Investor, Yuk Mengenal Jenis Pasar Modal
Baca selengkapnya >>
INVESTASI SAHAM JUGA HARUS PUNYA STRATEGI DONG! YUK, BAGI INVESTOR PEMULA SIMAK ARTIKEL BERIKUT INI!
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Rekomendasi Investasi 2024 untuk Sobat Cuan
Baca selengkapnya >>
Mengenal Reksa Dana Terproteksi: Mekanisme, Karakteristik, dan Risiko
Baca selengkapnya >>
Saham Blue Chip dan Saham Dividen, Dua Jenis Saham yang Cocok untuk Investor Konservatif
Baca selengkapnya >>
Investor Ritel vs Investor Institusional? Kenali Perbedaannya
Baca selengkapnya >>
Investasi Jangka Panjang Optimalkan Compound Interest
Baca selengkapnya >>