Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Simpanan > Layanan Keuangan Tanpa Kantor (LAKU PANDAI) > Merintis Kesuksesan Dengan Menjadi Agen Laku Pandai

Share

MERINTIS KESUKSESAN DENGAN MENJADI AGEN LAKU PANDAI



Merintis Kesuksesan dengan Menjadi Agen Laku Pandai

Halo Sobat Sikapi, kebutuhan masyarakat Indonesia baik di kota maupun di desa akan layanan keuangan saat ini terus meningkat. Kondisi ini yang menjadi alasan pembahasan kita kali ini yaitu mengenai Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI). Pertanyaan seperti “bagaimana mungkin dari rumah bisa mengirim uang?” "apa bisa mengambil uang kalau tidak dari bank?” banyak ditanyakan saat peluncuran Laku Pandai.

Laku Pandai merupakan program keuangan inklusif yang dipelopori oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan keuangan melalui kerja sama dengan agen bank dan didukung penggunaan teknologi informasi. Melalui program Laku Pandai bank tak perlu lagi hadir di masyarakat lewat kantor cabang dan memungkinkan masyarakat untuk membuka rekening tabungan dan menarik dana melalui perantara agen. Tujuan utama program ini adalah meningkatkan inklusi keuangan. Pada akhirnya kenaikan inklusi itu juga diharapkan dapat turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kenapa Laku Pandai Diperlukan?
Perbankan sudah ada sejak lama di Indonesia, namun Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) (Revisit 2017) yang dilakukan oleh OJK menunjukkan baru 57,28% masyarakat yang menikmati layanan perbankan. Kondisi geografis menjadi salah satu tantangan utama layanan perbankan sulit mencapai pelosok Indonesia, serta biaya membangun jaringan kantor yang juga tidak murah. Rendahnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait produk dan layanan jasa keuangan disinyalir menjadi alasan masih terdapat kelompok yang tak terjangkau layanan keuangan.

Fungsi Agen Laku Pandai tidak hanya meningkatkan akses jasa keuangan, tetapi juga memperluas edukasi keuangan kepada masyarakat. Agen Laku Pandai diyakini dapat membantu masyarakat yang belum pernah berhubungan dengan bank.

Tujuan Laku Pandai
Terdapat tiga hal utama yang menjadi sasaran program ini.

  1. Program ini dapat melahirkan produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan.
  2. Mendekatkan layanan perbankan kepada masyarakat di seluruh Indonesia untuk mendukung kegiatan ekonomi.
  3. Mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar wilayah di Indonesia, terutama antara desa dengan kota.

Produk-produk yang disediakan dalam program ini adalah tabungan dengan karakteristik basic saving account (BSA), kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro, dan produk keuangan lainnya seperti asuransi mikro.
Semenjak peluncuran pertama pada Maret 2015, perkembangan penyelenggaraan Laku Pandai posisi per Juni 2018 adalah:

  1. Jumlah tabungan yang terkumpul dari program Laku Pandai sebesar Rp 1,69 triliun dan berasal dari 20,1 juta nasabah.
  2. Terdapat sekitar 762.200 Agen Laku Pandai yang berlokasi tersebar di 508 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.
  3. Jumlah bank penyelenggara Laku Pandai sampai Juni 2018 sebanyak 29 bank.

Program Laku Pandai merekrut masyarakat untuk menjadi agen bank di daerahnya. Bank menawarkan kepada siapa saja yang berminat menjadi agen mereka dengan cara membuat bank di rumah atau tempat usahanya. Agen Laku Pandai bisa dalam bentuk perorangan atau badan hukum yang bekerjasama dengan bank penyelenggara sehingga bisa menjadi kepanjangan tangan bank untuk melayani perbankan dan layanan keuangan lainnya dalam rangka keuangan inklusif.

Persyaratan Menjadi Agen Laku Pandai
Bagi Sobat Sikapi yang berminat menjadi Agen Laku Pandai, setiap bank mempunyai kebijakan masing-masing. Namun secara umum, syaratnya hampir sama. OJK menetapkan beberapa persyaratan, di antaranya:

  1. Status penduduk setempat yang sudah dikenal baik masyarakat sekitarnya.
  2. Calon agen harus sudah menjadi nasabah bank yang bersangkutan dan dipercaya bank.
  3. Mempunyai usaha utama yang telah berjalan sekurang-kurangnya 1 tahun dengan lokasi usaha yang tetap dan strategis (ditunjukkan dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Surat Keterangan Usaha dari RW setempat).
  4. Yang bersangkutan harus memiliki kemampuan, kredibilitas, reputasi, dan integritas yang baik.
  5. Jika Agen Laku Pandai juga merupakan salah satu nasabah kredit, maka ada syarat tambahan lagi yaitu, tidak boleh mengalami keterlambatan pembayaran cicilan kredit selama 6 bulan terakhir.
  6. Syarat umum administratif (KTP, Kartu Keluarga, dan NPWP).

Selain itu, masing-masing bank pelaksana Laku Pandai juga mempunyai syarat tambahan. Misalnya syarat tambahan untuk menjadi Agen Laku Pandai BRI (BRILink) adalah mempunyai rekening tabungan atau giro Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang dilengkapi kartu ATM/debit, serta mengendapkan sejumlah dana (Rp 3 juta) pada rekening tabungan atau giro untuk keperluan transaksi (kecuali nasabah pinjaman BRI).

Mekanisme Kerjasama Bank dan Agen
Pada prinsipnya, masing-masing bank mempunyai mekanisme kerja sesuai kebijakan masing-masing. Namun secara umum tetap mengacu pada ketentuan dari OJK. Sebagai contoh, untuk mekanisme kerja sama BRI dengan Agen BRILink adalah dengan menempatkan mesin Electronic Data Capture (EDC) BRI dengan menu Mini ATM, sehingga agen dapat melayani masyarakat untuk bertransaksi keuangan, seperti pembayaran tagihan, pembelian pulsa, transfer uang, penyetoran uang dan pengambilan uang. Agen Laku Pandai diharapkan dapat meningkatkan jumlah transaksi di masyarakat, sehingga meningkatkan tabungan murah dan pinjaman mikro serta mendorong pertumbuhan kredit yang cukup signifikan.

Kelebihan menjadi Agen Laku Pandai yaitu mempunyai hubungan yang erat dengan bank yang bersangkutan, sehingga lebih mudah dalam pengajuan kredit dari bank tersebut karena data-data termasuk jenis usaha yang sudah diketahui oleh pihak bank. Selain itu, juga berpotensi menambah segmen pelanggan usaha.

Agen Laku Pandai mempunyai aktivitas seperti karyawan bank pada umumnya. Dia menjalankan peran sebagai banker dalam melayani transaksi perbankan, antara lain: membantu masyarakat membuka rekening tabungan baru, menerima setoran tunai, melakukan penarikan dana tunai, mengucurkan kredit mikro kepada masyarakat serta menjual produk keuangan lainnya, seperti asuransi mikro.



Manfaat Menjadi Agen Laku Pandai
Karena mempunyai aktivitas seperti karyawan bank pada umumnya, maka Agen Laku Pandai berhak mendapatkan “gaji” dalam bentuk fee per transaksi. Fee berasal dari setiap transaksi yang dilakukan dan besarannya berbeda sesuai dengan kebijakan dari masing-masing bank.

Sebagai contoh, Sobat SIkapi akan mendapatkan sharing fee dari setiap transaksi jika menjadi Agen BRILink. Setiap nasabah yang melakukan tarik tunai, kalian akan mendapatkan fee Rp1.000 per transaksi. Jika ada nasabah yang menabung kalian mendapatkan feeRp500 per transaksi. Sedangkan untuk transaksi lainnya, seperti pembayaran listrik pra bayar maupun pasca bayar, kalian mendapatkan fee Rp1.250 per transaksi. Fee sebesar Rp2.500 per transaksi akan didapatkan agen ketika nasabah melakukan transaksi beli voucher pulsa telepon maupun listrik.

Atribut Pengenal Agen Laku Pandai
Lokasi usaha Agen Laku Pandai memiliki atribut pengenal berupa papan nama atau spanduk Laku Pandai yang mudah dilihat nasabah dan surat penunjukan Agen Laku Pandai. Tanda pengenal Agen Laku Pandai berisi informasi tentang: nomor identifikasi, nama Agen, logo Bank Penyelenggara, logo Laku Pandai dan pernyataan tabungan BSA dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Nasabah dapat mengecek keabsahan Agen Laku Pandai melalui website atau call center bank.


Untuk informasi lebih lanjut Sobat Sikapi dapat pelajari di https://www.ojk.go.id/Files/box/laku-pandai/buku-saku.pdf
Program Laku Pandai diatur dalam POJK Nomor 19/POJK.03/2014 tentang Layanan Keuangan tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai). Banyak cerita manis dari Agen Laku Pandai yang sukses meraup untung dari setiap transaksi yang dilakukan. Ada yang berhasil mendapatkan komisi sebesar Rp 8 juta per bulan di Maumere, dan ada yang mendapat Rp 10 juta per bulan di Maluku. Agen Laku Pandai menjadi salah satu profesi yang berpotensi memberikan penghasilan tambahan yang besar.

Sobat Sikapi, ayo dukung peningkatan akses keuangan untuk seluruh masyarakat Indonesia sekaligus menambah penghasilan dengan menjadi Agen Laku Pandai. MARI BERSAMA KITA DUKUNG PROGRAM LAKU PANDAI!

Sumber:

1. https://www.ojk.go.id/id/Pages/Laku-Pandai.aspx

2. https://www.cermati.com/artikel/cara-menjadi-agen-bank-program-laku-pandai

3. https://www.finansialku.com/laku-pandai-celah-bisnis-baru-dalam-perbankan/

4. https://www.ojk.go.id/Files/box/laku-pandai/buku-saku.pdf

5. https://www.teknosee.com/2018/09/cara-daftar-brilink.html

6. https://peluangusaha.kontan.co.id/news/komisi-menarik-jadi-agen-bank

Rating

Senang
12%
Puas
25%
Menginspirasi
50%
Tidak Peduli
12%