Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Liburan Menyenangkan, Tabungan Aman

Share

LIBURAN MENYENANGKAN, TABUNGAN AMAN



Sobat Sikapi, sebentar lagi kita memasuki akhir tahun. Biasanya penghujung tahun dimanfaatkan kebanyakan orang untuk berlibur. Liburan merupakan salah satu kebutuhan yang penting, terutama bagi generasi milenial. Apalagi setelah melewati minggu penuh dengan pekerjaan maupun tugas yang membuat jenuh. Namun, sebagai milenial, kebanyakan dari kita memiliki dana yang masih sangat terbatas sehingga menjadi penghambat untuk berlibur.

Menikmati tempat wisata yang menarik menjadi terapi ampuh untuk menghilangkan penat dan stres setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Kebanyakan orang merasa bahwa mereka harus menghabiskan uang yang banyak untuk mendapatkan liburan yang nyaman. Namun, tidak selamanya pemikiran tersebut benar, ada baiknya Sobat Sikapi merencanakan liburan dengan tepat agar pengeluaran liburan tidak membengkak dan kondisi keuangan tetap terjaga. Liburan juga bisa dilakukan secara hemat dan tetap menyenangkan

Nah, bagi kalian yang sedang atau akan merencanakan liburan, berikut terdapat tips-tips harus diperhatikan agar bisa menekan pengeluaran selama berlibur tanpa mengurangi kenyamanan kalian.

1. Menentukan Destinasi dengan Bijak

Sebelum pergi berlibur, hal pertama adalah menentukan ke mana kalian akan pergi dengan bijak. Untuk menyiapkan liburan hemat, tentu kalian harus memilih destinasi liburan yang sesuai dengan kondisi keuangan. Untuk menghemat biaya, kalian bisa melakukan survei tempat wisata yang menawarkan free-pass atau memilih lokasi baru yang belum mainstream. Dengan melakukan survei, kalian bisa menghitung kisaran dana dibutuhkan untuk berlibur serta bisa mengetahui tentang promosi atau diskon untuk mendukung liburan hemat kalian.

2. Pesan dari Jauh Hari

Setelah menentukan tempat tujuan kalian, kalian harus secepatnya mulai memesan tiket transportasi, penginapan, hingga tiket tempat wisata di destinasi tersebut. Biasanya, pemesanan yang dilakukan dari jauh hari akan memberikan penawaran menarik seperti harga yang lebih murah.

3. Utamakan Kenyamanan

Kesampingkan keinginan tentang liburan mewah jika kalian ingin berhemat. Namun jangan sampai liburan menjadi tidak nyaman karena kalian sangat berhemat. Utamakan kenyamanan baik dalam memilih transportasi atau penginapan. Asalkan nyaman, semua pasti akan senang.

4. Membawa Uang Tunai

Utamakan untuk selalu membawa uang tunai selama berlibur. Uang tunai ini bukan digunakan untuk berfoya-foya, namun dengan membawa uang tunai kalian akan lebih mudah dalam mengatur pengeluaran selama liburan. Kalian dapat mengetahui berapa uang yang tersisa, sehingga lebih berhati-hati sebelum mengeluarkan uang. Bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa debit dan kartu kredit untuk membantu kalian jika membutuhkan uang mendadak.

5. Catat Pengeluaran Selama Liburan

Jangan lupa untuk selalu mencatat setiap pengeluaran yang kalian lakukan. Hal ini akan membantu kalian mengatur kemana saja uang kalian digunakan. Dengan mengetahui pengeluaran, kalian dapat menekan kemungkinan untuk boros yang membuat liburan menjadi mahal.

6. Liburan Saat Low Season

Untuk menghemat biaya yang dibutuhkan saat liburan, waktu tepat untuk berlibur adalah saat low season. Saat low season, kalian bisa mendapatkan harga tiket transportasi maupun penginapan yang lebih murah. Selain itu, kalian akan lebih nyaman dalam mengunjungi tempat wisata karena relatif tidak ramai pengunjung.

7. Menyusun Daftar Kebutuhan

Kebutuhan yang harus diutamakan saat liburan adalah transportasi, penginapan, dan biaya makan. Selain itu, kalian juga perlu menyiapkan dana cadangan untuk mengantisipasi kebutuhan tak terduga saat liburan. Membuat daftar kebutuhan dan menyusun anggaran untuk liburan akan membantu kalian untuk tidak mengeluarkan dana diluar yang sudah ditentukan.

8. Selalu Update Promo

Di zaman teknologi informasi seperti sekarang ini, sangat mudah untuk mendapatkan berbagai informasi. Kondisi ini bisa kalian manfaatkan untuk mencari berbagai promo penginapan dan transportasi.

9. Tidak Belanja di Tourist Spot

Batasi pengeluaran dan tahan keinginan kalian untuk membeli souvenir di tourist spot karena umumnya harganya lebih mahal dibandingkan membelinya di tempat lain.

Uang memang menjadi kendala utama bagi Sobat Sikapi yang bergaji pas-pasan namun ingin jalan-jalan. Kalian harus bijak mengatur cash flow supaya kebutuhan bulanan terpenuhi namun tetap bisa berlibur. Sebenarnya, jika kalian disiplin kalian pasti bisa memenuhi 2 kebutuhan tersebut. Lalu, bagaimana caranya untuk menabung dan mengumpulkan dana untuk liburan dari jauh hari? Sehingga kalian tidak menggunakan seluruh pendapatan pada bulan saat kali berlibur. Nah, kalian bisa memanfaatkan berbagai produk jasa keuangan untuk mengumpulkan dana berlibur.

Jangan meremehkan apa yang bisa terpenuhi dengan menabung dan berinvestasi. Terdapat banyak instrumen investasi yang saat ini bisa dimulai hanya dengan Rp100.000 dan dilakukan secara online. Berikut adalah tips-tips mengumpulkan dana berlibur dengan menggunakan produk-produk keuangan,

1. Membuat Rekening Tabungan Khusus Liburan

                Hal yang paling mudah untuk dilakukan jika Sobat Sikapi memiliki rencana liburan adalah dengan menabung di rekening tabungan. Sisihkan penghasilan untuk liburan pada rekening khusus setiap bulannya. Pisahkan antara rekening liburan dengan rekening penghasilan agar uang tidak tercampur. Simpan kartu debit untuk dana liburan di tempat yang aman agar kalian tidak tergoda untuk menarik dana tersebut sampai dana liburan terpenuhi. Disiplin pada diri sendiri bahwa kalian harus menabung 10% dari penghasilan. Biasakan juga untuk segera menabung di awal bulan. Pilih rekening tabungan yang menawarkan biaya rendah dan bunga tabungan tinggi.

Tabungan sebulan: 10% x Rp5.000.000,- = Rp500.000,-

Tabungan 12 bulan: 12 x Rp500.000,- = Rp6.000.000,-

                2. Gunakan Deposito dan Tabungan Berjangka untuk Menghindari Pemakaian Uang Sesuka Hati

Jika Sobat Sikapi sulit menabung, kalian bisa memasukkan uang yang akan ditabung ke dalam deposito atau tabungan berjangka. Dengan memiliki tabungan ini, kalian tidak lagi bisa menarik uang sesuka hati karena terdapat sejumlah denda yang harus dibayarkan untuk penarikan sebelum jatuh tempo. Rekening deposito dan tabungan berjangka memiliki jangka waktu yang bisa kalian tentukan. Misalnya saja 6 bulan lagi kalian akan berlibur, maka pilih deposito dengan tenor 6 bulan. Nantinya, uang yang dikumpulkan jumlahnya akan maksimal karena baru bisa diambil saat sudah 6 bulan. Kalian juga dapat dipaksa untuk menabung setiap bulan karena Tabungan Berjangka memiliki fitur auto debit yang bisa kalian atur jumlah nominal dan tanggal menabungnya.

3. Reksa Dana Sebagai Pelengkap Tabungan Liburan

Menabung reksa dana bisa jadi alternatif pilihan investasi untuk mengumpulkan dana liburan. Reksa dana terdiri dari reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Tidak berbeda dengan tabungan, investasi di reksa dana sangat terjangkau dan dapat ditarik kapan saja sesuai ketentuan yang berlaku di prospektus. Dengan investasi awal hanya Rp100 ribu saja, dana liburan dapat dikumpulkan dan diinvestasikan secara berkala dengan menggunakan fitur auto debit.

Reksa dana tidak dikenakan pajak 20% seperti bunga deposito sehingga keuntungan bersifat neto (bersih). Dengan imbal hasil mencapai 10% per tahun, tentu saja dana liburan bisa disiapkan dengan matang dan cepat sehingga liburan pun lebih nyaman dan tenang.

Untuk lebih jelasnya, misal kalian awalnya membeli reksa dana sebesar Rp500.000,- pada bulan pertama, lalu kalian rutin menambah investasi sebesar Rp500.000,- tiap bulan. Dalam kurun waktu 6 bulan dengan perkiraan return 10% setahun (contoh: reksa dana pendapatan tetap), kalian akan mendapatkan Rp3.088.725,- yang bisa digunakan untuk liburan.

Bulan

Dana Bulanan

Total Dana

Hasil Investasi

Pertumbuhan

1

 500,000.00

 504,166.67

 4,166.67

2

 500,000.00

 1,004,166.67

 1,012,534.72

 8,368.06

3

 500,000.00

 1,512,534.72

 1,525,139.18

 12,604.46

4

 500,000.00

 2,025,139.18

 2,042,015.34

 16,876.16

5

 500,000.00

 2,542,015.34

 2,563,198.80

 21,183.46

6

 500,000.00

 3,063,198.80

 3,088,725.46

 25,526.66

Dengan rutin berinvestasi, Sobat Sikapi bisa menyiapkan dana menjelang liburan, bahkan kalian juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk kebutuhan lainnya. Pastikan dulu tempat kalian berinvestasi sudah terdaftar dan berizin oleh OJK.

Liburan pada dasarnya merupakan kegiatan konsumtif dan hanya dinikmati untuk waktu yang singkat. Hindari berlibur dengan berutang agar tidak menjadi masalah di masa depan, karena utang lebih tepat digunakan untuk kegiatan produktif seperti modal usaha.

Sobat Sikapi, dengan menyiapkan dana liburan secara bijak dan terencana, maka keinginan berlibur dapat terwujud dengan tenang dan nyaman!


Rating

Senang
100%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v