Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Tips Merayakan Natal dan Mengalokasikan Uang Bonus

Share

TIPS MERAYAKAN NATAL DAN MENGALOKASIKAN UANG BONUS



Sobat Sikapi, Hari Natal bagi umat Kristiani merupakan momen istimewa yang sering membuat orang-orang harus menyiapkan budget berlebih untuk menyambutnya. Momen kebersamaan bersama keluarga dan teman-teman membuat banyak orang ingin tampil istimewa di hari raya tersebut. Libur Natal dan tahun baru selalu menyenangkan bagi banyak orang. Pergi berlibur dan berbelanja adalah hal yang umum dilakukan untuk merayakan liburan yang hadir satu tahun sekali ini. Namun, tidak jarang perasaan menyesal datang setelah kita merayakannya, khususnya secara finansial.

Hari Raya Natal identik dengan memberi hadiah dengan keluarga, teman dan kerabat.  Perayaan Hari Natal dan tahun baru berpotensi membuat tabungan menipis meskipun kalian sudah mendapat penghasilan tambahan berupa tunjangan Hari Raya Natal. Jangan sampai perayaan momen ini menjadi pemborosan yang berulang setiap tahunnya.

Lalu bagaimana caranya agar keuangan tetap terjaga serta perayaan Hari Natal tetap berkesan?

1. Teliti Menyusun Skala Prioritas

Sobat Sikapi tentu menyadari jika di Hari Natal dan tahun baru akan mengeluarkan sejumlah uang untuk berbagai keperluan. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk tetap menentukan prioritas dalam membelanjakan uang kalian. Kalian harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Hal ini sangat berguna jika kalian ingin berhemat meski sedang merayakan Hari Natal, sehingga kalian akan lebih bijak dalam memilih apa saja yang menjadi kebutuhan selama liburan.

2. Seksama Menyesuaikan Budget

Saat sudah memastikan skala prioritas dalam merayakan liburan Natal dan tahun baru, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah budgeting. Kalian perlu menentukan berapa dana yang tidak memberatkan untuk berbagai kebutuhan yang sudah kalian tentukan. Dengan budgeting, kalian akan mengetahui jika batas alokasi dana yang disiapkan sudah terlewat. Kalian bisa membuat proporsi dari penghasilan yang akan digunakan untuk menabung, membayar utang, dan memenuhi kebutuhan bulanan lainnya.

Cara efektif dalam budgeting adalah memindahkan tabungan kalian pada rekening khusus untuk masing-masing kebutuhan. Dengan cara ini, kalian akan tetap berada pada skala prioritasmu.

3. Rutin Memeriksa Utang

Sobat Sikapi, jangan sampai utang kalian semakin menumpuk akibat liburan. Oleh karena itu, kalian perlu memeriksa dengan seksama jenis dan besaran utang yang kalian miliki. Pertahankan besaran proporsi dana yang alokasi untuk utang agar kalian tidak dihantui utang, sehingga ketika utang lunas maka dana cicilan utang sebelumnya dapat digunakan menjadi tabungan. Ada baiknya jiga kalian menunda pengeluaran untuk kebutuhan yang tidak mendesak dan menggunakannya untuk melunasi utang. Dalam merayakan libur Natal dan tahun baru, sebaiknya kalian berhati-hati dalam membelanjakan uang dan pastikan sesuai dengan skala prioritas yang telah dibuat sebelumnya.

4. Bijak Mengelola Penghasilan

Tunjangan Hari Raya Natal merupakan tambahan penghasilan yang hanya hadir sekali dalam satu tahun. “Bonus” tersebut menjadi keuntungan bagi kalian, jika kalian berpikir “bonus” tersebut bisa digunakan untuk liburan dan sedikit bersenang-senang, kalian salah besar. Penghasilan tambahan ini sebaiknya bisa kalian manfaatkan secara bijak, misalnya untuk menutup utang atau sebagai tabungan darurat.

5. Disiplin Menaati Komitmen

Metode-metode di atas akan berguna jika Sobat Sikapi disiplin terhadap komitmen. Usahakan untuk patuh dan tidak melenceng dari skala prioritas yang sudah dibuat.

Hari Raya Natal sendiri adalah saat untuk memberi dan menerima hadiah natal, dan terkadang, hadiah yang diterima bukan saja dalam bentuk barang, tapi juga dalam bentuk uang. Tentu saja, hadiah natal dalam bentuk uang akan memberi kalian kebebasan untuk membeli sesuatu yang kalian inginkan. Selain itu, pada umumnya bagi kalian yang merayakan Natal akan diberikan bonus berupa Tunjangan Hari Raya Natal. Jangan menghambur-hamburkan uang yang kalian dapatkan untuk sesuatu yang bukan keperluan dan hanya bersifat keinginan.

Nah, jika kalian ingin menggunakan uang tersebut, kalian bisa menggunakannya untuk hal-hal di bawah ini:

1. Reksa dana

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Hanya dengan Rp 100.000,- kalian bisa membeli reksa dana. Seperti investasi lainnya, kalian bisa menikmati keuntungan dari dana yang diinvestasikan. Risikonya pun terjaga karena dana dikelola oleh ahlinya.

Pelajari mengenai reksa dana lebih lanjut di https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10467

2. Emas

Jika Sobat Sikapi ingin membeli aksesoris, sebaiknya kalian membeli aksesoris yang terbuat dari emas atau memiliki batu berharga. Kalian tidak harus membeli perhiasan emas dengan gram yang besar, yang utama adalah perhiasan yang dibeli layak dijadikan investasi.

Jika kalian tidak ingin membeli perhiasan, cukup membeli lempengan emas sesuai kemampuan finansial. Emas merupakan salah satu pilihan investasi yang aman dan menguntungkan karena dalam jangka panjang harganya cenderung meningkat. Selain itu, emas juga mudah diuangkan saat kalian membutuhkan dana untuk keperluan mendesak

Pelajari mengenai emas lebih lanjut di https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10391

3. Lunasi Utang

Bila Sobat Sikapi masih memiliki utang, hadiah uang yang kalian dapatkan bisa digunakan untuk melunasi utang tersebut. Walaupun jika uang tersebut digunakan untuk membayar utang kalian tidak bisa mendapatkan barang sebagai kenang-kenangan dari Natal tahun ini, namun jadikanlah kelunasan utang tersebut sebagai ketenangan pikiran karena semakin ringan beban keuangan yang kalian miliki.

Simak tips mengelola utang lebih lanjut di https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10416

4. Barang Tahan Lama dan Bermanfaat

Walaupun jika pada akhirnya kalian memutuskan untuk membeli barang, kalian sebaiknya membeli barang yang sangat berguna dan bisa digunakan untuk waktu yang lama. Contohnya, kalian bisa membeli sepatu atau tas kulit asli. Barang-barang tahan lama seperti ini sangat layak dibeli dibanding gadget yang paling lama bertahan selama 3 tahun, bahkan kurang. Namun, tas atau sepatu dengan kualitas tinggi dapat bertahan bertahun-tahun lamanya, selama kalian mengerti cara merawatnya.

Sobat Sikapi, Hari Raya Natal merupakan momen bahagia. Jangan sampai kebahagian kalian tercoreng akibat perencanaan keuangan yang salah karena membeli barang-barang yang akan membuat kali menyesal di kemudian hari.


 


Rating

Senang
0%
Puas
100%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v