Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Hindari Pengeluaran Berlebih, Yuk Persiapkan Imlek dengan Bijak!

Share

HINDARI PENGELUARAN BERLEBIH, YUK PERSIAPKAN IMLEK DENGAN BIJAK!




Hai Sobat Sikapi, tidak terasa Tahun Baru Imlek akan kembali dirayakan sebentar lagi. Seperti yang Sobat Sikapi sudah pahami, Tahun Baru Imlek adalah salah satu perayaan yang paling ditunggu oleh masyarakat keturunan Tionghoa, tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Perayaan Imlek meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Sang Pencipta atau Tian (Tian=Tuhan, dalam Bahasa Mandarin), dan perayaan Cap Go Meh. Tujuan dari sembahyang Imlek adalah sebagai bentuk syukur, doa dan harapan agar di tahun depan mendapat rezeki yang lebih banyak, untuk menjamu leluhur, dan sebagai media silaturahmi dengan keluarga dan kerabat.

Bagi para milenial yang merayakan, Imlek dapat menjadi ajang berkumpul bersama keluarga dan merayakan suka cita bersama-sama. Nah, bagi Sobat Sikapi sendiri, apa sih hal yang paling berkesan dari perayaan Imlek? Angpao? Warna merah? Kue bulan? Atau ada hal khusus lainnya? Tentunya masih banyak lagi hal-hal yang tak terpisahkan dari perayaan Imlek, ya.

Ngomongin tentang keuangan, tentunya perayaan Tahun Baru Imlek akan sejalan dengan pengeluaran untuk menyambut hari yang penting tersebut. Seperti prinsip-prinsip hidup orang Tionghoa, Sobat Sikapi harus mempersiapkan pengeluaran untuk Imlek dengan sebaik-baiknya.

Secara umum ada beberapa anggaran yang harus disiapkan untuk merayakan Imlek.

· Dekorasi khas Imlek dan Kembang Api
Pernak-pernak khas Imlek memang tidak boleh dilewatkan karena memiliki unsur-unsur spiritual yang harus dilaksanakan. Begitu pula kembang api, pada tahun baru Imlek, ada sebuah kepercayaan bahwa bunyi keramaian dari ledakan kembang api akan mengusir “nian” atau makhluk jahat. Untuk pernak-pernik agar lebih hemat kamu bisa menggunakan pernak-pernik tahun lalu bila memang masih layak, jangan sampai kamu melakukan pemborosan yang sama setiap tahun. Rencanakan dengan baik anggaran ini, kamu bisa menggunakan aplikasi Sikapi Uangmu untuk membantu perencanaanmu.

· Memberi Angpao
Bagi sobat sikapi yang sudah menikah tentu harus menyiapkan anggaran ini. Sobat bisa membuat daftar nama siapa saja yang akan diberi angpao beserta jumlah yang akan diberikan ke tiap orang. Pastikan semuanya terbagi rata, ya! Hal yang juga penting adalah untuk menyesuaikan kemampuan Sobat Sikapi dalam menyusun anggaran angpao dan tentunya harus ikhlas! Jangan memaksakan untuk menaikkan jumlah pemberian tiap tahunnya bila memang kalian belum mampu, karena pemberian angpao ini adalah sebagai bentuk syukur dan melambangkan kesejahteraan yang akan membawa nasib baik. Selain memberikan angpao dalam bentuk uang, Sobat juga bisa mencoba memberikan dalam bentuk uang elektronik ataupun voucher lho, ini bisa jadi hal yang unik dan lebih berkesan. Pada momen ini kamu juga mengedukasi anak-anak agar bijak mengelola uang yang diberikan.

· Pakaian dan Aksesoris 
Perayaan Tahun Baru Imlek biasanya didominasi oleh warna merah dan emas yang melambangkan kesejahteraan dan suka cita. Membeli pakaian dan aksesoris yang sesuai dengan nuansa Imlek harus diperhitungkan ya, Sobat Sikapi! Jangan sampai pada akhirnya barang-barang tersebut membawa penyesalan bagi Sobat dan berujung sia-sia. Coba cek kembali isi lemari sobat, jangan-jangan masih banyak pakaian yang masih bisa dipakai untuk merayakan Imlek. Jangan lupa juga berburu diskon yang banyak diberikan toko-toko saat menjelang Imlek.

· Makan Malam Bersama
Makan malam bersama adalah hal yang wajib dilakukan saat perayaan imlek. Agar keuangan tetap terjaga, selain memilih tempat makan yang enak dan nyaman sobat juga bisa memperhitungkan promo-promo yang ada di restoran. Sobat bisa hunting promo terlebih dahulu, karena biasanya banyak juga restoran yang ikut memberikan promo khusus imlek. Alternatif lain kamu juga bisa mengadakan makan bersama di rumah dengan biaya yang lebih murah!  Kegiatan memasak bisa dilakukan bersama-sama sehingga semakin mengakrabkan antar anggota keluarga dan kerabat lainnya. Perut kenyang, dompet pun tenang!

So Sobat Sikapi, persiapkan Imlek kamu dengan bijak ya agar tetap sejahtera sebelum dan sesudah Imlek :D

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v