Kontak | Indonesia | English

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Investasi Syariah > Investasi dan Fenomena Halal Lifestyle di Indonesia

Share

INVESTASI DAN FENOMENA HALAL LIFESTYLE DI INDONESIA



Halal yang menjadi acuan pada nilai-nilai Islami saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern, dan saat ini telah menjadi tren sekaligus sebagai peluang baru hampir di seluruh belahan dunia. Tren jilbab misalnya, mulai muncul sekitar tahun 2010-an sampai sekarang, ketika mulai banyak fashion designer Muslimah yang memperkenalkan jilbab dengan macam-macam bentuk dengan padu padan busana yang keren. Fenomena fashion seperti ini menjadi sangat populer dikalangan para pengguna jilbab yang sekarang disebut sebagai “hijabers” dan belakangan ini telah menjadi national interest. Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan, industri fashion merupakan salah satu sektor strategis dan prioritas nasional. Bidang usaha ini menghasilkan devisa dengan nilai ekspor US$ 8,2 miliar per Juli 2018 atau tumbuh 8,7% secara tahunan.

Banyak hal yang dilakukan pemerintah dalam merealisasikan komitmennya atas fenomena gaya hidup halal di Indonesia, salah satunya melalui acara konferensi yang merupakan kerjasama Bank Indonesia dengan Indonesia Halal Lifestyle Center pada akhir tahun lalu. Konferensi tersebut merupakan ajang pertemuan antara praktisi, pelaku usaha, regulator dan otoritas dalam memahami bersama potensi dan strategi yang diperlukan agar dapat berkontribusi besar dalam pasar halal di Tanah Air serta mampu berkontribusi global dan juga diharapkan dapat semakin merangsang penerapan gaya hidup halal di masyarakat.

Salah satu bentuk dari penerapan Halal lifestyle adalah dengan mengubah portofolio investasi saham dari sebelumnya tidak sesuai syariah, sekarang sudah beralih ke saham yang sesuai dengan fatwa DSN MUI yang tercermin dalam Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Index (JII). Lalu juga di ikuti dengan switching investasi reksadana ke syariah, obligasi ke sukuk maupun instrumen investasi halal lainnya. Saat ini jumlah investor saham syariah di Bursa Efek Indonesia (BEI) melesat tajam. BEI mencatat saat ini nilai transaksi investor syariah telah mencapai Rp 596 Milyar dengan volume saham yang telah ditransaksikan hingga bulan april 2018 yaitu sebanyak 2 Milyar saham dan  hingga frekuensi transaksi perdagangan saham terjadi sebanyak 197 ribu kali.

Memang diakui masih banyak persepsi-persepsi negatif dari masyarakat terkait menabung atau investasi dalam saham. Ada sebagian yang menganggap saham bagaikan sebuah permainan angka yang mempunyai tingkat spekulasi tinggi. Sebenarnya secara persentase, transaksi saham di BEI banyak didominasi oleh saham-saham berbasis syariah. Menurut Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan PT BEI Yulianto Aji Santoso dalam siaran persnya, Ahad (10/9), sekitar 62% jumlah saham yang ditransaksikan di BEI merupakan saham-saham berbasis syariah. Beliau juga menyebutkan 55% kapitalisasi pasar di BEI merupakan saham-saham syariah, atau juga 56 persen nilai transaksi saham di BEI dilakukan di saham berbasis syariah. Jadi hal tersebut dapat mengaburkan anggapan sebagian masyarakat bahwa kebanyakan saham yang diperdagangkan di bursa adalah saham-saham non halal.

Untuk itu BEI bersama dengan stakeholders harus terus melakukan sosialisasi dan edukasi publik agar produk serta jasa Pasar Modal Syariah dapat semakin beragam dan berdaya saing, serta dapat semakin dikenal dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Dengan semakin berkembangnya Pasar Modal Syariah di Indonesia, diharapkan juga ke depannya industri ini dapat menjadi alternatif investasi yang aman khususnya bagi masyarakat Indonesia yang ingin berinvestasi sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah. Serta dapat berkontribusi secara nyata dan optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional yang berkesinambungan.

 

Sumber: https://akucintakeuangansyariah.com/investasi-dan-fenomena-halal-lifestyle-di-indonesia/ (Oleh: Ilham Fadhilah Perdana)

 

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Yang Berizin dan Terdaftar di OJK Per Agustus 2019

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

HIMBAUAN WASPADAI PENAWARAN INVESTASI 57 ENTITAS INI! (Siaran Pers Mengenai 57 Entitas yang Dipantau dan Diawasi Satgas Waspada Investasi)
Baca selengkapnya >>
KATA SIAPA BUKA REKENING SAHAM ITU SUSAH? BACA ARTIKEL BERIKUT INI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT!
Baca selengkapnya >>
Cermati Legalitasnya, Bukan Besar Bonusnya
Baca selengkapnya >>
INVESTASI SAHAM JUGA HARUS PUNYA STRATEGI DONG! YUK, BAGI INVESTOR PEMULA SIMAK ARTIKEL BERIKUT INI!
Baca selengkapnya >>
Investasi Untuk Negara? SBR-005 Aja
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Perusahaan Go Public? Simak Manfaatnya!
Baca selengkapnya >>
Mengenal Jenis-Jenis Indeks Saham
Baca selengkapnya >>
PENYEBAB NAIK TURUN HARGA SAHAM SUATU PERUSAHAAN
Baca selengkapnya >>
Sukuk dan Potensinya Dalam Pembiayaan Daerah
Baca selengkapnya >>
Investasi dan Fenomena Halal Lifestyle di Indonesia
Baca selengkapnya >>