Kontak | Indonesia | English

Beranda > Proteksi > Jenis Asuransi > Asuransi Unit Link > ASURANSI PENDIDIKAN UNTUK KEHIDUPAN YANG CERAH DI MASA DEPAN

Share

ASURANSI PENDIDIKAN UNTUK KEHIDUPAN YANG CERAH DI MASA DEPAN




Sebagai “orang tua baru” yang baru 4 bulan belakangan merasakan indah dan serunya menjadi orang tua, Andi dan Siska mulai terpikirkan tentang masa depan anaknya. Sebenarnya sih sejak masih dikandungan mereka juga sudah memikirkannya, namun baru beberapa bulan ini pikiran-pikiran tersebut terasa nyata dan harus segera direalisasikan. Dengan kondisi keuangan mereka saat ini mereka sadar harus mulai merencanakan segala sesuatu yang terbaik untuk buah hatinya secara matang sejak dini, salah satunya adalah mempersiapkan pendidikan di masa depan. Sudah menjadi impian tiap orang tua, kelak buah hatinya bisa memiliki pendidikan yang baik dan setinggi-tingginya. Dengan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi diyakini mampu membantu seseorang meraih cita-cita dan meningkatkan taraf hidupnya.


Untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan setinggi-tingginya Andi dan Siska sadar mereka harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Selain inflasi yang akan terus hadir, biaya pendidikan juga terus naik tiap tahunnya selain itu masa pendidikan juga memakan waktu yang tidak sebentar dimulai dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, hingga Perguruan Tinggi. 
Sadar akan hal tersebut selain menyiapkan tabungan pendidikan, Andi sebagai tulang punggung keluarga juga menyiapkan asuransi pendidikan, karena kita tidak pernah tahu sampai kapan bisa mendampingi anak kita. Dengan asuransi pendidikan jika suatu saat terjadi risiko meninggal dunia atau risiko lainnya yang tidak diinginkan menimpa pencari nafkah yang dalam kasus ini adalah Andi maka asuransi pendidikan akan memastikan bahwa biaya pendidikan anak tetap terlindungi dan anak masih dapat melanjutkan pendidikannya karena ada manfaat dari asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan ini dapat dimulai sejak anak lahir hingga usia 17 tahun dengan target utama di usia 0-10 tahun. Seperti Andi, semakin cepat Sobat memulainya semakin besar manfaat yang bisa didapatkan.

Secara umum saat ini ada dua jenis asuransi pendidikan anak. Pertama, asuransi dwiguna (endowment) dan asuransi pendidikan unit link. Keduanya berbeda dari sisi bunga atau hasil investasi. Asuransi pendidikan endowment merupakan gabungan asuransi jiwa ditambah dengan instrumen pasar uang seperti deposito yang memberikan nilai pasti hasil investasi. Sementara asuransi pendidikan unit link merupakan gabungan dari asuransi jiwa dan instrumen reksa dana yang hasilnya bersifat fluktuatif.

Oleh karena itu sebelum menentukan pilihan penting untuk mengetahui lebih dulu sejauh mana biaya pendidikan yang dibutuhkan. Perhitungkan mulai dari uang pendaftaran atau uang pangkal, SPP tiap bulan, uang buku, uang transport, dan lainnya sejak dari masuk sekolah hingga lulus. Setelah itu perhitungkan premi yang mampu Sobat bayar jangan sampai mengganggu kondisi keuangan keluarga dan pembayaran premi macet ditengah jalan. Langkah selanjutnya adalah memilih perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Pilihlah dengan hati-hati dan teliti agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Sobat Sikapi dapat memperoleh asuransi pendidikan di kantor cabang perusahaan asuransi jiwa, agen perusahaan asuransi jiwa yang memiliki sertifikat keagenan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), website perusahaan asuransi jiwa, dan berbagai saluran distribusi lainnya yang telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi jiwa. Pilihlah perusahaan asuransi yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yang tidak kalah penting saat mengisi dan menandatangani form pembelian produk asuransi isilah dengan lengkap, jujur, dan jelas. Contoh kasus, tidak sedikit orang yang salah dalam memasukkan nama tertanggung dengan nama anak, padahal seharusnya yang tepat adalah diisi dengan nama Anda sebagai tulang punggung/ pencari nafkah keluarga. Bila sampai salah mengisi produk asuransi yang anda miliki menjadi tidak tepat guna, premi yang dibayarkan selama ini menjadi sia-sia alhasil jika pencari nafkah meninggal dunia uang pertanggungan tidak akan cair.
Dana pendidikan adalah hal penting yang harus dipersiapkan sejak dini sebagai bukti cinta kita yang bermanfaat bagi buah hati di masa depan.


*******

Sumber:
https://www.finansialku.com/asuransi-pendidikan-anak-apa-manfaatnya-dan-berapa-biayanya/
https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-4079284/bingung-asuransi-pendidikan-atau-investasi-pendidikan-1
https://www.cermati.com/artikel/asuransi-pendidikan-penjelasan-dan-cara-memilihnya
http://avrist.com/lifeguide/2018/11/08/mengapa-asuransi-pendidikan-anak-penting/

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%