Kontak | Indonesia | English

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Tabungan > Aku Pelajar, Aku Generasi SimPel

Share

AKU PELAJAR, AKU GENERASI SIMPEL

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh tiap tanggal 2 Mei, OJK bersama dengan kementerian/Lembaga terkait dan bank peserta SimPel/SimPel iB meyelenggarakan kegiatan SimPel Day yang bertema “Mewujudkan Generasi Pelajar Cerdas dan Gemar Menabung” yang diikuti oleh pelajar SD, SMP, dan SMA / sederajat di Gedung Dhanapala - Jakarta. Pada acara tersebut dilakukan “Ikrar Aksi Pelajar Indonesia Menabung” oleh 1.500 pelajar sebagai simbolisasi komitmen dan semangat para pelajar untuk melaksanakan budaya menabung sejak dini serta mendukung Aksi Indonesia Menabung. Pelaksanaan SimPel Day dan pembacaan ikrar ini juga dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Dalam kegiatan ini juga melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Dewan Nasional Keuangan Inklusif, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Para Pelajar dari Berbagai Sekolah Hadir mengikuti Rangakain Kegiatan SimPel Day
(Para Pelajar dari Berbagai Sekolah Hadir mengikuti Rangakain Kegiatan SimPel Day)


Pembacaan Ikrar Aksi Pelajar Indonesia
(Pembacaan Ikrar Aksi Pelajar Indonesia)


Kira-kira kenapa ya budaya menabung itu penting dimulai sejak dini? Kan kita masih dapat uang saku, kalau mau beli ini itu tinggal minta orang tua saja.

Duh… buat Sobat yang masih berpikir seperti ini coba diubah lagi pemikirannya. Budaya menabung itu penting dimulai sejak dini agar kita mampu mengendalikan diri dalam bersikap konsumtif dan belajar untuk dapat menggunakan uang yang dimiliki secara bijak. Menabung juga mengajarkan kita untuk disiplin dalam menyisihkan uang di awal untuk ditabung, ingat ya sisihkan bukan sisakan. Sobat bisa mulai menabung dengan jumlah kecil yang penting tetap konsisten dan disiplin. Dari yang kecil dan sedikit itu lama-lama bisa menjadi bukit. Keren banget kan kalau Sobat bisa menggunakan uang sendiri untuk kepentingan Sobat sendiri misalnya untuk bayar sekolah atau membeli kebutuhan sekolah lainnya.

Sehubungan dengan budaya menabung, Sobat Sikapi yang masih duduk di bangku sekolah bisa memanfaatkan SimPel. Sobat Sikapi sudah kenal belum nih dengan SimPel? SimPel adalah kependekan kata Simpanan Pelajar, singkatnya tabungan yang dikhususkan untuk para pelajar SD, SMP, SMA, dan Madrasah dan belum memiliki KTP. Kenapa pelajar butuh tabungan yang khusus? Karena para pelajar pada umumnya belum memenuhi persyaratan untuk membuka rekening tabungan di bank, selain itu para pelajar juga belum memiliki penghasilan, uang sakunya pun belum terlalu banyak. Tapi… itu gak bisa jadi alasan lho untuk gak menabung. Maka dari itu hadirlah SimPel dengan fitur dan karakteristik yang sesuai dengan karakteristik pelajar untuk mempermudah akses keuangan para pelajar ke perbankan. Dengan SimPel pelajar dapat membuka tabungan hanya dengan Rp 5.000,- dan untuk SimPel iB hanya dengan Rp 1.000,-, selanjutnya Sobat bisa melakukan setoran mulai dari Rp 1.000,-. Untuk membuka tabungan SimPel Sobat bisa langsung datang ke bank-bank terdekat atau langsung mendaftar di sekolah Sobat. Sampai dengan bulan Maret 2019 sudah terdapat 304 bank yang memasarkan produk SimPel yang terdiri dari 20 Bank Umum, 11 Bank Umum Syariah, 24 Bank Pembangunan Daerah dan 249 Bank Perkreditan Rakyat/Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.

Untuk membuka tabungan SimPel syaratnya sangat mudah yaitu Sobat cukup menggunakan kartu pelajar yang masih berlaku*. Selanjutnya Sobat harus mengisi formulir pembukaan tabungan SimPel yang ditandatangani oleh Sobat dan orang tua/wali. Kemudian, serahkan formulir dan seluruh persyaratan kepada pihak sekolah atau serahkan langsung ke bank yang telah menerbitkan produk SimPel/SimPel iB.

Setelah selesai di proses oleh pihak bank Sobat akan mendapatkan buku tabungan dan kartu Debit / ATM dengan nama Sobat sendiri. Keren kan?! Menabung di SimPel membuat kita tidak mudah tergoda untuk memakai uang tersebut karena uang disimpan ditempat yang aman.

Sudah ada yang simpel, gak  boleh ada alasan lagi ya untuk malas menabung.
“Aku Pelajar, Aku Generasi SimPel”


*) disesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Yang Berizin dan Terdaftar di OJK Per Mei 2019

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Saya Kehilangan Kartu ATM/Kartu Kredit, Apa yang Harus Saya Lakukan?
Baca selengkapnya >>
Cara Menghitung Bunga Deposito
Baca selengkapnya >>
Tips untuk Menghindari Kejahatan Digital Banking
Baca selengkapnya >>
SiMuda, Yang Muda Yang Berencana
Baca selengkapnya >>
Aku Pelajar, Aku Generasi SimPel
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Aku Pelajar, Aku Generasi SimPel
Baca selengkapnya >>
SiMuda, Yang Muda Yang Berencana
Baca selengkapnya >>
Cara Menghitung Bunga Deposito
Baca selengkapnya >>
Tips untuk Menghindari Kejahatan Digital Banking
Baca selengkapnya >>
Saya Kehilangan Kartu ATM/Kartu Kredit, Apa yang Harus Saya Lakukan?
Baca selengkapnya >>