Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Merdeka Keuangan, Wujudkan Masyarakat Indonesia Unggul

Share

MERDEKA KEUANGAN, WUJUDKAN MASYARAKAT INDONESIA UNGGUL




 Tujuh puluh empat tahun sudah Indonesia merdeka sejak teks Proklamasi pertama kali dikumandangkan oleh Presiden Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Selama itu pula kita sudah menikmati kemerdekaan. Menurut Sobat Sikapi apa sebenarnya makna kemerdekaan? Kalau merdeka keuangan apa sih maknanya? Tiap orang pasti punya pengertian masing-masing, tapi bagi kami merdeka keuangan berarti melek literasi keuangan. Apa hubungannya merdeka dengan melek literasi keuangan? Selama ini apakah kita sudah benar-benar merdeka?

Pengertian literasi keuangan berdasarkan Revisit Survei Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) Tahun 2017 adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang memengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan. Jadi, seseorang yang memiliki tingkat literasi keuangan yang baik harusnya tidak hanya sekedar mengetahui, terampil dalam memanfaatkan, meyakini lembaga dan produk, serta layanan jasa keuangan, akan tetapi juga memiliki perilaku keuangan yang baik agar hidup lebih sejahtera.

Seseorang yang merdeka keuangan adalah yang melek literasi keuangan, artinya selain mengerti dan terampil menggunakan produk serta layanan jasa keuangan yang ada namun juga sadar dan bijak mengelola apa yang ia punya, sadar akan risiko yang ada, dan bisa mengatasi risiko tersebut dengan baik. Dengan bertambahnya tingkat literasi keuangan, masyarakat dapat mengambil keputusan keuangan yang lebih baik sehingga perencanaan keuangan keluarga atau pribadi menjadi lebih optimal. Masyarakat juga dapat memilih produk dan jasa keuangan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dengan tetap mengetahui manfaat dan risikonya, serta hak dan kewajibannya sebagai konsumen. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pendapatan per kapita Indonesia meningkat secara signifikan selama 28 tahun terakhir. Peningkatan pendapatan per kapita masyarakat harus diimbangi dengan peningkatan literasi keuangan masyarakat sehingga pendapatan tidak hanya dihabiskan untuk hal-hal konsumtif saja tetapi juga digunakan untuk investasi yang lebih produktif. Pada akhirnya individu yang melek literasi keuangan akan lebih bijak perilaku keuangannya demi masa sekarang dan masa depan yang sejahtera.

Dengan melek literasi keuangan kita gak akan mudah tuh tergiur iming-iming investasi bodong, dengan melek literasi keuangan kita bisa memiliki utang tapi tetap dapat tidur tenang, kita dapat memiliki perlindungan dari kejadian-kejadian yang tak diinginkan, kita bisa lebih baik merencanakan masa depan, dan masih banyak lagi.

Melek literasi keuangan ini sejalan dengan tema Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74, “SDM Unggul Indonesia Maju” yang menggambarkan visi pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Berbagai manfaat yang diperoleh apabila melek literasi keuangan selain dapat menjadikan kita merdeka keuangan juga dapat menjadikan kita manusia berkualitas yang dapat memberikan kontribusi kepada kestabilan sistem keuangan dan mengurangi kerentanan dalam sistem keuangan. Selain itu, manfaat literasi keuangan dari sisi makro ekonomi juga sangat penting, karena semakin tinggi tingkat literasi keuangan masyarakat maka semakin banyak masyarakat yang akan menggunakan produk dan jasa keuangan, semakin tinggi pula potensi transaksi keuangan yang terjadi sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan maupun menciptakan pemerataan pendapatan dan keadilan.

Bagi industri jasa keuangan sendiri, semakin meningkatnya literasi keuangan masyarakat, diharapkan semakin mendorong para industri jasa keuangan dalam menciptakan produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kelompok masyarakat bawah yang selama ini kurang mendapatkan akses produk dan jasa keuangan diharapkan memperoleh produk dan jasa keuangan yang efisien, terjangkau dan sederhana, namun tetap memiliki manfaat yang besar.

 

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan literasi keuangan kita? Salah satunya dengan rajin-rajin baca artikel dan berbagai materi terkait keuangan, yang salah satunya bisa sobat dapatkan di minisite sikapiuangmu. Dengan begitu kamu akan selalu terupdate dengan berbagai perkembangan yang ada di sektor keuangan. Di zaman serba canggih ini harusnya gak ada halangan lagi untuk kamu terus belajar serta menambah pengetahuan kapanpun dan dimanapun.

Jangan lagi mau dijajah ketidaktahuan. Dirgahayu Indonesiaku, Melek Literasi Keuangan - Merdeka Keuanganku.

 

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
100%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v