Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > DELAPAN TAHUN OJK BERDIRI MEMBANGUN NEGERI

Share

DELAPAN TAHUN OJK BERDIRI MEMBANGUN NEGERI




 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki beberapa fungsi yang biasa disingkat menjadi 3M. Apa saja itu? Mengatur, Mengawasi, dan Melindungi. OJK mengatur kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan, sektor pasar modal, dan sektor Industri Keuangan Non Bank (IKNB). OJK mengawasi kegiatan industri jasa keuangan agar tetap berjalan sesuai aturan. Dan melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat khususnya dalam hal keuangan. Fungsi-fungsi tersebut dilakukan agar dapat terwujud industri keuangan yang sehat, sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, serta terwujudnya kegiatan jasa keuangan yang teratur, adil, transparan, dan akuntabel.

 

Dalam menjalankan fungsinya selain mengeluarkan berbagai peraturan dan melakukan pengawasan bagi industri keuangan di Indonesia, OJK juga menjalankan fungsinya dalam memberikan perlindungan kepada konsumen dan masyarakat serta ikut berkontribusi untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul khususnya dalam keuangan yang dapat membangun negeri.

Bentuk perlindungan kepada konsumen keuangan dan masyarakat, OJK lakukan melalui tindakan preventif maupun represif. Tindakan preventif bertujuan agar konsumen atau masyarakat dapat memilih keputusan keuangan yang tepat serta lebih mengenali produk keuangan yang telah atau akan dimiliki. Hal ini OJK implementasikan menjadi berbagai kegiatan seperti edukasi keuangan, Training of Trainers, sosialisasi, penerbitan materi, dan masih banyak lagi.

 

Demi menjangkau dan menghadirkan akses informasi keuangan kepada masyarakat luas, selain melalui tatap muka langsung OJK juga memanfaatkan platform elektronik maupun digital yang terus berkembang saat ini. Sikapi Uangmu salah satu hasilnya, portal informasi dan edukasi konsumen yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan konsumen mengenai Lembaga Jasa Keuangan (LJK) serta produk dan jasa yang ditawarkan, sehingga dengan demikian tingkat literasi keuangan akan meningkat dan pada akhirnya akan meningkatkan tingkat utilitas dan kepercayaan masyarakat atau konsumen terhadap lembaga dan produk jasa keuangan di Indonesia.

 

Sikapi Uangmu hadir di berbagai platform, mulai dari minisite (yang Sobat baca saat ini), media sosial, dan aplikasi ponsel. Semuanya dapat diakses secara GRATIS kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja. Sobat Sikapi juga bisa menemukan Sikapi Uangmu di berbagai saluran media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dengan username @sikapiuangmu, dan di Youtube dengan username Sikapiuangmu OJK.

 

OJK khususnya bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen juga telah meluncurkan aplikasi ponsel Sikapi Uangmu yang bisa membantu Sobat Sikapi mengelola keuangan dan mendapatkan informasi serta edukasi keuangan. Aplikasi Sikapi Uangmu punya banyak fitur lho, mulai dari Rencana Keuangan yang dapat digunakan untuk mencatat pemasukkan dan pengeluaran, dengan fitur ini Sobat Sikapi juga bisa mengatur target keuangan, membuat pos-pos anggaran, dan masih banyak lagi jadi akan semakin mudah mengelola keuangan kamu. Fitur Kalkulator Keuangan, fitur ini memiliki fungsi seperti kalkulator pada umumnya yaitu untuk menghitung namun lebih spesifik menghitung keuangan Sobat. Misalnya, Sobat ingin menghitung tujuan keuangan berupa target untuk membeli sepasang sepatu impian kira-kira berapa dana yang harus dikumpulkan selama jangka waktu tertentu, atau Sobat ingin menghitung kira-kira berapa ya bagi hasil yang didapat dengan memasukan dana yang dimiliki ke deposito X? Nah itu semua bisa Sobat hitung dengan fitur kalkulator keuangan ini. Pada aplikasi Sikapi Uangmu Sobat juga bisa mendapat Informasi Keuangan dan membaca artikel-artikel keuangan terbaru. Oiya, Sobat Sikapi juga bisa mengajukan pertanyaan, laporan atau pengaduan terkait produk atau layanan sektor jasa keuangan lho pada menu Layanan Konsumen OJK.

Dalam satu aplikasi saja Sobat sudah bisa mendapatkan banyak manfaat. Jadi jangan cuma ponselnya yang smart, tetapi isi aplikasi dan penggunannya juga harus pintar ya. Aplikasi ponsel Sikapi Uangmu ini dapat Sobat unduh secara gratis pada smartphone android maupun iphone.

 

Delapan tahun OJK berdiri, tujuan-tujuan tersebut satu persatu mulai tercapai. Hal ini terbukti dari hasil Survei Nasional Literasi Keuangan Indonesia pada tahun 2019, tingkat Literasi dan Inklusi Keuangan masing-masing meningkat menjadi 38,03% dan 76,19%. Sebagai perbandingan pada tahun 2016 tingkat literasi keuangan 29,7% dan tingkat inklusi keuangan 67,8%. Meskipun sudah ada peningkatan, tetap masih ada kewajiban untuk terus meningkatkan dan memperluas literasi serta inklusi keuangan Indonesia, terlebih masih ada gap antara tingkat literasi dan inklusi keuangan. Hal ini tentu akan sulit tercapai bila OJK hanya berjalan sendiri dalam menjalankan fungsinya. Untuk itu OJK selalu bersinergi, bekerja sama dengan berbagai industri dan instansi terkait, dan yang tidak kalah penting adalah adanya dukungan dan peran serta masyarakat untuk membangun negeri.

Rating

Senang
18%
Puas
0%
Menginspirasi
64%
Tidak Peduli
18%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v