Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Proteksi > Jenis Asuransi > Asuransi Kecelakaan Diri > Yang Hobi Jalan-Jalan Harus Tau Asuransi Perjalanan

Share

YANG HOBI JALAN-JALAN HARUS TAU ASURANSI PERJALANAN





Siapa di sini yang sering travelling? Domestik atau luar negeri? Sobat Sikapi yang sering beli tiket perjalanan langsung di website penyedia layanan pemesanan tiket online pasti udah tau kan beberapa tahun belakangan perusahaan penyedia menawarkan opsi tambahan untuk membeli asuransi perjalanan. Seberapa sering Sobat Sikapi memilih opsi tersebut? Ngakunya hobi jalan-jalan, tapi ngga kenal asuransi perjalanan. Mau itu perjalanan bisnis atau liburan pastinya kita mau perjalanan yang aman, selamat, dan tenang saat berpergian. Buat kamu yang merasa asruansi perjalanan ngga penting yuk kita telaah dulu bersama-sama.

Asuransi perjalanan adalah salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan selama kita melakukan perjalanan baik dalam maupun luar negeri. Jadi tetap bisa travelling dengan tenang deh. Apalagi di situasi yang tidak menentu seperti saat ini. Udah beli tiket jauh-jauh hari eh sampai negara tujuan malah sakit, atau yang lebih apes lagi perjalanannya harus dibatalkan karena satu dan lain hal di tempat tujuan. Setidaknya… kalau sudah menggunakan asuransi perjalanan nangisnya ngga perlu berlebihan karena biaya yang dikorbankan tidak terlalu banyak.


Beberapa orang mungkin masih asing dengan asurasi perjalanan tapi beberapa negara di dunia bahkan sudah mewajibkan traveller atau para pendatang untuk memiliki asuransi perjalan lho, misalnya negara-negara di Eropa dan Amerika. Asuransi perjalanan ini harganya ngga mahal kok Sobat bila dibandingkan dengan total harga perjalanan dan keuntungan yang bisa kamu dapat, cuma sepersekiannya. Masih lebih mahal segelas kopi yang kamu beli di bandara atau stasiun. Preminya relatif rendah, ada perusahaan asuransi yang menawarkan premi mulai dari Rp15.000, berbeda-beda tergantung pertanggungan yang diinginkan, lama perjalanan dan tujuan perjalanan.


Apa saja manfaat yang didapat dari asuransi perjalanan? Pada dasarnya asuransi perjalanan menawarkan manfaat berupa pertanggungan biaya medis wisatawan selama perjalanan. Namun bila dirasa masih kurang, ada beberapa premi tambahan yang bisa Sobat pilih untuk perlindungan. Misalnya perlindungan akan keterlambatan/ kehilangan bagasi, penundaan jadwal perjalanan hingga pembatalan penerbangan, sampai perlindungan terhadap rumah apabila bepergian meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

Pada asuransi perjalanan umumnya ada dua jenis asuransi yang ditawarkan, pertama adalah program single trip yang dapat menjamin untuk satu kali perjalanan dengan kurun waktu tertentu (biasanya akan menjamin hingga maksimum 180 hari per perjalanan). Ada juga program tahunan, yaitu program asuransi yang dapat menanggung atau menjamin setiap perjalanan maksimum 90 (sembilan puluh) hari/ perjalanan sepanjang tahun. Lagi-lagi premi serta tanggungan yang didapat beragam Sobat tergantung perusahaan dan paket yang kita pilih.

Namun perlu diketahui bahwa ada hal-hal yang tidak ditanggung asuransi perjalanan, misalnya kalau negara tujuan adalah negara yang tidak aman atau sudah mendapatkan pengumuman dari pemerintah sebagai negara yang tidak tepat untuk dikunjungi, baik karena bencana alam hingga terorisme.

Nah, untuk melakukan pengajuan/memiliki asuransi perjalanan ini, secara umum ada beberapa syarat yang Sobat harus penuhi:

  • Fotokopi/ scan KTP 
  • Formulir pengajuan asuransi 
  • Fotokopi paspor (untuk perjalanan luar negeri)
  • Batas usia 1-80 tahun

 

Untuk proses pencairan dana atau penggunaan asuransi terbagi dalam dua skema. Skema pertama, apabila perusahaan asuransi tersebut termasuk dalam worldwide provider. Misal bila Sobat mengalami kecelakaan di tempat tujuan maka Sobat tinggal menunjukkan asuransi tersebut ke pihak rumah sakit. Namun tidak semua perusahaan asuransi menyediakan ini. Skema kedua, bila Sobat mengalami kecelakaan di tempat tujuan Sobat bisa berobat terlebih dahulu di tempat tersebut, selanjutnya Sobat bisa meminta surat keterangan dari dokter sebagai bukti untuk mengajukan klaim ke perusahaan asuransi di tempat asal Sobat.

Buat Sobat yang hobi travelling dalam maupun luar negeri wajib punya nih asuransi perjalanan tiap kali pergi travelling. Mau cuma dalam negeri atau sekitaran Asia saja, kita ngga pernah tau risiko yang bisa datang.  Siapkan asuransi perjalanan jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan, jangan sudah sampai di tempat tujuan baru mengajukan asuransi sia-sia deh. Yang harus selalu diingat adalah teliti membaca polis serta pahami hak dan kewajiban sebelum menentukan pilihan asuransi perjalanan.

 

 

 

Sumber:

https://travel.kompas.com/read/2016/07/25/140111527/6.hal.yang.wajib.anda.tahu.soal.asuransi.perjalanan?page=all
https://www.cermati.com/asuransi-perjalanan
https://axa.co.id/asuransi-umum/individu/perjalanan
https://www.cekaja.com/info/hobi-traveling-tapi-banyak-milenial-belum-tahu-manfaat-asuransi-perjalanan/   

Rating

Senang
61%
Puas
0%
Menginspirasi
22%
Tidak Peduli
17%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Asuransi Syariah
Baca selengkapnya >>
Penting! Pahami Jenis-Jenis Risiko Keuangan dan Solusinya
Baca selengkapnya >>
Yuk, Simak Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Kamu Ketahui!
Baca selengkapnya >>
Ingin Mengajukan Klaim Asuransi? Yuk Pahami Dulu Tahapannya
Baca selengkapnya >>
Yuk Ketahui Istilah-Istilah Dalam Perasuransian
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Jangan Abaikan "Ekses Asuransi": Pentingnya Buat Paham Biar Nggak Boncos!
Baca selengkapnya >>
Pahami Pengecualian Polis dan Polis Tidak Aktif pada Asuransi Kesehatan
Baca selengkapnya >>
Asuransi Kesehatan Anak untuk Buah Hati Tercinta
Baca selengkapnya >>
Mau Rawat Inap? Pahami Dulu Cara Klaim Asuransi Kesehatan
Baca selengkapnya >>
Sayangi dan Lindungi Ibu Hamil dengan Asuransi Melahirkan
Baca selengkapnya >>