Kontak | Indonesia | English

Beranda > Proteksi > Jenis Asuransi > Asuransi Kesehatan > Jangan Panik, Inilah Cara Pintar Untuk Lindungi Dirimu Dari Bahaya Corona!

Share

JANGAN PANIK, INILAH CARA PINTAR UNTUK LINDUNGI DIRIMU DARI BAHAYA CORONA!



Hampir dua bulan kita disuguhkan dengan kasus Corona (Covid-19) yang telah merebak di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia yang sudah dikonfirmasi juga terpapar sejak Senin lalu, 2 Maret 2020 nih Sobat Sikapi. Tentu saja kabar ini menimbulkan rasa panik dan takut di berbagai tempat. Apakah Sobat Sikapi juga sedang mengalami kepanikan? Semoga tidak ya.

 

Mengenal Virus Corona (Covid-19)

Virus Corona atau Covid 19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini merupakan jenis baru yang dapat menular antar manusia dan dapat berakibat pneumonia akut hingga kematian. Infeksi virus ini pertama kali ditemukan pada akhir Desember 2019 di Kota Wuhan, China.

Biasanya seseorang yang terkena virus Corona akan mengalami gejala pada kesulitan bernapas, demam tinggi atau suhu tubuh diatas 38 derajat, batuk, sakit tenggorokan, hingga sakit kepala. Walaupun virus ini sangat berbahaya, namun diharapkan untuk Sobat Sikapi selalu waspada, menjaga kebersihan dan jangan terlalu panik. Segera jaga dirimu dari bahaya Corona dengan ikuti cara-cara berikut:


1. 
Jika sakit gunakan masker di tempat umum

Karena penularan virus Corona dari percikan air liur batuk dan bersin, ada baiknya untuk menggunakan masker. Saat ini stok masker di banyak tempat mulai habis dan langka, namun Sobat tidak perlu panik dan buru-buru membeli masker dalam stok banyak padahal kondisi tubuh sedang sehat. Hal ini justru akan semakin membuat stok masker semakin langka, dan seseorang yang sakit akan kesulitan untuk mendapatkan masker.

Pastikan Sobat menggunakan masker secara bijak dan cerdas ya. Jika sakit, gunakan masker di tempat umum dan gantilah secara rutin jika menggunakan masker sekali pakai. Namun jika menggunakan masker kain, Sobat harus rajin mencucinya sampai bersih.


2. Cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik

Perlu diketahui nih Sobat, menggunakan masker di tempat umum saja tidak cukup. Mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menghindari tubuh kita dari virus Corona. Kalau Sobat berpikir waktu 20 detik itu lama, maka Sobat bisa menggunakan cara pintar dengan menyanyikan lagu Balonku saat mencuci tangan agar waktu yang berjalan tidak terasa lama.

Nah untuk Sobat yang banyak beraktivitas di luar ruangan atau menggunakan transportasi umum, pastikan untuk selalu bawa hand sanitizer yang mengandung alkohol sebagai pengganti sabun. Namun tetap harus diingat bahwa jika tersedia tempat untuk cuci tangan dan sabun, sebaiknya cuci tanganmu sampai bersih dengan sabun setelah beraktivitas di luar.


3. Jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan

Sobat Sikapi, virus Corona dapat menyebar secara cepat jika sampai masuk ke mulut, hidung, dan mata lho. Oleh karena itu, pastikan Sobat untuk tidak menyentuh ketiga area tersebut jika belum mencuci tangan kamu dengan sabun selama 20 detik ya atau belum menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol jika di tempat umum.

 

4. Tunda perjalanan ke negara-negara yang terpapar Corona

Jika tidak mendesak, ada baiknya Sobat untuk menunda perjalanan ke luar negeri. Hindari negara-negara yang sudah terpapar Corona untuk mengantisipasi penularan Corona. Apabila ada kebutuhan mendesak untuk berpergian ke negara-negara tersebut, maka segera Sobat siapkan asuransi perjalanan.

Banyak manfaat yang akan didapatkan ketika memiliki asuransi perjalanan. Selain akan berlibur dengan perasaan tenang, Sobat juga akan mendapatkan perlindungan ketika terjadi penundaan atau pembatalan penerbangan dan ini sangat tepat dipilih mengingat akhir-akhir ini banyak maskapai yang membatalkan penerbangannya.

Pada umumnya asuransi perjalanan terdiri dari dua jenis. Pertama, program single trip yang menjamin satu kali perjalanan dengan kurun waktu tertentu atau hingga 180 hari. Kedua, program tahunan yang menanggung atau menjamin dengan kurun waktu hingga 90 hari perjalanan sepanjang tahun. Keduanya dapat Sobat pilih sesuai dengan kebutuhan perjalanan.


5. Konsumsi makanan bergizi

Untuk menjaga kondisi dan stamina tubuh, makanlah makanan dengan gizi tinggi seperti sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah dapat meningkatkan stamina tubuh lho Sobat Sikapi! Selain itu, untuk mengantisipasinya kamu dapat membawa alat makan sendiri jika makan di tempat makan umum.

 

6. Miliki asuransi kesehatan

Di tengah maraknya penyebaran virus, sudah seharusnya untuk kamu jadi sadar akan pentingnya kesehatan. Nah untuk memulainya, Sobat dapat mempersiapakan diri dengan asuransi kesehatan. Hal ini nggak bisa disepelekan karena ini merupakan langkah penting sebagai tindakan preventif untuk menjaga diri dari bahaya virus Corona dan penyakit lainnya. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu dapat memiliki jaminan kesehatan atas rawat inap, rawat jalan, pengobatan untuk gigi, melahirkan, dan sebagainya yang di jamin dalam polis.

Sebelum memilih asuransi kesehatan, kamu harus tahu dahulu jika asuransi kesehatan itu terdiri dari dua kepemilikan badan penyelenggara. Pertama, yaitu kamu dapat memilih asuransi kesehatan swasta dengan mendaftarkan diri di perusahaan asuransi atau bank-bank yang telah terdaftar di OJK. Kedua, yang paling populer adalah asuransi kesehatan pemerintah seperti BPJS. Melalui program jaminan kesehatan ini masyarakat akan dimudahkan dengan membayar iuran bulanan yang nominalnya akan terasa kecil jika dibandingkan dengan banyak manfaat yang nantinya akan kamu dapatkan.


Perlu diketahui untuk kasus Corona, dikutip dari CNBC Indonesia (3/3/20) bahwa BPJS tidak menanggung biaya pengobatan karena penyakit Corona. Hal ini sudah diatur dalam Perpres 12 Tahun 2013, Peraturan BPJS Kesehatan No. 1 Tahun 2014 sebagaimana pelayanan kesehatan akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa atau wabah tidak dijamin oleh BPJS. Namun tetap tenang karena BPJS bisa kamu gunakan untuk membiayai pengobatan gejala yang mirip dengan Corona seperti batuk dan flu.

Sedangkan untuk biaya pengobatan dari Corona, akan sepenuhnya ditanggung oleh Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan/atau sumber dana yang sudah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020 tanggal 4 Februari 2020 tentang Penetapan Infeksi Novel Corona Virus Sebagai Penyakit Yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangannya. Jika kamu memiliki asuransi kesehatan swasta, cek kembali apakah asuransi ini akan menanggung penyakit corona dan pahami lagi hak serta kewajiban yang tertuang dalam polis asuransi tersebut.

Bagaimana, sudah siap “perang” melawan virus Corona? Terapkan cara-cara pintar tersebut dan terus terapkan perilaku hidup sehat ya Sobat Sikapi!


Sumber:

https://www.alodokter.com/virus-corona

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200303131007-4-142074/mohon-maaf-bpjs-tak-tanggung-pasien-positif-corona-kenapa

https://hellosehat.com/hidup-sehat/asuransi/jenis-asuransi-kesehatan/

https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/a9c04aa825ffc12d24aeee668747f284.pdf

https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/18511341/kemenkes-tetapkan-status-klb-untuk-virus-corona 

Rating

Senang
67%
Puas
17%
Menginspirasi
17%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 14 Agustus 2020

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Asuransi Pertanian Sejahterakan Petani Kini dan Nanti
Baca selengkapnya >>
Jasa Raharja Lindungi Kita
Baca selengkapnya >>
Seri Pengetahuan Umum IKNB: Memahami Gadai Polis
Baca selengkapnya >>
SEMANGAT KERJA, JANGAN ABAIKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
Baca selengkapnya >>
ASURANSI PENDIDIKAN UNTUK KEHIDUPAN YANG CERAH DI MASA DEPAN
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Yuk, Mengenal Sekilas Sejarah Asuransi Syariah
Baca selengkapnya >>
Asuransi Pendidikan Menjaga Masa Depan
Baca selengkapnya >>
Berlayar Menjadi Aman Dengan Asuransi Nelayan
Baca selengkapnya >>
Asuransi Syariah
Baca selengkapnya >>
Yang Hobi Jalan-Jalan Harus Tau Asuransi Perjalanan
Baca selengkapnya >>