Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Hidup Praktis Ala Cashless Society

Share

HIDUP PRAKTIS ALA CASHLESS SOCIETY




Perkembangan teknologi makin hari makin bertumbuh pesat. Efeknya banyak kemudahan yang banyak dimanfaatkan dengan teknologi. Bayangkan hanya dari smartphone saja, Sobat Sikapi bisa melakukan banyak hal seperti membayar ojek online, belanja online, hingga mengirim uang tanpa perlu repot pergi ke bank. Artinya terjadi perubahan kebiasaan masyarakat pada proses transaksi dari tunai menjadi non tunai atau dalam bentuk digital. Nah, perubahan inilah yang dinamakan cashless society atau dalam Bahasa Indonesia berarti masyarakat tanpa uang tunai.

Cashless society semakin populer beberapa tahun terakhir dan begitu diminati masyarakat karena dirasa lebih efisien, praktis, cepat, serta mudah. Tak hanya itu, banyaknya uang elektronik, dompet digital yang bermunculan dengan penawaran menarik seperti cashback, dan kartu debit yang kini banyak dimiliki para nasabah bank membuat masyarakat tidak perlu repot lagi untuk membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika berpergian.

Dari penjelasan di atas, apakah kamu termasuk salah satu cashless society? Atau sampai saat ini kamu masih lebih suka menggunakan uang tunai dibandingkan non tunai? Jika masih ragu, simak penjelasan keuntungan menjadi cashless society dan bagaimana transaksi cashless ini membuat kamu menjadi lebih mudah.

 

1. Lebih higienis

Kita tahu bahwa uang adalah salah satu barang yang dapat dengan mudah berpindah tangan secara cepat. Tidak heran kan jika terdapat banyak bakteri dalam setiap lembar dan koin uang yang tentu saja ini tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, seseorang yang habis memegang uang sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer jika di tempat umum agar terhindar dari bakteri jahat yang menempel. Dengan pembayaran secara cashless, kamu dapat mengurangi kontak dengan uang secara langsung dan menggunakan alat pembayaran digital kamu, sehingga mengurangi risiko terkena bakteri. Apalagi di tengah kekhawatiran kasus Virus Covid-19 saat ini, kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

 

2. Praktis dibawa ke mana saja

Praktis. Siapa coba yang tak suka dengan sesuatu yang praktis? Betapa praktisnya ketika kamu hanya perlu membawa kartu debit, uang elektronik, atau dompet digital dari smartphone saja, kamu bisa bertransaksi tanpa perlu repot membawa uang cash. Belum lagi jika kamu membayar pakai uang cash dan mendapatkan uang kembalian, kamu harus sedikit kerepotan untuk membereskannya di dompet. Belum lagi jika membawa uang dalam jumlah banyak, siap-siap aja dompet kamu tebal dan akan memakan ruang dalam tas kamu.

 

3. Mudah bertransaksi apapun dan kapanpun

Lagi asik-asiknya nonton Youtube, tapi kuota abis. Mau beli di counter tapi males gerak karena sudah malem. Semua ini nggak bakal bikin kamu pusing kalo kamu sudah siap cashless. Cukup buka smartphone buka mobile banking atau internet banking, kamu bisa beli pulsa kuota secara online hanya dari rumah saja. Lihat, betapa mudahnya kan kamu bisa membeli apapun dan kapanpun.

 

4. Aman dari pencurian

Membawa uang cash dalam jumlah banyak memang berisiko dari tindak kejahatan. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menyimpan uang tersebut dalam kartu debit yang akan kamu gunakan untuk bertransaksi sehingga tak perlu lagi membawa uang banyak dan kamu bisa berpergian dengan perasaan nyaman tanpa perlu was-was.

 

5. Transaksi lebih mudah dikontrol

Pasti Sobat pernah kan sudah belanja atau jajan banyak di luar, tapi begitu sampai rumah bingung uang itu habis buat apa aja? Hal ini terjadi karena biasanya pengeluaran dengan uang cash itu tidak kamu catat secara manual dan ini terkadang memang bikin ribet. Tapi, dengan cashless kamu bisa bertransaksi secara mudah dan tak perlu mencatatnya secara detail karena biasanya sistem pembayaran baik debit maupun digital sudah memberikan detail yang lengkap tentang transaksimu. Tentu saja ini akan mempermudah kamu dalam membuat dan menghitung kondisi keuangan kamu.

 

6. Banyak promo menarik

Tak sedikit orang yang banyak menjadi cashless karena banyaknya promo menarik yang ditawarkan. Mulai dari discount hingga cashback dalam jumlah besar membuat orang menjadi tergiur untuk menggunakan dompet digital dan kartu debit. Apalagi kini menjamurnya tempat makan hingga tempat perbelanjaan yang menyediakan sistem pembayaran non tunai dengan penawaran cashback dengan jumlah tertentu yang pastinya buat belanja menjadi lebih hemat.

 

Pembayaran cashless memang banyak memiliki kelebihan dan keuntungan bagi para penggunanya. Namun siapa sangka jika kemudahan yang ditawarkan itu bisa juga menjadi boomerang. Yang tadinya mau hemat malah terlalu asik berbelanja dan tergiur penawaran promo hingga keuangan tidak terkontrol. Terus ingat apakah barang yang akan kamu beli itu benar-benar kebutuhan atau keinginan semata. Jadilah cashless society yang cerdas dan bijak dalam memanfaatkan kemudahan dari setiap yang ditawarkan. Siap?

 

Sumber:

https://koinworks.com/blog/keuntungan-menjadi-cashless-society/

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4162523/keuntungan-jadi-cashless-society-di-2020

https://blog.mokapos.com/dampak-cashless-society-bagi-milenial

Rating

Senang
0%
Puas
33%
Menginspirasi
67%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v