Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Mengenal Mindset FIRE (Financial Independence, Retire Early)

Share

MENGENAL MINDSET FIRE (FINANCIAL INDEPENDENCE, RETIRE EARLY)



Mungkin Sobat pernah sedikit mendengar tentang gerakan Financial Independence, Retire Early (FIRE) melalui media internet dengan berbagai cerita tentang seorang individual yang mencapai pensiun dini. Seperti apa itu gerakan FIRE, yuk kita bahas di sini!

 

Gerakan FIRE mulai berkembang pada tahun 2010 ketika mulai bermunculannya blog, podcast, forum diskusi dan terbentuknya berbagai komunitas persatuan berbasis FIRE. Komunitas yang terbentuk pun terdiri dari orang dengan berbagai macam latar belakang dan socioeconomic status yang berbeda untuk saling menceritakan perjalanannya menuju kebebasan finansial. Masing-masing orang yang bercita-cita mencapai FIRE menerapkan strategi yang sesuai dengan kepribadiannya, namun ada beberapa kesamaan yang bisa ditarik sebagai benang merah FIRE.

 

FIRE Bukanlah Pensiun Dini

Ketika seseorang mendengar istilah kebebasan finansial, tidak selalu orang membayangkan pensiun dini meskipun kepanjangannya ada istilah retire earlyBagaimana kita mengartikan FIRE lebih tepatnya adalah menanyakan diri sini, apa yang muncul ketika mendengar kata kebebasan finansial. Jika penduduk Indonesia sekitar 264 juta ditanyakan hal tersebut, kita bisa mendapatkan 264 juta jawaban yang berbeda karena latar belakang dan kondisi keuangan yang berbeda. Ada orang yang melihat kebebasan finansial sebagai tidak harus memikirkan uang untuk kebutuhan dirinya sendiri, tetapi ada yang mengartikannya untuk tinggal di negara yang eksotis. Maka dari itu kita bisa tarik bahwa FIRE merupakan gerakan untuk mencapai sebuah cita-cita.


 

Menabung, Investasi, dan Menentukan Gaya Hidup

Komunitas FIRE memiliki semangat yang sangat tinggi demi mencapai cita-citanya. Segala cara untuk mencapainya pun akan dilakukan. Mengingat masing-masing orang memiliki latar belakang yang berbeda, maka kita tidak bisa menyamaratakan pendekatannya pada setiap individu. Ada yang cocok dengan gaya hidup super irit mencari potongan harga atau buy 1 get 1 tetapi tidak semua dapat melakukan itu.

Sehingga sebagai langkah awal ada baiknya kita sadar akan pentingnya menabung, investasi, dan gaya hidup yang mampu kita jalani dari hari ke hari selanjutnya. Ibaratnya FIRE ini kebalikannya diet di mana orang diet ingin kurus, FIRE ingin gemuk dompetnya. Jika diet pun hanya melakukan yang trendy-trendy tapi tidak dapat dilakukan secara konsisten, maka akan sulit sekali mencapai tujuan akhirnya.

 

Tentukan Target Waktu Mencapai FIRE

Cita-cita tanpa sebuah upaya dan target realisasi hanyalah sebuah khayalan indah di pikiran pribadi. Langkah awal dari sebuah cita-cita menjadi realisasi adalah menuliskannya secara fisik ke sebuah kertas. Jika kita melihatnya secara tertulis dan bukan hanya dalam pikiran, kita bisa melanjutkan perjalanan merealisasikan cita-cita dengan melakukan perhitungan. Komunitas FIRE menyebut seseorang telah mencapai kebebasan finansial jika telah mencapai harta sebanyak 25x penghasilan dalam setahun. Dengan perhitungan tersebut, maka setiap orang akan mencapai pada angka yang berbeda. Seorang pekerja lepas yang memiliki penghasilan Rp100 ribu per hari (misal Rp3 juta/bulan, Rp36 juta/tahun) bisa dikatakan bebas finansial jika memiliki uang sebanyak Rp900 juta. Bagaimana seseorang yang memiliki penghasilan Rp36 juta per tahun dapat menabung Rp900juta? Disitulah kita kembali ke semangat diri untuk mencari solusi serta secara konsisten menabung, investasi, dan menjaga gaya hidup.

 

Nah, sudah kenal kan sekarang yang namanya FIRE. Apakah ada dari tiga hal di atas yang sudah dilakukan tanpa menyadari sedang mengejar FIRE? Kalau belum, yuk kita mulai!




Sumber:
Wong, Kristin. The Basics of FIRE (Financial Independence and Early Retirement). Lifehacker.com. Twocents, 28 October 2019,  https://twocents.lifehacker.com/the-basics-of-fire-financial-independence-and-early-re-1820129768

Fire Movement. Wikipedia. Wikipedia, 29 Desember 2019, https://en.wikipedia.org/wiki/FIRE_movement. Accessed 20 March 2020

Rating

Senang
18%
Puas
6%
Menginspirasi
55%
Tidak Peduli
20%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v