Kontak | Indonesia | English

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Tabungan > Jenis Simpanan di Bank dan Berbagai Keuntungannya

Share

JENIS SIMPANAN DI BANK DAN BERBAGAI KEUNTUNGANNYA



Bang bing bung yok, kita nabung...” Masih ingat lagu anak-anak yang selalu terngiang-ngiang ketika mendengar kata menabung? Ya, dari kecil kita memang sudah diajarkan betapa pentingnya menabung. Langkah ini adalah langkah paling mudah yang bisa dilakukan seseorang untuk menyimpan uang dan menumbuhkan semangat untuk hemat. Tujuan menabung memang dari dulu tak pernah berubah, namun kini seseorang dapat menabung ke tempat yang lebih aman dibandingkan celengan yaitu menabung di bank. Apalagi kini sangat banyak pilihan bank, baik konvensional maupun syariah yang tersebar di berbagai penjuru membuat siapapun dapat menyimpan uangnya di bank.


Mengapa sih kita harus menabung di bank?

Mungkin aman adalah jawaban yang pertama kali kamu lontarkan jika membahas manfaat menabung di bank. Tapi nggak cuma aman saja, banyak banget manfat dan keuntungan yang akan didapat ketika kita menjadi nasabah, sebutan bagi seseorang yang menabung di bank. Berikut 3 manfaat menabung di bank yang harus kamu ketahui.

1. Lebih aman

Sudah pasti lebih aman menabung di bank dibandingkan di celengan atau bahkan di bawah kasur seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang jaman dahulu. Misalnya saja suatu ketika rumah kamu terkena musibah banjir, bisa saja celengan di rumah kamu hilang terbawa hanyutnya air. Tapi hal ini tidak perlu kamu khawatirkan lagi ketika menabung di bank, uang kamu akan aman karena semuanya sudah dijamin keamanannya. Namun sebelum menabung pastikan bank sudah memiliki ijin dari OJK dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

2. Mendapatkan keuntungan bunga dan bagi hasil

Tidak sedikit orang-orang yang menabung di bank karena tergiur dengan bunga atau bagi hasil yang ditawarkan bank. Bayangkan saja jika kamu menabung dalam jangka waktu lama dan nominal kamu semakin besar maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

3. Mudahnya transaksi

Transaksi uang di bank sangat mudah, apalagi kini banyak kemajuan teknologi yang mendorong lahirnya ATM, mobile banking, internet banking, dan SMS banking. Dengan teknologi tersebut, kamu juga dapat melakukan transaksi dalam jumlah kecil maupun besar selama 24 jam dengan mudah dan tanpa perlu repot pergi ke bank.

 

Jenis simpanan di bank dan keuntungannya.

Dengan banyaknya manfaat baik yang akan didapatkan udah mulai tertarik untuk lebih rajin menabung di bank? Bagus jika sudah. Tapi, tahukah kamu jika pilihan menabung di bank itu bukan hanya tabungan biasa yang banyak dipilih oleh nasabah? Perlu kamu ketahui bahwa ada 4 jenis simpanan di bank yang masing-masing berbeda dan memiliki keuntungan yang ditawarkan bagi setiap nasabahnya. Berikut penjelasannya.



1. Tabungan

Jenis simpanan yang satu ini memang paling familiar dan banyak dipilih oleh nasabah. Menurut definisinya, tabungan adalah simpanan uang di bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu. Jika kamu memilih simpanan ini, maka petugas bank akan memberikan kamu buku tabungan dan kartu ATM beserta Personal Identification Number (PIN). Namun saat ini banyak bank yang sudah menggunakan mobile banking sehingga buku tabungan sudah tidak digunakan lagi.


Pada intinya, tabungan memiliki ketentuan berikut:

- Setoran awal dan saldo minimal memiliki batas yang berbeda tergantung ketentuan masing-masing bank;

- Bunga atau bagi hasil tabungan lebih kecil dibandingkan deposito;

- Dikenakan biaya administrasi bulanan yang telah ditetapkan oleh bank.

 

Walaupun bunga atau bagi hasil jenis simpanan ini lebih kecil dibandingkan dengan deposito, tapi banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memilih tabungan, yaitu:

- Setoran awal cukup rendah dan terjangkau

Setoran awal di setiap bank memang berbeda. Biasanya nasabah dapat membuka tabungan dengan setoran awal sekitar Rp20.000, Rp50.000, atau lebih tinggi tergantung jenis tabungan yang dipilihnya. Tentu saja nominal tersebut tidak terlalu berat sehingga siapapun dapat menabung guna menciptakan perilaku gemar menabung dan hemat.

- Transaksi lebih mudah dan bisa di mana saja

Menabung dengan jenis simpanan ini sangat mudah. Kamu bisa menabung di bank-bank terdekat dan juga dapat melakukan transaksi perbankan elektronik 24 jam melalui ATM, SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking. Bahkan kini kamu bisa melakukan setoran tunai di ATM hingga membuka rekening hanya dari Mobile Banking.

- Dapat diambil kapan saja

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mengambil tabunganmu kapan saja. Jika keadaan terdesak kamu hanya perlu menarik uang di bank atau ATM yang banyak tersebar di berbagai penjuru dan aktif selama 24 jam. Walaupun praktis, tapi jangan jadikan hal ini untuk kamu menjadi boros ya. Terus menabung dan gunakan jika ada hal yang mendesak.

 

2. Rekening Giro

Rekening giro atau current account adalah salah satu produk perbankan berupa simpanan dari nasabah perseorangan ataupun badan usaha dalam rupiah ataupun mata uang asing. Yang membedakan rekening giro dengan tabungan adalah penarikan uang hanya bisa dilakukan menggunakan warkat cek atau bilyet giro pada jam operasional bank.

 

Keuntungan menjadi nasabah rekening giro antara lain:

- Dapat melakukan pembayaran dengan cek sebagai pengganti uang tunai

Cek yang dikeluarkan oleh bank dapat digantikan sebagai pembayaran atau pengganti uang tunai yang nantinya dapat dicairkan secara tunai. Seseorang yang menukarkan ceknya dapat menerima uang tunainya paling cepat sesuai tanggal yang tertera pada cek.

- Mudah dan cukup praktis

Jika kamu orang yang sibuk dan banyak melakukan bisnis dengan orang lain, kamu dapat menyerahkan cek yang telah dikeluarkan oleh bank kepada seseorang penerima yang nantinya dapat mengisi data pribadi sendiri. Selanjutnya sang penerima dapat mencairkan uang tersebut langsung ke bank sesuai tanggal yang tertera pada cek tersebut.

- Tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak

Membawa uang dalam jumlah banyak memang membuat kekhawatiran semakin tinggi karena rawan pencurian, tapi dengan rekening giro kamu bisa cukup membawa cek atau bilyet giro sebagai alat pembayaran dan meminimalisir tingkat kejahatan.

 


3. 
Deposito

Deposito adalah jenis simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan dalam waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Mirip dengan tabungan, sederhananya deposito itu jenis simpanan yang dimana hanya dapat diambil jika jangka waktunya sudah tiba atau dengan kata lain tidak bisa diambil kapanpun seperti tabungan.

 

Karakteristik deposito antara lain:

- Mayoritas bank menetapkan setoran awal minimum Rp 10 Juta (berbeda setiap bank);

- Memiliki suku bunga atau bagi hasil yang lebih besar dibandingkan dengan tabungan;

- Memiliki jatuh tempo 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, atau 24 bulan dan dapat diperpanjang otomatis;

- Deposito dapat dalam mata uang rupiah maupun mata uang asing;

- Pencairan deposito sebelum jatuh tempo akan dikenakan biaya.

Jenis simpanan ini sangat cocok dipilih untuk kamu yang sulit menabung karena penarikan uang tidak bisa dilakukan sebelum jatuh tempo, karena akan dikenakan biaya yang membuat kita rugi. Namun jangan sedih karena banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika memilih simpanan ini, antara lain:

- Memperoleh bunga atau bagi hasil yang umumnya lebih tinggi dari bentuk simpanan lainnya

Suku bunga atau bagi hasil deposito lebih tinggi dibandingkan jenis simpanan tabungan. Bunga atau bagi hasil setiap bank berbeda, jadi pastikan dahulu untuk menanyakan informasinya lebih detail ke bank jika ingin membuka deposito.

- Dapat mengelola keuangan secara lebih terencana sesuai dengan kebutuhan dan jangka waktu deposito

Kita tahu kalau deposito ini memiliki jangka waktu pengambilan yang sudah ditentukan sesuai kesepakatan awal, sehingga akan dikenakan denda jika melakukan penarikan di luar waktu tersebut. Tentu saja ini akan membuat kamu menjadi lebih disiplin dan menumbuhkan sifat untuk tidak boros dengan menarik tabungan sewaktu-waktu. Selain itu kamu juga dapat merencanakan uang kamu akan didepositokan dengan jangka waktu tertentu sehingga dapat menghitung perkiraan jumlah bunga atau bagi hasil yang akan didapatkan. Semakin lama waktu deposito dan semakin besar nominal uangnya, akan semakin menguntungkan.

- Risiko rendah

Bagi kamu yang tidak terlalu berani mengambil risiko tinggi, maka deposito sangat tepat untuk kamu pilih sebagai salah satu instrumen investasi. Selain suku bunga atau bagi hasil yang ditawarkan cukup tinggi, deposito juga dijamin oleh LPS.


Selain ketiga jenis simpanan di atas, saat ini juga ada program tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) dan Simpanan Mahasiswa & Pemuda (SiMuda). Simpanan Pelajar (SimPel) adalah tabungan yang diperuntukkan khusus untuk pelajar SD hingga SMA yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia. Untuk persyaratannya yaitu sangat mudah mulai dari Rp 5.000 saja pelajar sudah bisa membuka rekening di bank. Program ini sangat bagus untuk mendidik serta meningkatkan budaya menabung sejak dini. Keuntungan dengan menabung simpanan ini antara lain:

- Bebas biaya administrasi bulanan

- Setoran awal ringan yaitu Rp 5.000 dan Rp 1.000 untuk SimPel iB

- Syarat mudah dan banyak fitur menarik



Sedangkan bagi kamu seorang pelajar dan mahasiswa, atau memiliki anggota keluarga yang termasuk dalam dua kategori itu maka dapat memilih Simpanan Mahasiswa & Pemuda (SiMuda). Simpanan Mahasiswa & Pemuda (SiMuda) adalah program tabungan bagi kelompok usia 18 hingga 30 tahun yang dilengkapi dengan fitur asuransi dan/atau produk investasi. Dengan menjadi nasabah SiMuda, kamu akan memperoleh keuntungan saat berinvestasi yaitu:

- Melatih disiplin sejak muda

Jenis simpanan yang satu ini akan melatih anak muda atau milenial untuk menjadi lebih disiplin. Alasannya tak lain karena simpanan ini hanya bisa diambil ketika jatuh tempo saja sehingga mau tidak mau menuntut nasabah tetap fokus dan konsisten terhadap tujuan awal.

- Premi asuransi tahun pertama gratis

Menariknya lagi, semua produk SiMuda sudah terproteksi asuransi dan akan mendapatkan keringanan berupa gratis premi asuransi pada tahun pertama. Asik kan?

- Bebas pilih investasi berupa, reksa dana, emas, atau rumah

Tidak perlu tua untuk berinvestasi. Bagi seseorang yang telah berusia 18 tahun dapat belajar investasi untuk jangka panjang dengan setoran awal yang ringan. Untuk reksa dana setoran awalnya mulai dari Rp100.000, untuk emas akan dikenakan setoran rutin bulanan mulai dari Rp 50.000, dan untuk investasi rumah akan dikenakan setorana rutin bulanan mulai dari Rp 100.000.


Setelah mengetahui perbedaan jenis-jenis simpanan di bank dan keuntungannya, apakah kamu sudah menentukan mana yang akan dipilih? Atau ingin memilih semuanya? Bisa asalkan kamu memenuhi syarat ya. Selamat menabung Sobat Sikapi dan terus jaga kesehatan keuangan kamu!

 

Sumber:

https://www.cermati.com/artikel/apa-keuntungan-dan-kerugian-deposito-ini-penjelasannya

https://www.akuntansilengkap.com/perbankan/pengertian-giro-rekening-koran-beserta-fungsi-jenis-jenis-dan-manfaat/

https://www.cermati.com/artikel/tabungan-simpel-produk-tepat-untuk-mengajari-anak-mengelola-keuangan

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/121

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/122

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/146

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10493

Rating

Senang
25%
Puas
25%
Menginspirasi
50%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 11 Juni 2020

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

SiMuda, Yang Muda Yang Berencana
Baca selengkapnya >>
Saya Kehilangan Kartu ATM/Kartu Kredit, Apa yang Harus Saya Lakukan?
Baca selengkapnya >>
Cara Menghitung Bunga Deposito
Baca selengkapnya >>
Menabung Simpel Untuk Pelajar
Baca selengkapnya >>
SiMuda RumahKu
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Tabungan Emas Syariah, Investasi Mudah dan Ramah Untuk Milenial
Baca selengkapnya >>
Menabung Simpel Untuk Pelajar
Baca selengkapnya >>
Yuk Gapai Impian Menunaikan Ibadah ke Mekkah dengan Tabungan Haji
Baca selengkapnya >>
Jenis Simpanan di Bank dan Berbagai Keuntungannya
Baca selengkapnya >>
Tunaikan Ibadahnya, Jadikan Idul Adha Makin Berkesan
Baca selengkapnya >>