Kontak | Indonesia | English

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Tabungan > Yuk Gapai Impian Menunaikan Ibadah ke Mekkah dengan Tabungan Haji

Share

YUK GAPAI IMPIAN MENUNAIKAN IBADAH KE MEKKAH DENGAN TABUNGAN HAJI


Hai, hai, hai.... Bagi kamu Sobat Sikapi yang beragama Islam, Ibadah haji adalah sebuah cita – cita mulia yang pastinya kamu idam – idamkan kan. Tapi, tahukah kamu kalau ibadah haji saat ini antriannya bisa sampai belasan sampai puluhan tahun lohhh? Berdasarkan data dari Siskohat Kementerian Agama RI*, di tiap provinsi di Indonesia bisa menunggu giliran untuk keberangkatan haji rata-rata sampai 20 tahun. Wah, bisa-bisa di umur lansia nih kita baru bisa beribadah haji.

 

Hmm... ada gak ya fasilitas yang bisa mempermudah kita untuk melaksanakan ibadah haji tersebut??

Jangan khawatir sobat sikapi, ada lho produk yang namanya Tabungan Haji yang bisa kamu dapatkan di mayoritas bank syariah di seluruh Indonesia.

Apa sih tabungan haji? Tabungan haji adalah tabungan atau simpanan yang ditujukan untuk Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).  Tabungan haji masuk kedalam kluster penghimpunan dana di bank Syariah.


Pada kluster ini terdapat akad yang dapat digunakan yaitu akad wadiah dan akad mudharabah mutlaqah. Ini penjelasannya:

1.    Akad Wadiah

Bila bank memperoleh keuntungan, maka keuntungan tersebut sepenuhnya milik bank. Nasabah tidak berhak atas keuntungan tersebut. Tetapi,  bank dapat memberikan bonus kepada nasabah secara suka rela.

2.    Akad Mudrabah Mutlaqoh

Bila bank memperoleh keuntungan, maka keuntungan tersebut dibagi 2 berdasarkan presentase yang telah ditetapkan di awal. Pada akad ini bank (shahibul maal) memiliki kewenangan untuk melakukan apa saja atau mengintervensi bisnis yang berjalan agar berhasil dan sesuai dengan tujuan yang telah disepakati antar kedua belah pihak. Jadi, nasabah tidak memberi Batasan kepada bank mengenai akan disalurkan kemana saja uangnya. Sehingga, pada akad ini lebih memberikan keleluasan pada bank. Namun, bank wajib memberitahukan kepada nasabah terkait pembagian keuntungan.

 

Kenapa sih sobat harus membuka tabungan haji di Bank Syariah? Memangnya tidak bisa yah mengumpulkan uang di celengan sendiri dirumah?

Jawabannya adalah bisa. Ya bisa saja uang yang sobat simpan secara mandiri dirumah ludes dimakan rayap, memiliki risiko basah, sobek atau terbakar, bahkan sampai risiko kehilangan karena dicuri. Sobat siap kah dengan risiko-risiko tersebut?

Dengan semakin berkembangnya jaman dan semakin memahaminya Bank Syariah dengan kebutuhan-kebutuhan nasabahnya, maka lebih baik menabung di bank saja. Ini lho keunggulan-keunggulannya:

1.    Lebih cepat mendapatkan kursi keberangkatan haji. Kenapa? Karena sistem bank syariah yang langsung terhubung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT). *Ketika uang nasabah sudah mencapai saldo minimal untuk didaftarkan di SISKOHAT sebesar ±Rp25.000.000,- sesuai ketentuan dari Kementerian Agama.

2.    Mendapatkan kemudahan fasilitas tarik uang tunai di Negara Saudi Arabia. Jadi sobat tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah besar dan juga tersedianya layanan mobile banking yang dapat digunakan 24 jam.

3.    Bebas biaya pengelolaan bulanan.

4.    Tersedia juga pilihan ibadah Haji Reguler dan Ibadah Haji Khusus.

5.    Adanya Fasilitas asuransi jiwa dan kecelakaan.

6.    Tiap bank Syariah juga memberikan souvenir bermanfaat dan menarik lainnya yang dibutuhkan untuk beribadah haji. Seperti mukena, kain ihram, koper dan lain lain.

7.    Uang kamu dijamin aman. Tidak ada risiko akan dimakan rayap, kebasahan atau bahkan hilang dicuri orang.

 

Syarat umumnya apa saja untuk dapat membuka tabungan haji? Perhatikan ya sobat!

1.    Memiliki tanda pengenal berupa KTP/SIM/Paspor.

2.    Membayar setoran awal sejumlah Rp 50.000,- atau Rp 100.000,- (setiap bank berbeda-beda).

3.    Mengisi formulir dan membawa kelengkapan data calon Jemaah haji (KTP, NPWP, KK, Pas Foto).

4.    Memiliki saldo minimal untuk didaftarkan ke SISKOHAT sejumlah ±Rp25.000.000,- atau sesuai ketentuan dari Kementerian Agama.













Lalu, setelah tahu dengan akad dan syarat tersebut, kamu bisa mendaftarkan tabungan haji ke Bank Syariah. Di Indonesia sudah lebih dari 10 bank Syariah yang memiliki produk tabungan haji. Jadi sobat silakan cek saja ya!

Tunggu apa lagi? Yuk buka tabungan haji, agar impianmu untuk menunaikan Ibadah Haji lebih cepat terlaksana. Untuk informasi lebih detail, segera kunjungi bank syariah terdekat dari rumahmu.... dengan tabungan Haji, Ibadah Haji jadi lebih mudah...

 

Sumber:

https://nasional.kompas.com/read/2019/02/12/14250341/kemenag-rilis-lamanya-antrean-haji-indonesia-sulsel-mencapai-39-tahun

https://duwitmu.com/tabungan/tabungan-haji-syariah-terbaik/ 

http://mui.or.id/wp-content/uploads/files/fatwa/02-Tabungan.pdf

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10397

https://www.sahamok.com/bank/bank-syariah/prinsip-mudharabah-bank-syariah/

 

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%