Kontak | Indonesia | English

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Tabungan > Menabung Simpel Untuk Pelajar

Share

MENABUNG SIMPEL UNTUK PELAJAR




Halo Sobat Sikapi yang saat ini masih “belajar dari rumah”. Di tengah situasi seperti ini kita harus makin rajin belajar dan makin pandai memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya ya, alias nggak ada alasan lagi buat malas-malasan.

Oke deh udah ngga malas belajar lagi, kalau menabung masih malas nggak? Semoga nggak ada Sobat Sikapi yang malas menabung ya, karena seperti yang kita semua sudah tahu menabung itu banyak banget manfaatnya.

Menabung itu bisa membantu Sobat mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Mulai dari membeli barang-barang yang kamu butuhkan secara mandiri dan tanpa meminta dari orang tua, misalnya sepatu, laptop, sepeda, bahkan kamu bisa gunakan untuk hal-hal menyenangkan lain seperti berwisata dengan teman-teman. Menabung  membuat kamu mempunyai cadangan uang untuk kebutuhan mendadak. Misalnya kehilangan buku pelajaran, kalau punya tabungan nggak perlu pusing lagi deh. Menabung melatih kedisiplinan kamu dalam mengatur uang yang dimiliki dan membuat kamu mandiri dalam memenuhi kebutuhan pribadimu. Uang tabungan juga dapat kamu gunakan untuk membangun cita-citamu. Yuk mulai dari sekarang, karena sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

 

“Aku sudah nabung tapi celengannya sudah penuh.”

Daripada uang hasil kamu “memecahkan celengan” langsung dipakai beli ini itu, lebih baik kamu simpan lagi ditempat yang lebih aman, yaitu di bank. Sobat sikapi yang statusnya masih pelajar atau masih sekolah bisa menabung di bank dengan mudah menggunakan Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel). Fitur-fitur SimPel cocok untuk kamu, para pelajar PAUD, TK/ RA, SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA karena untuk pendaftarannya tidak perlu KTP, bebas biaya administrasi, dan setoran awal serta bulanannya tidak besar. Setoran awal minimal Rp1.000 untuk SimPel iB (Syariah), Rp5.000 untuk SimPel konvensional, dan untuk setoran selanjutnya mulai dari Rp1.000 saja. Yang paling keren kamu bisa merasakan sendiri sensasi menabung di bank dan mendapatkan kartu ATM dan/ atau buku tabungan dengan nama kamu sendiri lho.

 

Persyaratan untuk membuka rekening SimPel/SimPel iB berbeda-beda di tiap bank, jadi pastikan dahulu ke bank pilihanmu. Persyaratan dokumennya dapat mencakup sebagai berikut:

1.    Fotokopi kartu pelajar

2.    Fotokopi akta kelahiran kamu

3.    Formulir pembukaan rekening

4.    Fotokopi KTP salah satu orang tua.



Lalu, gimana caranya supaya bisa punya tabungan SimPel/SimPel iB? Ada dua mekanisme pembukaan rekening SimPel/SimPel iB:

Di Sekolah
Sekolah dapat bekerja sama dengan bank yang merupakan penyelenggara SimPel/ SimPel iB. Selanjutnya Sobat hanya perlu mengisi formulir, melengkapi persyaratannya, dan menyiapkan uang yang akan ditabung, lalu kemudian dapat diberikan kepada petugas bank yang datang ke sekolah. Bila sudah memenuhi persyaratan, Sobat akan diberikan bukti kepemilikan rekening (dapat berupa buku tabungan, kartu ATM, dll)




Di Bank
Sobat Sikapi didampingi orang tua/ wali datang langsung ke bank penyelenggara SimPel/ SimPel iB untuk melakukan pembukaan rekening SimPel/SimPel iB, dengan membawa uang yang akan ditabung, serta persyaratan yang ditetapkan oleh bank misalnya kartu pelajar, KTP orang tua, dan lain-lain, dan tentunya tidak lupa mengisi formulir pembukaan rekening yang disediakan. Lalu dokumen akan diverifikasi, bila lolos verifikasi selanjutnya akan diberikan bukti kepemilikan rekening.


Nah, selanjutnya kalau Sobat mau menabung di tabungan SimPel-mu bisa melalui petugas bank yang akan datang secara berkala ke sekolah kamu atau mengunjungi cabang bank terdekat dari rumah kamu. Saat melakukan penyetoran kamu akan mendapat bukti penyetorannya, jadi semua tercatat dengan jelas. Oiya, kalau Sobat punya preferensi bank non-konvensional jangan khawatir, karena ada 5 jenis bank peserta tabungan SimPel, yaitu: Bank Umum Konvensional, Bank Umum Syariah, Unit Usaha Syariah, Bank Perkreditan Rakyat, dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.

Gimana? Mudah kan? Nggak ada alasan lagi untuk malas menabung ya. Ingat, sisihkan bukan sisakan!


 * * * * *


 

Sumber:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/DetailMateri/418

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/DetailMateri/419

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Download/463

Tayangan Mekanisme SimPel

Rating

Senang
100%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%