Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Resep Keluarga Sejahtera: Ayo Rencanakan Keuangan!

Share

RESEP KELUARGA SEJAHTERA: AYO RENCANAKAN KEUANGAN!




Hai, sobat Sikapi! Pasti udah pada tahu kan, kalau perencanaan keuangan yang baik adalah fondasi utama untuk kesehatan keuangan kamu. Perencanaan keuangan adalah seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu atau keluarga untuk mencapai tujuan yang efektif, efisien, dan bermanfaat, sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang sejahtera. Sederhananya sobat, perencanaan keuangan adalah proses pengelolaan penghasilan untuk mencapai tujuan keuangan kamu seperti biaya persalinan, pendidikan anak, pensiun, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa cara untuk merencanakan keuangan keluarga kamu:

1.     Kenali Kondisi Keuangan

Langkah awal yang perlu kita lakukan sobat adalah mengenali apa yang kita punya saat ini. Kita perlu mencatat harta benda apa saja yang kita miliki. Harta benda ini bisa berupa uang, barang berharga seperti rumah, tabungan, perhiasan, dan aset apapun yang dapat dijual atau dijadikan tunai di masa depan dengan nilai yang masih bagus. Oh iya, yang perlu kamu catat hanya aset yang memiliki potensi nilai yang besar saja ya untuk memudahkan perhitungan.

 

Selain harta, kamu perlu mencatat juga utang yang kamu miliki. Utang dapat berbentuk kewajiban dalam bentuk pinjaman uang ataupun kredit pembelian barang seperti motor. Setelah semuanya tercatat dengan baik, kamu perlu membandingkan nilai total harta dan utang kamu. Jika nilai total hartamu lebih besar dari utangmu, berarti keuangan kamu dalam keadaan baik. Namun sebaliknya, jika nilai total utangmu lebih besar dari hartamu, kamu perlu waspada tuh.

 

2.      Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Dalam perencanaan keuangan, kamu perlu membedakan mana yang kebutuhan dan keinginan. Memang apa bedanya kebutuhan dan keinginan? Kebutuhan adalah segala sesuatu yang perlu kamu penuhi, hidupmu akan terganggu jika kamu tidak memenuhi hal tersebut. Contohnya makan sehari-hari, biaya listrik, dan biaya transportasi. Sedangkan, keinginan adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebahagiaan kamu, namun bersifat tersier atau hanya untuk hiburan dan kesenangan sesaat. Contohnya, makan di restoran, nonton bioskop, dan belanja barang branded.

 

Biasanya harga dari keinginan ini berkali-kali lipat dari harga kebutuhanmu, loh. Seperti makan di restoran mungkin harganya adalah 10 kali dari harga kebutuhan makan kamu di rumah. Jadi, memenuhi keinginan boleh saja sobat, tapi harus prioritaskan kebutuhanmu lebih dulu dan bijak ya agar keuanganmu tidak jebol.

 

3.      Buatlah Tujuan Keuangan

Kamu harus memiliki tujuan ketika ingin bepergian. Begitu juga dalam keuangan, kamu harus memiliki tujuan keuangan yang jelas agar dapat mengakomodasi kebutuhan dan keinginan keluarga dalam jangka pendek dan panjang. Setiap tujuan yang kamu buat perlu disertai dengan jangka waktu untuk mencapainya. Sebagai contoh, membeli motor (2 tahun), menyiapkan dana pendidikan (5 tahun), dan melunasi cicilan rumah (10 tahun). Oh iya, setiap tujuan keuangan perlu disusun berdasarkan skala prioritasnya ya. Ini untuk membuat kamu fokus mencapai setiap impian yang kamu miliki.

 

4.     Siapkan Rencana Anggaran Keuangan

Rencana anggaran keuangan adalah alat untuk meraih tujuan keuangan yang telah kamu tetapkan. Ini juga akan membantu kamu disiplin dan berkomitmen dalam mengelola keuangan bulanan kamu. Formula rencana anggaran keuangan yang baik adalah 10:20:30:40 dari pendapatan yang kamu miliki. 10% untuk biaya sosial; 20% untuk tabungan, investasi, dan proteksi; 30% untuk cicilan utang; dan 40% untuk biaya rumah tangga. Selanjutnya, kamu dapat memodifikasi lebih lanjut setiap komponen yang ada berdasarkan tujuan keuangan yang telah dibuat.

 

5.     Evaluasi Keuangan Secara Berkala

Evaluasi keuangan penting dilakukan untuk memastikan kamu benar-benar berkomitmen terhadap tujuan dan rencana keuangan yang telah kamu buat. Caranya dengan (1) buat catatan harta dan utang, (2) buat catatan penghasilan dan pengeluaran, dan (3) periksa kemampuan dompet dan evaluasi secara berkala*. Dengan begini setiap bulannya kamu dapat mendeteksi apakah keuangan kamu sehat atau tidak. Jika kamu mengetahui keuanganmu belum sehat, maka kamu dapat segera memperbaikinya.

 

*Periksa Kemampuan Dompet:





Gimana sobat? Gampang kan buat perencanaan keuangan untuk keluargamu. Dengan begini dijamin kamu pasti bisa mencapai impian-impian keluarga kamu di masa depan dan nggak terpengaruh lagi deh sama kenikmatan barang-barang mewah kekinian. Selengkapnya tentang perencanaan keuangan keluarga ini dapat kamu cek di sumber yang tertera di bawah ya! Cusss langsung cek!

Normal 0 false false false EN-US KO X-NONE

Sumber:

Otoritas Jasa Keuangan. Perencanaan Keuangan Keluarga. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/DetailMateri/25

Otoritas Jasa Keuangan. Perencanaan Keuangan Ibu Rumah Tangga. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/DetailMateri/17


Normal 0 false false false EN-US KO X-NONE

Rating

Senang
55%
Puas
5%
Menginspirasi
20%
Tidak Peduli
20%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v