Kontak | Indonesia | English

Beranda > Keuanganku > Mengelola Keuanganku > Cara Merencanakan Keuangan > ORI-017: Berinvestasi Sembari Membangun Negeri

Share

ORI-017: BERINVESTASI SEMBARI MEMBANGUN NEGERI



Hai, Sobat Sikapi! Pernah nggak kamu mikir ingin berkontribusi buat negeri tapi bingung apa bentuk kontribusinya? Nah kalau pernah, ini ada jawabannya, investasi aja di ORI-017. Nggak hanya berinvestasi tapi kamu juga berkontribusi secara nggak langsung untuk membangun negeri loh.

Memang apa sih ORI itu? ORI atau Obligasi Ritel Negara adalah salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang dijual oleh Pemerintah kepada investor ritel dalam bentuk tanpa warkat di pasar perdana domestik dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Sama seperti SBN lainnya, dana yang terkumpul dari penerbitan ORI sepenuhnya akan digunakan untuk pembiayaan APBN. Sebagai contoh kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI-017 yang sedang dalam masa penawaran akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2020, termasuk pembiayaan dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19, meliputi penanganan kesehatan, jaring pengaman sosial, dan dukungan terhadap dunia usaha khususnya UMKM. Jadi secara nggak langsung kamu juga turut serta membantu negeri loh untuk bangkit kembali dari dampak yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Oh iya, ORI ini juga merupakan instrumen investasi yang aman dan menguntungkan loh Sobat. Aman karena ORI diterbitkan oleh pemerintah dan menguntungkan karena kupon ORI yang bersifat fixed rate dan adanya potensi capital gain. Meski, kupon ORI bersifat fixed rate atau tetap sampai jatuh tempo (jika tidak dijual), kuponnya tetap menguntungkan karena tingkat kuponnya di atas rata-rata bunga deposito bank pada saat penerbitan ini.  Lalu, ORI berpotensi menghasilkan capital gain karena instrumen ini dapat diperjualbelikan di pasar sekunder antar investor domestik (individu maupun institusi). Namun, capital gain ini hanya bisa didapat apabila harga jual lebih tinggi daripada harga saat membeli. Jika yang terjadi sebaliknya justru yang didapat adalah capital loss. Secara umum, perdagangan ORI di pasar sekunder atau bursa sama dengan jual beli saham. Hanya yang membedakan adalah ORI menggunakan istilah “unit” atau “persen”.

Nah, saat ini pemerintah kembali melakukan penawaran ORI kepada masyarakat yaitu ORI-017. ORI-017 ini merupakan seri ORI ke-17 yang diterbitkan oleh pemerintah dan penjualannya dilakukan secara online melalui e-SBN. Berbeda dengan SBN lainnya yang dalam satu tahun bisa terbit beberapa seri, beberapa waktu ke belakang ORI hanya diterbitkan tiap satu tahun sekali loh Sobat. Saat ini ORI-017 sedang dalam masa penawaran loh yang sudah berlangsung sejak 15 Juni 2020 sampai 9 Juli 2020. Perlu dicatat kamu hanya bisa beli ORI-017 ini hanya selama masa penawaran ya yang berarti bentar lagi ditutup nihh.

Sobat bisa membeli ORI-017 mulai dari Rp1 juta dan kelipatannya, yaitu sebesar Rp1 juta sampai maksimal Rp3 miliar. Tingkat kupon ORI-017 adalah 6,40% p.a. yang kupon pertamanya dibayarkan pada 15 Agustus 2020. Selanjutnya, kupon akan dibayarkan tiap tanggal 15 (hari kerja) setiap bulannya dan sudah dikenakan pajak/ PPh final sebesar 15%.

Ohh iya Sobat meskipun ORI dapat diperjualbelikan seperti yang dijelaskan sebelumnya, ORI-017 punya minimum holding period loh, yaitu masa dimana investor ORI-017 belum boleh memindahbukukan kepemilikan ORI-nya. Kepemilikan ORI-017 baru dapat dipindahbukukan mulai tanggal 15 September 2020. Namun jika Sobat tidak mau diperjualbelikan, ORI-017 dapat disimpan hingga jatuh tempo selama 3 tahun yakni sampai 15 Juli 2023.

Udah paham, tapi masih bingung gimana cara belinya? Tenang aja semuanya bisa dilakukan online kok Sobat, berikut adalah 4 langkah mudah berinvestasi ORI-017:


1. Registrasi

Langkan pertama kamu hanya perlu mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis) yang bekerja sama, seperti Bank Umum, Perusahaan Efek, Perusahaan Efek Khusus (APERD Fintech), dan Perusahaan Fintech (Peer-to-Peer Lending). Caranya dengan menginput data-data pada Midis yang kamu tuju seperti data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana, dan nomor Rekening Surat Berharga. Masih belum punya SID, Rekening Dana, dan Rekening Surat Berharga? Kamu bisa hubungi Midis.


2. Pemesanan

Kalau registrasimu berhasil, Sobat bisa langsung melakukan pemesanan ORI-017 deh. Jangan lupa baca ketentuan dan Memorandum Informasinya ya. Ohiya, pemesanan harus dilakukan pada masa penawaran saja ya Sobat!


3. Pembayaran

Nah jika pemesananmu sudah diverifikasi, Sobat akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/ SMS sesuai kebijakan Midis masing-masing. Lalu, kamu tinggal menyetor dana investasi deh bisa melalui Bank Persepsi (internet banking, mobile banking, ATM)/ Pos/ Lembaga Persepsi lainnya.


4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, kamu akan menerima NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta Sobat akan memperoleh ORI-017 pada tanggal penerbitan (settlement). Setelah setlemen, kamu dapat meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan ORI-017 kepada Midis yang kamu tuju.

Jadi, gimana Sobat? Gampang banget kan untuk punya ORI-017! Yuk karena waktu penawaran udah mau habis mending kamu buruan deh investasi di ORI-017, lumayan kan berinvestasi sambal membangun negeri.


Sumber:

Otoritas Jasa Keuangan. Milenial, Mau Investasi Sambil Membangun Negeri? Accessed on 30 May 2020 https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10531

Otoritas Jasa keuangan. 10 Keuntungan Berinvestasi ORI. Accessed on 30 May 2020 https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/343

Kementerian Keuangan. Tentang ORI. Accessed on 30 May 2020 https://www.kemenkeu.go.id/ori

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 11 Juni 2020

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Menjadi Millenial yang Cerdas Keuangan
Baca selengkapnya >>
YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
SADARI, AMATI, IKUTI PERKEMBANGAN FINANCIAL TECHNOLOGY
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Yuk Kenali Lembaga Penjamin, Salah Satu Industri Keuangan Non-Bank di Indonesia
Baca selengkapnya >>
Siklus Kehidupan Keuangan dari SD hingga Pensiun
Baca selengkapnya >>
Modal Ventura, Solusi Berbisnis bagi Calon Pengusaha
Baca selengkapnya >>
ORI-017: Berinvestasi Sembari Membangun Negeri
Baca selengkapnya >>
InsurTech: Inovasi Keuangan Digital yang Kian Berkembang
Baca selengkapnya >>