Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Mengenal Lembaga serta Produk Dan Jasa Keuangan > Modal Ventura, Solusi Berbisnis bagi Calon Pengusaha

Share

MODAL VENTURA, SOLUSI BERBISNIS BAGI CALON PENGUSAHA




Pernah mendengar istilah modal ventura? Perusahaan Modal Ventura adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan/penyertaan modal ke dalam suatu Perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee company) untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.

Dana ventura ini akan mengelola dana investasi dari pihak ketiga (investor) dengan tujuan utamanya adalah melakukan investasi pada perusahaan yang memiliki risiko tinggi sehingga tidak memenuhi persyaratan standar sebagai perusahaan terbuka ataupun guna memperoleh modal pinjaman dari perbankan. Penyertaan modal yang dilakukan oleh modal ventura ini kebanyakan dilakukan kepada perusahaan-perusahaan baru berdiri dimana umumnya belum memiliki suatu riwayat operasional sebagai catatan guna memperoleh suatu pinjaman.

 Banyak sekali manfaat dari modal atau dana ventura yang belum banyak diketahui, padahal pendanaan atau pembiayaan ini sangat bermanfaat sekali untuk perusahaan baru berdiri/rintisan (startup). Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari modal ventura untuk penting diketahui:

1.      Meningkatkan Kegiatan Dan Potensi Usaha

Perusahaan modal ventura ini tidak hanya berperan sebagai investor saja namun mereka juga akan ikut terlibat dalam manajemen dan menjadikan perusahaan yang diberikan dana tersebut sebagai partnernya. Perusahaan yang menjadi partner ini biasanya usaha kecil atau rintisan yang tentunya membutuhkan modal dan dana cukup besar untuk bisa meningkatkan usahanya. Investor dana ventura akan menjadi rekan yang membantu dalam pengembangan produk, pengembangan ide, maupun bisnis supaya menjadi lebih besar lagi. Oleh sebab itu, bisa dipastikan bahwa dengan adanya keterlibatan dari pemberi dana ventura ini kegiatan dan potensi usaha akan menjadi jauh lebih meningkat.

2.      Pemasaran Produk Lebih Efisien

Pada perusahaan kecil atau UMKM umumnya menghadapi kendala pemasaran yang belum maksimal, namun dengan dana ventura maka kredibilitas perusahaan akan meningkat, kemudian proses produksi UMKM akan menjadi lebih besar lagi sehingga dengan produk yang melimpah pemasarannya akan menjadi lebih maksimal dan lebih mudah.

3.      Kepercayaan dari Bank

Perusahaan rintisan akan sulit mendapatkan kepercayaan dari bank karena manajemennya masih belum efektif dan juga stabil. Bank juga tidak mau mengambil risiko jika perusahaan tersebut tidak memiliki kemampuan membayar utang atau cicilan dikarenakan mengalami kebangkrutan akibat manajemen yang belum stabil tersebut. Berbeda dengan dana ventura yang mana akan terlibat dalam manajemen sehingga ketika ada masalah terjadi maka mereka juga akan ikut membantu memecahkannya. Dengan tergabung dalam dana ventura, ini menjadi nilai plus bagi perusahaan dalam mendapatkan kepercayaan dari bank yang juga berperan sebagai pemberian modal usaha potensial.

4.      Likuiditas yang Membaik

Perusahaan rintisan yang akan mendapatkan bantuan dana dari modal ventura tidak harus membayar beban bunga dan angsuran utang.  Sehingga penambahan modal tersebut bisa secara langsung digunakan untuk meningkatkan likuiditas perusahaan.

5.      Rentabilitas yang Semakin Baik

Perusahaan modal ventura tidak hanya membantu dari sisi pendanaan saja namun sekaligus membantu dari sisi manajemen, dengan begitu biaya pemasaran dan juga biaya produksi bisa lebih efisien sehingga kemampuan bagi perusahaan untuk bisa mendapatkan keuntungan atau rentabilitas akan semakin meningkat.

Nah Sobat Sikapi, setiap badan usaha termasuk di antaranya UMKM, ternyata memiliki kesempatan untuk dibiayai oleh perusahaan Modal Ventura. Sobat hanya perlu menonjolkan nilai lebih dan potensi pertumbuhan yang pesat dari bisnis. Jadi, Sobat tak perlu ragu untuk mengajukan proposal permintaan investasi lewat Modal Ventura dengan mendapatkan keuntungan berupa sumber dana bagi perusahaan.
Jangan lupa cek perusahaan Modal Ventura yang terdaftar di OJK pada link berikut.

 

 

Sumber:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/330

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/274

https://www.cermati.com/artikel/modal-ventura-solusi-berbisnis-bagi-calon-pengusaha

https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/239

https://www.alphajwc.com/en/mengenal-modal-ventura-yang-sangat-bermanfaat-bagi-startup-indonesia/

Rating

Senang
81%
Puas
10%
Menginspirasi
2%
Tidak Peduli
7%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Konsumen Cerdas, Pahami Tips di Masa Pra, Saat, dan Pasca Bertransaksi
Baca selengkapnya >>
Zakat untuk Hidup Tentram dan Masyarakat Sejahtera
Baca selengkapnya >>
Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
Baca selengkapnya >>
Sambut Women’s Month, Nyalakan Potensi Perempuan dalam UMKM
Baca selengkapnya >>
Uang Bikin Cinta Berantakan? Hindari Perilaku Toksik Keuangan Pasangan
Baca selengkapnya >>