Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Sikapi Bukumu: Rekomendasi Buku Keuangan untuk Pemula

Share

SIKAPI BUKUMU: REKOMENDASI BUKU KEUANGAN UNTUK PEMULA



Kamu tau nggak Sobat apa salah satu kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh para miliarder dunia? Yappp, membaca! Mulai dari Jeff Bezos, Bill Gates, hingga Mark Zuckerberg gemar membaca. Membaca nggak hanya memberikan kamu informasi, tapi juga bisa membentuk perspektif kamu terhadap suatu hal dan mendorong kebiasaan yang lebih baik Sobat. Nah, buat kamu yang butuh food of thought mengenai pengelolaan keuangan, berikut rekomendasi buku yang wajib kamu baca sebagai pemula!

1.    Your Money or Your Life – Vicki Robins & Joe Dominguez

Buat kalian yang mau mulai belajar pengelolaan keuangan tapi bingung mulai dari mana, kalian bisa mulai dari buku ini! Buku ini membahas tuntas semua hal dasar mengenai keuangan dalam 9 langkah utama mulai dari menentukan tujuan keuangan personal, perencanaan keuangan, budgeting, hingga evaluasi keuangan. Semua pembahasan diawali dengan hal yang memicu suatu permasalahan, diperkuat dengan teori fundamental yang melandasi, dan dilengkapi dengan ilustrasi perhitungan serta analisis sederhana yang bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan menjadi lebih baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bagaimana pengelolaan keuangan yang baik dapat berdampak pada peningkatan kepuasaan, rasa aman, dan rasa damai dalam hidup pada setiap siklus dalam mengakumulasi kekayaan kamu ke depan. Ohh iyaa, buku ini dapat skor 4,1 dari 5,00 pada Goodreads—situs terbesar di dunia bagi para pembaca—lohh, Sobat! Itu mengapa buku ini jadi begitu spesial dan merupakan salah satu buku pengelolaan keuangan di abad ke-21 yang patut kamu baca!

2.    Broke Millenial – Erin Lowry

Buku ini adalah cerminan berbagai masalah yang seringkali dihadapi oleh para generasi “millenial” terkait pengelolaan keuangan dan mungkin jarang dibahas dalam buku lain, seperti keterbukaan keuangan dengan pasangan, utang konsumtif millenial, kredit rumah/apartemen sejak usia muda, hingga keinginan untuk pensiun muda. Buku ini terbagi ke dalam beberapa bab berdasarkan permasalahan keuangan yang sering dijumpai millenial dan dilanjutkan dengan studi kasus, solusi atas permasalahan keuangan, sampai dengan alternatif lain yang dapat digunakan oleh kamu untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Eitsss meski judulnya millennial, buku ini juga layak untuk dibaca bagi segala usia loh karena bisa membuka perspektif baru buat kamu terhadap isu keuangan pribadi. Jadi, buat kamu yang butuh bacaan ringan tentang pengelolaan keuangan, tapi hanya ingin buku yang spesifik terhadap masalah-masalah keuangan tertentu, ini pas banget untuk kamu! Bahkan Goodreads memberikan skor 4,00 dari 5,00 untuk buku yang satu ini.

3.    Buku Seri Literasi Keuangan: Perencanaan Keuangan – Otoritas Jasa Keuangan

Nah, kalau kamu udah baca berbagai buku pengelolaan keuangan, tapi kadang masih suka ngerasa kok terlalu kontekstual ya dengan produk dan jasa keuangan di Indonesia atau mungkin studi kasusnya kurang aplikatif kalau dilakukan di Indonesia. Nahh, tenang aja Sobat, kamu bisa mulai baca Buku Seri Literasi Keuangan: Perencanaan Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan. Dengan bahasa yang sederhana, alur tahap perencanaan dan pengelolaan keuangan yang tidak rumit dan jelas, serta berbagai macam contoh ilustrasi pengelolaan keuangan maupun  pengenalan produk keuangan yang dapat digunakan, menjadikan buku ini sangat cocok untuk pemula dari milenial sampai orang tua sekalipun. Kalau masih kepo-kepo lagi tentang produk dan jasa keuangan untuk instrumen menabung dan investasimu, kamu tinggal buka bab lainnya deh atau baca buku seri literasi keuangan edisi khusus untuk menjawab semua pertanyaan kamu di minisite https://sikapiuangmu.ojk.go.id. Beberapa buku mengenai literasi keuangan yang dapat kalian baca pada minisite tersebut diantaranya:

1.     Buku Seri Literasi Keuangan Indonesia, Perencanaan Keuangan Ibu Rumah Tangga;

2.     Buku Perencanaan Keuangan Keluarga;

3.     Buku Seri Literasi Keuangan Segmen Profesional mulai dari materi perbankan, pasar modal, dana pensiun, perasuransian, dan pembiayaan; bahkan

4.     Buku Seri Literasi Keuangan Segmen Pensiunan, mulai dari materi perbankan, pasar modal, dana pensiun, perasuransian, dan pembiayaan.

Tentunya buku-buku tersebut bisa diunduh secara gratis loh Sobat, jadi kalian bisa membaca buku tersebut kapanpun dan dimanapun melalui gadget kalian, Keren banget kan!

Nah, gimana Sobat? Mumpung aktivitas keluar rumah masih dibatasi karena pandemi Covid-19, kamu bisa nih baca-baca buku tersebut untuk menambah inspirasimu dalam pengelolaan keuangan sambil memberikan vitamin B-rain untuk dirimu hehe. Nah, bagi kalian yang pernah membaca buku mengenai pengelolaan keuangan yang cocok bagi pemula dalam mengenal dunia keuangan tolong sebutkan judulnya dalam kolom komentar yaa… Siapa tau masih banyak Sobat Sikapi yang belum tau juga, sharing is caring lohh…

 

Rating

Senang
50%
Puas
0%
Menginspirasi
50%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v