Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Mengelola Keuanganku > Apa Itu Rencana Keuangan? > Ingin kondisi keuangan kamu tetap stabil? Pelajari dulu 6 keterampilan ini!

Share

INGIN KONDISI KEUANGAN KAMU TETAP STABIL? PELAJARI DULU 6 KETERAMPILAN INI!




1. Belajar Berani Untuk Berkata Tidak

Sobat Sikapi mulailah belajar berani untuk berkata tidak terhadap hal-hal yang dapat menghambat upaya dalam berhemat, sebagai contoh menolak ajakan teman untuk nongkrong di café tempat minum kopi yang cukup mahal bagi kantong pelajar, meyakinkan diri untuk tidak membeli barang yang sifatnya pelengkap hanya sebagai kebutuhan gaya, atau bahkan menolak ajakan teman untuk membeli gadget mewah menggunakan kartu kredit padahal fungsinya sama dengan gadget yang lama.

2. Belajar Memprioritaskan Kesehatan Keuangan daripada Keinginan

Keterampilan ini dapat dimulai dengan memikirkan akan seperti apa masa depan keuangan Sobat Sikapi. Perlu diingat ya Sobat, keterampilan untuk membedakan antara kebutuhan dengan keinginan ini perlu diasah sejak dini karena kemampuan finansial setiap orang tentunya berbeda-beda. Dengan memprioritaskan kesehatan keuangan sejak dini, maka dapat memberikan ruang untuk meningkatkan kesejahteraan di kemudian hari.

3. Belajar Memasak Makanan

Dibandingkan membeli makanan di luar rumah yang dapat merogoh lebih banyak isi dompet Sobat Sikapi, dengan memasak di rumah merupakan cara terbaik untuk menghemat uang karena dapat mengurangi pos pengeluaran dari anggaran makan Sobat Sikapi.

4. Menjaga Barang-Barang Penting 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, memelihara barang penting yang dimiliki ternyata dapat menghemat pengeluaran jika dibandingkan harus membeli barang yang baru. Hal ini bisa kita mulai misalnya dengan melakukan service kendaraan bermotor yang Sobat miliki secara berkala di bengkel resmi, tentunya kebiasaan ini dapat mengurangi risiko kerusakan berat akibat perawatan yang jarang dilakukan.

5. Menyesuaikan Kebiasaan dengan Tujuan 

Jika Sobat Sikapi memiliki kebiasaan berperilaku konsumtif, maka hal ini tidak boleh dilakukan lagi. Agar kondisi keuangan dapat tetap stabil, mulailah belajar untuk mengubah kebiasaan konsumtif dan lebih fokus terhadap upaya pencapaian tujuan finansial Sobat Sikapi, misalnya dengan menabung atau mulai membeli produk investasi keuangan.

6. Waspada Terhadap Penipuan Investasi Keuangan

Menjadi korban penipuan tentunya akan menimbulkan kerugian finansial yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, selalu waspada terhadap praktik tawaran investasi keuangan dengan iming-iming imbal hasil yang besar bahkan tanpa risiko. Ingat ya Sobat, apapun produk investasinya tentunya akan melekat risiko sehingga pilihlah yang sesuai profil risiko keuangan pribadi masing-masing. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pastikan aspek legalitasnya telah terdaftar dan berizin di OJK dengan menanyakan ke Kontak OJK di nomor telepon 157 atau melalui whatsapp di 081 157 157 157 


Rating

Senang
44%
Puas
44%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
12%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
Baca selengkapnya >>
Sambut Women’s Month, Nyalakan Potensi Perempuan dalam UMKM
Baca selengkapnya >>
Uang Bikin Cinta Berantakan? Hindari Perilaku Toksik Keuangan Pasangan
Baca selengkapnya >>
Pengelolaan Keuangan Tahun Baru: Resolusi dan Tips ala Keluarga Sikapi
Baca selengkapnya >>
Ibu, Sang Pahlawan Keuangan Keluarga
Baca selengkapnya >>