YUK! KETAHUI PERKEMBANGAN LAYANAN PERBANKAN DI ERA SERBA DIGITAL
Hai,
Sobat Sikapi! di era digital saat ini, udah tahu belum dengan layanan perbankan
digital yang saat ini telah banyak ditawarkan oleh industri perbankan di
Indonesia? Jika Sobat belum paham dengan hal tersebut, pada dasarnya layanan
perbankan digital tidak berbeda jauh loh dengan layanan perbankan konvensional
secara umum. Perbedaannya hanya terletak
pada fitur layanan perbankan yang dapat dilakukan secara mandiri oleh nasabah melalui
aplikasi perbankan di smartphone tanpa perlu datang ke kantor cabang bank.
Menurut Peraturan Otoritas
Jasa Keuangan (POJK) nomor 12 /POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan
Perbankan Digital oleh Bank Umum, pengertian digital banking atau
perbankan digital adalah layanan perbankan elektronik yang dikembangkan dengan
mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah dalam rangka melayani nasabah secara
lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (customer experience),
serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah, dengan
memperhatikan aspek pengamanan.
Dengan kata lain, layanan
perbankan digital memungkinkan Sobat Sikapi yang merupakan calon nasabah atau nasabah Bank untuk memperoleh informasi, melakukan
komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan, dan penutupan
rekening, termasuk memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk
perbankan, antara lain nasihat keuangan (financial
advisory), investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), dan kebutuhan lainnya dari
nasabah Bank. Layanan tersebut dapat diakses kapan saja dan dimana saja loh oleh
Sobat Sikapi melalui smartphone yang telah ditambahkan sistem aplikasi
perbankan sepanjang terhubung dengan jaringan internet.
Lalu,
bagaimanakah layanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh Sobat Sikapi? berikut
layanan perbankan digital yang ditawarkan oleh Bank untuk meningkatkan
layanannya agar nasabah dapat memperoleh layanan perbankan secara mandiri (self-service) melalui smartphone tanpa harus mendatangi kantor
bank:
Phone Banking
Phone Banking adalah sebuah layanan yang memungkinkan nasabah untuk
mendapatkan informasi dan transaksi perbankan dengan cara menghubungi nomor
telepon tertentu dari bank. Layanan phone banking ini merupakan salah
satu dari perkembangan teknologi call center. Pada umumnya layanan phone
banking dapat diakses selama 24 jam sehingga nasabah dapat menggunakannya
dimana saja dan kapan saja. Fitur phone banking antara lain informasi
perbankan misalnya informasi suku bunga, kurs, info produk bank, lokasi ATM dan
kantor cabang, transaksi perbankan misalnya informasi saldo, pembayaran tagihan
listrik, telepon pasca bayar, kartu kredit, pemindahbukuan, transfer antar
bank, pembelian isi ulang pulsa, mutasi rekening, perubahan PIN dan data
nasabah.
SMS Banking
SMS Banking adalah
layanan transaksi perbankan yang dapat dilakukan nasabah melalui telepon
seluler (ponsel) dengan format Short
Message Service (SMS). Nasabah dapat mengirimkan SMS dengan cara mengetik
SMS sesuai dengan format SMS yang telah ditentukan ke nomor telepon bank untuk
melakukan transaksi. Format SMS berbeda-beda berdasarkan format yang telah
ditentukan oleh masing-masing bank, contohnya: untuk melakukan transfer,
nasabah dapat mengetik: Transfer <rek_sumber><rek_tujuan><nominal>
<password>. Fitur SMS Banking antara lain layanan informasi
(saldo, mutasi rekening, tagihan kartu kredit, dan suku bunga); dan layanan
transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan (listrik, air, pajak, kartu
kredit, asuransi, internet), pembelian (pulsa, tiket), dan berbagai fitur
lainnya.
Mobile Banking
Mobile Banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk
melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur/menu yang disediakan
pada aplikasi perbankan yang diunduh dan diinstall melalui smartphone. Mobile banking menawarkan
kemudahan jika dibandingkan dengan SMS banking karena nasabah tidak perlu
mengingat format pesan SMS yang akan dikirimkan ke bank dan juga nomor tujuan
SMS banking. Fitur-fitur layanan mobile banking antara lain
layanan informasi (saldo, mutasi rekening, tagihan kartu kredit, suku bunga,
dan lokasi cabang/ATM terdekat); dan layanan transaksi, seperti transfer,
pembayaran tagihan (listrik, air, pajak, kartu kredit, asuransi, internet),
pembelian (pulsa, tiket), dan berbagai fitur lainnya.
Internet Banking
Internet Banking
merupakan salah satu layanan jasa perbankan yang memungkinkan nasabah untuk
memperoleh informasi dan melakukan transaksi perbankan dengan memanfaatkan
jaringan internet melalui website milik
bank. Nasabah dapat menggunakan perangkat Komputer desktop, laptop, tablet, atau smartphone
yang terhubung ke jaringan internet sebagai penghubung antara perangkat
nasabah dengan sistem bank. Fitur layanan internet banking antara lain
informasi umum rekening tabungan/giro, rekening deposito, kartu kredit,
informasi mutasi rekening, transfer dana, baik transfer antar rekening maupun
antar bank, pembelian pulsa, pembelian tiket, penempatan deposito, layanan
informasi seperti suku bunga dan kurs, dan pembayaran, misalnya pembayaran
telepon, internet, kabel TV, asuransi, listrik dan berbagai jenis pembayaran
lainnya.
Nahh,
itu dia beberapa layanan perbankan digital yang disediakan oleh bank untuk
memberikan kemudahan transaksi keuangan bagi Sobat Sikapi selaku nasabah bank.
Dengan layanan tersebut, Sobat tidak perlu repot-repot pergi ke kantor bank
untuk melakukan transaksi keuangan karena berbagai layanan perbankan dapat
diakses oleh Sobat Sikapi melalui aplikasi perbankan di smartphone kapan saja dan dimana saja. Namun, dengan berbagai kemudahan digital tersebut, Sobat tentunya
perlu berhati-hati dalam melakukan setiap transaksi keuangan. Pastikan
penggunaan aplikasi perbankan di smartphone
Sobat Sikapi aman dan hindari untuk menyebarkan informasi ataupun data
perbankan yang Sobat Sikapi miliki.
Referensi:
https://www.simulasikredit.com/apa-itu-digital-banking/
https://bahasan.id/mengenal-bank-digital-layanan-perbankan-jaman-now/
https://akuntansikeuangan.com/digital-banking/
https://efinansial.com/pengertian-phone-banking/
https://www.cermati.com/artikel/mengenal-mobile-banking-apa-keunggulan-dan-kekurangannya
https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-internet-banking
Otoritas Jasa Keuangan,
Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh
Bank Umum, 2016.
Otoritas Jasa Keuangan,
Bijak Ber-eBanking, 2015