Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Tabungan > Yuk! Ketahui Perkembangan Layanan Perbankan di Era Serba Digital

Share

YUK! KETAHUI PERKEMBANGAN LAYANAN PERBANKAN DI ERA SERBA DIGITAL



Hai, Sobat Sikapi! di era digital saat ini, udah tahu belum dengan layanan perbankan digital yang saat ini telah banyak ditawarkan oleh industri perbankan di Indonesia? Jika Sobat belum paham dengan hal tersebut, pada dasarnya layanan perbankan digital tidak berbeda jauh loh dengan layanan perbankan konvensional secara umum.  Perbedaannya hanya terletak pada fitur layanan perbankan yang dapat dilakukan secara mandiri oleh nasabah melalui aplikasi perbankan di smartphone tanpa perlu datang ke kantor cabang bank.

Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 12 /POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum, pengertian digital banking atau perbankan digital adalah layanan perbankan elektronik yang dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah dalam rangka melayani nasabah secara lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (customer experience), serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah, dengan memperhatikan aspek pengamanan.

Dengan kata lain, layanan perbankan digital memungkinkan Sobat Sikapi yang merupakan calon nasabah atau nasabah Bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan, dan penutupan rekening, termasuk memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan, antara lain nasihat keuangan (financial advisory), investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), dan kebutuhan lainnya dari nasabah Bank. Layanan tersebut dapat diakses kapan saja dan dimana saja loh oleh Sobat Sikapi melalui smartphone yang telah ditambahkan sistem aplikasi perbankan sepanjang terhubung dengan jaringan internet. 

Lalu, bagaimanakah layanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh Sobat Sikapi? berikut layanan perbankan digital yang ditawarkan oleh Bank untuk meningkatkan layanannya agar nasabah dapat memperoleh layanan perbankan secara mandiri (self-service) melalui smartphone tanpa harus mendatangi kantor bank:

 

Phone Banking

Phone Banking adalah sebuah layanan yang memungkinkan nasabah untuk mendapatkan informasi dan transaksi perbankan dengan cara menghubungi nomor telepon tertentu dari bank. Layanan phone banking ini merupakan salah satu dari perkembangan teknologi call center. Pada umumnya layanan phone banking dapat diakses selama 24 jam sehingga nasabah dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Fitur phone banking antara lain informasi perbankan misalnya informasi suku bunga, kurs, info produk bank, lokasi ATM dan kantor cabang, transaksi perbankan misalnya informasi saldo, pembayaran tagihan listrik, telepon pasca bayar, kartu kredit, pemindahbukuan, transfer antar bank, pembelian isi ulang pulsa, mutasi rekening, perubahan PIN dan data nasabah.

 

SMS Banking

SMS Banking adalah layanan transaksi perbankan yang dapat dilakukan nasabah melalui telepon seluler (ponsel) dengan format Short Message Service (SMS). Nasabah dapat mengirimkan SMS dengan cara mengetik SMS sesuai dengan format SMS yang telah ditentukan ke nomor telepon bank untuk melakukan transaksi. Format SMS berbeda-beda berdasarkan format yang telah ditentukan oleh masing-masing bank, contohnya: untuk melakukan transfer, nasabah dapat mengetik: Transfer <rek_sumber><rek_tujuan><nominal> <password>. Fitur SMS Banking antara lain layanan informasi (saldo, mutasi rekening, tagihan kartu kredit, dan suku bunga); dan layanan transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan (listrik, air, pajak, kartu kredit, asuransi, internet), pembelian (pulsa, tiket), dan berbagai fitur lainnya. 

Mobile Banking

Mobile Banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur/menu yang disediakan pada aplikasi perbankan yang diunduh dan diinstall melalui smartphone. Mobile banking menawarkan kemudahan jika dibandingkan dengan SMS banking karena nasabah tidak perlu mengingat format pesan SMS yang akan dikirimkan ke bank dan juga nomor tujuan SMS banking. Fitur-fitur layanan mobile banking antara lain layanan informasi (saldo, mutasi rekening, tagihan kartu kredit, suku bunga, dan lokasi cabang/ATM terdekat); dan layanan transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan (listrik, air, pajak, kartu kredit, asuransi, internet), pembelian (pulsa, tiket), dan berbagai fitur lainnya.

Internet Banking

Internet Banking merupakan salah satu layanan jasa perbankan yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi dan melakukan transaksi perbankan dengan memanfaatkan jaringan internet melalui website milik bank. Nasabah dapat menggunakan perangkat Komputer desktop, laptop, tablet, atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet sebagai penghubung antara perangkat nasabah dengan sistem bank. Fitur layanan internet banking antara lain informasi umum rekening tabungan/giro, rekening deposito, kartu kredit, informasi mutasi rekening, transfer dana, baik transfer antar rekening maupun antar bank, pembelian pulsa, pembelian tiket, penempatan deposito, layanan informasi seperti suku bunga dan kurs, dan pembayaran, misalnya pembayaran telepon, internet, kabel TV, asuransi, listrik dan berbagai jenis pembayaran lainnya.

Nahh, itu dia beberapa layanan perbankan digital yang disediakan oleh bank untuk memberikan kemudahan transaksi keuangan bagi Sobat Sikapi selaku nasabah bank. Dengan layanan tersebut, Sobat tidak perlu repot-repot pergi ke kantor bank untuk melakukan transaksi keuangan karena berbagai layanan perbankan dapat diakses oleh Sobat Sikapi melalui aplikasi perbankan di smartphone kapan saja dan dimana saja. Namun, dengan berbagai kemudahan digital tersebut, Sobat tentunya perlu berhati-hati dalam melakukan setiap transaksi keuangan. Pastikan penggunaan aplikasi perbankan di smartphone Sobat Sikapi aman dan hindari untuk menyebarkan informasi ataupun data perbankan yang Sobat Sikapi miliki.

 

Referensi:

https://www.simulasikredit.com/apa-itu-digital-banking/

https://bahasan.id/mengenal-bank-digital-layanan-perbankan-jaman-now/

https://akuntansikeuangan.com/digital-banking/

https://efinansial.com/pengertian-phone-banking/

https://www.cermati.com/artikel/mengenal-mobile-banking-apa-keunggulan-dan-kekurangannya

https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-internet-banking

Otoritas Jasa Keuangan, Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh Bank Umum, 2016.

Otoritas Jasa Keuangan, Bijak Ber-eBanking, 2015

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%