Kontak | Indonesia | English

Beranda > Proteksi > Jenis Dana Pensiun > Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) > Bijak Memilih Dana Pensiun

Share

BIJAK MEMILIH DANA PENSIUN

Jika Anda bukan pekerja yang rutin menyisihkan pendapatan ke investasi, maka menempatkan dana pensiun di lembaga keuangan merupakan pilihan bijak. Ada 25 lembaga baik bank maupun asuransi yang menyiapkan instrumen untuk keperluan pensiun. Mekanismenya juga relatif mudah, bisa pribadi maupun melalui perusahaan. Pembayaran iuran pun dapat melalui potong gaji atau potong rekening secara otomatis.

Untuk memilih lembaga DPLK, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Peserta harus mempertimbangkan sendiri model kebutuhan pensiunnya. Iuran dan produk dapat menyesuaikan dengan target yang dituju. Jika sumber penghasilan pensiun satu-satunya adalah dana di DPLK, tentu tidak disarankan ditempatkan pada instrumen yang rentan fluktuasi.
  2. Melihat seberapa jauh peserta bebas menempatkan dananya atau mengubah pilihan investasi? Adapun untuk jenis investasinya sendiri, DPLK biasanya menempatkan pada instrumen saham, surat utang negara, deposito hingga reksa dana. Pilihan penempatan lainnya yakni instrumen syariah.
  3. Peserta harus mengetahui seluruh informasi yang disediakan. Tidak perlu ragu menanyakan segala sesuatunya. Termasuk kemungkinan keberlanjutan program di tengah jalan jika tiba-tiba perusahaan tutup.
  4. Peserta wajib mengetahui dengan pasti apa saja manfaat pensiun yang akan diterimanya kelak. Jangan sampai waktu dan dana yang ditempatkan justru tidak mencukupi kebutuhan peserta.


Manfaat DPLK dibagi dalam dua bentuk. Pertama, menerima secara lupsum seluruh iuran beserta pengembangannya. Kedua, setelah sebagian diterima dalam lupsum, maka sisanya dibelikan ke anuitas di perusahaan asuransi yang memberikan manfaat bulanan. Meski sudah dilakukan secara otomatis, sewajarnya peserta mau ikut melakukan pemantauan terhadap kinerja perusahaan tempat dananya disimpan dan dikelola.

HARI TUA BAHAGIA, MANDIRI, DAN SEJAHTERA BERKAT DANA PENSIUN!

Rating

Senang
25%
Puas
7%
Menginspirasi
10%
Tidak Peduli
57%

Daftar Perusahaan Fintech Yang Berizin dan Terdaftar di OJK Per Agustus 2019

Selengkapnya >>

v