Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Hindari Uang Habis di Awal Tahun dengan Kebiasaan Ini!

Share

HINDARI UANG HABIS DI AWAL TAHUN DENGAN KEBIASAAN INI!



Hai, Sobat Sikapi! Apa kabar? Tidak terasa kita sudah meninggalkan tahun 2020 dan kini dengan semangat baru siap menyongsong tahun 2021. Dalam menyambut tahun baru, Sobat Sikapi pastinya akan membuat resolusi untuk menetapkan tujuan baru dan juga upaya memperbaiki diri menjadi lebih baik. Namun, selain memperbaiki diri, memperbaiki kondisi finansial juga patut untuk menjadi prioritas resolusi Sobat di tahun 2021 ini loh!

Jika di tahun sebelumnya, Sobat merasa bahwa uang yang dipegang selalu saja habis tanpa bersisa, maka di tahun 2021 ini, Sobat perlu untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut dengan mulai melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik. Oleh karena itu, berikut tips yang dapat Sobat terapkan untuk mengubah kebiasaan buruk Sobat Sikapi agar menjadi lebih baik:


1.   Disiplin dalam mengatur uang

Mengatur uang bukanlah hal yang sulit selamat Sobat selalu disiplin dalam mengatur hal tersebut. Apabila Sobat memutuskan untuk berhemat, maka pastikan bahwa keputusan tersebut tidak hanya bertahan seminggu atau sifatnya sementara, melainkan dapat berlanjut. Selain disiplin dalam mengatur uang, penting juga bagi Sobat untuk dapat disiplin dalam menabung dan berinvestasi untuk persiapan kebutuhan keuangan masa depan Sobat.

2.   Mencatat Pengeluaran

Jika ingin mengelola pendapatan dengan baik, maka mulailah untuk mencatat pengeluaran secara teratur. Sobat dapat memulai dengan mencatat pengeluaran yang umum mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan. Setelah mencatat pengeluaran, lakukanlah analisa sederhana terhadap pengeluaran yang telah dilakukan dengan mengelompokkannya menjadi pengeluaran wajib, tidak wajib dan pelengkap. Jangan sampai pengeluaran yang tidak wajib atau pelengkap justru memiliki porsi pengeluaran yang lebih besar dari pada kebutuhan wajib.


 

3.   Siapkan Rekening Alternatif

Memiliki rekening tabungan alternatif dapat membantu Sobat untuk berhemat dan mengatur uang lebih baik. Hal ini tentunya akan memberikan efek positif bagi keuangan Sobat Sikapi. Apabila Sobat telah menerima gaji bulanan, maka segera sisihkan gaji pada rekening tabungan alternatif yang telah Sobat sediakan.

4.   Hindari persaingan gaya hidup

Gaya hidup menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi kondisi keuangan. Apabila sobat menerapkan gaya hidup yang konsumtif demi mengikuti pesaingan gaya hidup, maka hal ini tentunya dapat mempengaruhi kondisi finansial Sobat karena pengeluarannya menjadi lebih boros. Oleh karena itu, Sobat Sikapi dapat melakukan penyesuaian gaya hidupdengan tetap berperilaku sederhana, sehat, dan sejahtera. Serta berhentilah untuk bersikap gengsi dan boros.

 

5.   Hindari utang

Salah satu kebiasaan yang perlu untuk Sobat terapkan agar memiliki kondisi finansial yang baik adalah menghindari utang konsumtif. Meskipun saat ini telah tersedia berbagai kemudahan dalam berutang, namun kemudahan tersebut bisa saja membuat Sobat menjadi semakin tidak terkendali dari ketergantungan dalam berutang. Oleh sebab itu, ciptakanlah keuangan sehat untuk diri Sobat dengan menghindari utang yang sifatnya konsumtif tetapi diarahkan untuk berutang untuk sesuatu yang produktif misalnya sebagai modal usaha.

6.   Lawan kebiasaan boros

Salah satu kebiasaan buruk dalam keuangan adalah memiliki kebiasaan boros. Apabila sobat tidak ingin mengalami masalah finansial di kemudian hari, maka Sobat harus belajar untuk membuat skala prioritas sehingga pola penggunaan uang Sobat lebih mengutamakan untuk pemenuhan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan. Mulailah untuk menabung ataupun berinvestasi dengan mengalokasikan minimal 20% dari pendapatan yang diperoleh karena kelak akan bermanfaat untuk memenuhi tujuan keuangan d imasa depan.

Nahh Sobat, itu dia kebiasaan-kebiasaan yang dapat Sobat Sikapi terapkan untuk mencapai resolusi finansial yang lebih baik di tahun 2021. Tentunya, untuk mengubah kebiasaan yang selama ini kurang baik akan memerlukan niat dan tekad yang kuat yah, Sobat! Semoga di tahun 2021 ini, resolusi Sobat Sikapi dapat terwujud dan pastikan untuk selalu menambah literasi keuangan Sobat dengan mengikuti informasi seputar keuangan dan industri jasa keuangan di minisite dan media sosial SikapiUangmu.


Referensi:

https://www.wartaekonomi.co.id/read220787/kenapa-sih-uang-itu-cepat-sekali-habis

https://www.cermati.com/artikel/agar-uang-tidak-makin-habis-lakukan-penghemat-dengan-cara-berikut-ini

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4158053/agar-uang-tidak-cepat-habis-milenial-wajib-lakukan-6-hal-ini

Rating

Senang
0%
Puas
100%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 5 November 2020

Selengkapnya >>

v