Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Reksa Dana > Sebelum memilih, Simak dulu Perbedaan Reksa Dana Konvensional dan Reksa Dana Syariah

Share

SEBELUM MEMILIH, SIMAK DULU PERBEDAAN REKSA DANA KONVENSIONAL DAN REKSA DANA SYARIAH


Salah satu produk atau instrumen investasi yang populer di kalangan investor adalah reksa dana. Namun, tahukah
kamu Sobat jika reksa dana terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu reksa dana konvensional dan reksa dana syariah? Tentunya, agar dapat menentukan investasi yang tepat serta sesuai dengan keyakinan, Sobat harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara reksa dana konvensional dan reksa dana syariah.

Reksa dana konvensional adalah reksa dana yang dapat berinvestasi di semua jenis efek keuangan; seperti saham, obligasi, dan deposito; dengan batasan-batasan investasi sebagaimana ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan ("OJK"). Sementara, reksa danasyariah adalah reksa dana yang hanya dapat berinvestasi di efek keuangan yang sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah, dan tentunya masih terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan oleh OJK. Supaya Sobat tidak bingung untuk memilih dari kedua jenis reksa dana tersebut, berikut perbedaan antara reksa dana konvensional dan reksa dana syariah.

1. Prinsip dan pengelolaan

Reksa dana syariah dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) bersama dengan OJK. Sementara, reksa dana konvensional dikelola berdasarkan prinsip kontrak investasi kolektif dan tidak berdasarkan prinsip syariah dan hanya diawasi oleh OJK.

2. Proses “pembersihan”

Dalam reksa dana konvensional tidak ada istilah “pembersihan” atau cleansing sumber pendapatan dengan memisahkan yang halal dan non halal. Asal sudah sesuai ketentuan investasi dari OJK, maka manajer investasi sudah bisa menjual reksa dana konvensional. Sedangkan dalam investasi reksa dana syariah, proses “pembersihan” pendapatan wajib dilakukan yang dikenal dengan sebutan Cleansing. Proses cleansing berarti memilah apakah sebuah perusahaan memiliki pendapatan tidak halal atau sebaliknya dalam melakukan bisnisnya.

3. Efek yang menjadi portofolio investasi 

Pada reksa dana konvensional, investasi pada seluruh efek diperbolehkan. Sementara pada reksa dana syariah, investasi hanya diperbolehkan pada efek-efek yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES).

4. Pembagian Keuntungan

Pada reksa dana konvensional, pembagian keuntungan dilakukan antara pemodal dan Manajer Investasi berdasarkan perkembangan suku bunga. Sedangkan pada reksa dana syariah, pembagian keuntungan dilakukan antara pemodal dan Manajer Investasi berdasarkan aturan syariat Islam dan kesepakatan bersama.

5. Akad/pengikatan

Dalam reksa dana syariah menggunakan akad syariah yang bisa meliputi akad kerjasama (musyarakah), sewa menyewa (ijarah), dan akad bagi hasil (mudharabah). Sementara reksa dana konvensional menekankan pada kesepakatan tanpa adanya aturan halal atau non halal.

Referensi: 
https://www.bareksa.com/berita/berita-ekonomi-terkini/2019-03-14/apakah-reksadana-mengandung-riba-ini-beda-reksadana-syariah-dan-konvensional
https://syailendracapital.com/news-article/artikel-ketiga
https://www.simulasikredit.com/perbedaan-reksadana-syariah-vs-reksadana-konvesional/
https://glints.com/id/lowongan/reksa-dana-syariah-vs-konvensional/#.X-k-Q9gzY2w
https://blog.bibit.id/blog-1/2019/5/9/6-perbedaan-investasi-konvensional-dan-investasi-syariah-yang-mungkin-baru-kamu-tahu
https://tirto.id/beda-reksa-dana-syariah-dan-konvensional-ragam-jenis-hingga-risiko-elii


Rating

Senang
53%
Puas
16%
Menginspirasi
32%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

PENYEBAB NAIK TURUN HARGA SAHAM SUATU PERUSAHAAN
Baca selengkapnya >>
Harga Emas Naik Turun, Apa Penyebabnya?
Baca selengkapnya >>
Mengenal Candlestick, Rambu-rambu Saham untuk Investor
Baca selengkapnya >>
KATA SIAPA BUKA REKENING SAHAM ITU SUSAH? BACA ARTIKEL BERIKUT INI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT!
Baca selengkapnya >>
Perusahaan Go Public? Simak Manfaatnya!
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Buka Rekening Saham Semakin Mudah, Yuk Cari Tahu Caranya
Baca selengkapnya >>
Apa Perbedaan Obligasi Korporat dan Obligasi Pemerintah?
Baca selengkapnya >>
Investasi Sambil Mencari berkah Ramadhan melalui Wakaf Sukuk
Baca selengkapnya >>
Investasi Aman, Dikelola oleh Manajer Investasi
Baca selengkapnya >>
Apa sih Beda Penghimpunan Dana di SCF dan Pasar Modal? Yuk Kenali Pilihan Pendanaan Usaha Sobat
Baca selengkapnya >>