Kontak | Indonesia | English

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Kenali 3K Untuk Resolusi Keuangan Anda: Keinginan, Kebutuhan, Kemampuan

Share

KENALI 3K UNTUK RESOLUSI KEUANGAN ANDA: KEINGINAN, KEBUTUHAN, KEMAMPUAN

Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2016. Tentu banyak kenangan di tahun ini yang bisa dijadikan pelajaran untuk tahun 2017, termasuk dalam mengelola keuangan. Anda mungkin pernah merasa kesulitan dalam mengelola keuangan setahun ini sehingga ada saja yang tak tercapai, mulai dari rencana pendidikan sampai rencana liburan akhir tahun yang terpaksa ditunda. Sangat mungkin penyebabnya karena Anda belum cukup mengenali apa saja yang menjadi keinginan dan kebutuhan Anda. Atau mungkin juga karena Anda kurang mengenal berbagai instrumen keuangan yang sesuai dengan Anda.

Nah, tahun 2017 sudah di depan mata. Apa Anda siap move-on dengan perencanaan keuangan yang lebih baik? Awal tahun adalah saat yang tepat untuk membuat resolusi keuangan yang baik dan terencana, agar mimpi Anda dapat terwujud. Yuk, tetapkan tujuan dan atur strategi!

Pertama-tama, coba kenali dulu, mana yang benar-benar kebutuhan dan keinginan. Punya keingingan itu boleh saja kok, asal jangan sampai mengganggu kebutuhan Anda dan keluarga. Pastikan dulu kebutuhan Anda dapat tercukupi dengan baik dan tepat waktu, dengan menghitung prediksi pendapatan dan pengeluaran Anda. Agar tidak ada yang terlewat, luangkan waktu untuk menuliskannya secara rinci menggunakan check-list. Tuliskan juga apa saja yang menjadi keingingan Anda di luar kebutuhan tadi.

Atur strategi untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan dan keinginan tersebut. Perhatikan juga kemampuan Anda. Daripada menambah pendapatan, tentunya lebih mudah mengurangi keinginan/ pengeluaran kan? Sekiranya ada keinginan yang terlalu memberatkan, jangan dipaksakan sebagai tujuan keuangan Anda tahun 2017, namun tetap dapat dicantumkan sebagai tujuan jangka panjang yang perlu Anda capai di waktu berikutnya. Anda harus optimis namun tetap realistis dalam mengatur keuangan.

Cari Informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai produk dan layanan keuangan dan pilih yang paling tepat dengan kebutuhan, karakteristik, kondisi keuangan/ kemampuan Anda. Jika Anda orang yang menyukai tantangan dan berani mengambil risiko, Anda dapat memilih produk pasar modal, seperti menabung saham atau membeli reksadana saham namun sebagai pemula Anda dapat mencoba tabungan dalam bentuk reksadana campuran atau pasar uang. Atau Anda ingin mencoba sesuatu yang baru seperti menabung emas? Jangan khawatir, cukup dengan uang Rp5000-an dan fotokopi kartu identitas, Anda dapat langsung mendatangi kantor PT Pegadaian (Persero) terdekat dengan tempat tinggal Anda. Atau Anda juga bisa memilih instrumen tabungan lainnya seperti Deposito, Tabungan Berjangka, dll. Bagi Anda yang lebih menyukai investasi dalam bentuk properti, namun terkendala pendanaan, Anda bisa pergi ke bank maupun lembaga pembiayaan. Berbagai skema pembayaran bisa Anda temukan di sana, baik yang konvensional maupun syariah.

Jangan lupa untuk mengalokasikan uang berjaga-jaga. Uang ini bisa Anda kelola sendiri di rekening tabungan yang terpisah dari rekening yang aktif digunakan untuk bertransaksi, ataupun dengan mengalihkan resikonya kepada perusahaan asuransi. Dengan demikian langkah Anda dalam mencapai tujuan keuangan Anda dapat lebih terlindungi. Lindungi juga hari tua Anda sejak Anda masih di usia produktif. Mengiurlah di dana pensiun secara tertib, sekalipun tempat Anda bekerja telah menyiapkan dana pensiun bagi Anda. Anda dapat menyiapkan 2 atau lebih dana pensiun dari beberapa lembaga jasa keuangan yang menyediakan produk pensiun. Semakin terencana masa tua Anda, semakin indah hidup Anda nantinya.

Kuncinya adalah disiplin. Resolusi yang kiranya juga penting untuk diterapkan tahun depan adalah melatih diri untuk lebih berdisiplin menyisihkan uang, bukan menyisakan. Sisihkanlah uang Anda secara rutin langsung setiap Anda menerima penghasilan Anda. Jangan tunda hingga akhir bulan untuk menabung dana yang tersisa di rekening Anda. Percayalah, menghabiskannya pasti terasa jauh lebih menyenangkan bukan?

Tapi ingat, ke depan nanti jangan mudah percaya dengan penawaran investasi yang menjanjikan iming-iming imbal hasil yang terlalu tinggi. Jangan sampai dana yang sudah Anda kelola dengan baik, hilang begitu saja karena Anda percayakan ke pihak yang tidak bertanggungjawab. Kenali dengan baik produk investasi Anda, pihak yang menjualnya, hak dan kewajiban Anda termasuk biaya dan resikonya.

Kunjungi laman Sikapi Uangmu (sikapiuangmu.ojk.go.id) atau fan page Facebook Sikapi Uangmu, follow juga akun twitternya (@sikapiuangmu), dan unduh aplikasi selular Sikapi Uangmu untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai tips dan artikel keuangan. Anda bahkan juga dapat menemukan daftar perusahaan yang tidak terdaftar dan tidak berada di bawah pengawasan OJK menu Investor Alert Portal/ Portal Waspada Investasi pada laman dan aplikasi selularnya.

Nah, selamat menentukan resolusi keuangan Anda di tahun 2017, semoga tercapai dengan perencanaan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Uang mungkin tidak dapat membeli kebahagiaan, namun perencanaan keuangan yang baik pasti dapat memberikan kebahagiaan bagi Anda dan keluarga. Selamat Tahun Baru 2017. “Sikapi uang dengan bijak, cerdas mengelola, masa depan sejahtera”.

Rating

Senang
47%
Puas
13%
Menginspirasi
27%
Tidak Peduli
13%

Daftar Perusahaan Fintech Yang Terdaftar di OJK Periode Agustus 2018

Selengkapnya >>

v

Artikel Terpopuler

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)
Baca selengkapnya >>
Bulan Inklusi Keuangan, 1 - 31 Oktober 2017
Baca selengkapnya >>
Mengenal Galeri Investasi Pasar Modal, Sarana Edukasi dan Transaksi Efek
Baca selengkapnya >>
Kenali 3K Untuk Resolusi Keuangan Anda: Keinginan, Kebutuhan, Kemampuan
Baca selengkapnya >>
Pendidikan Keuangan, Kunci Kesejahteraan Masyarakat
Baca selengkapnya >>

Artikel Terbaru

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)
Baca selengkapnya >>
Ingin Hidup Sejahtera Tapi Banyak Keinginan? Kelola Gaji Dari Sekarang
Baca selengkapnya >>
Bulan Inklusi Keuangan, 1 - 31 Oktober 2017
Baca selengkapnya >>
Ikuti Kompetisi Inklusi Keuangan KOINKU 2017!
Baca selengkapnya >>
Transaksi Jadi Lebih Mudah dengan Uang Elektronik
Baca selengkapnya >>