Kontak | Indonesia | English

Beranda > Keuanganku > Mengelola Keuanganku > Cara Merencanakan Keuangan > Mengelola Pemasukan dari Ang Pao

Share

MENGELOLA PEMASUKAN DARI ANG PAO

“Gong xi fa cai, ang pao lai!” (semoga tahun baru ini banyak rejeki, minta ang pao dong!), kalimat yang rutin diucapkan dan didengar saat imlek. Bagi kamu yang etnis Tionghoa dan belum menikah, tahun baru imlek pasti merupakan moment  tahunan yang ditunggu-tunggu karena kamu akan mendapatkan ang pao alias amplop merah saat kumpul bersama keluarga. Pastinya seru ya?

Uang yang diberikan harus dalam jumlah genap, namun angka 4 tidak dianjurkan karena melambangkan kematian. Ang pao diberikan kepada orang tua, istri, anak-anak, sanak saudara dan anak-anak tetangga yang mengunjungi rumah. Seberapa besar uang yang diberikan sangat bergantung kepada kondisi keuangan si pemberi ang pao dan seberapa erat hubungan orang tersebut dengan si penerima. Ang pao yang kamu terima dapat dikategorikan dalam pemasukan tidak rutin.

Pemasukan dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu pemasukan yang rutin dan tidak rutin. Pemasukan rutin adalah pemasukan yang pasti diterima setiap bulannya dan umumnya berjumlah tetap, contohnya adalah gaji, hasil sewa dan lain-lain. Sedangkan pemasukan tidak rutin adalah pemasukan yang diterima dalam periode tertentu dan umumnya jumlahnya tidak sama dan tidak tetap, contohnya bonus, pendapatan usaha, Tunjangan Hari Raya (THR) termasuk ang pao.

Nah, ang pao-mu dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal:

1.  Menabung

Menabung itu perlu dibiasakan, baik untuk pendapatan rutin maupun non rutin dan manfaatnya akan kamu petik di masa depan. Baru deh setelah digunakan untuk kebutuhan dan ditabung, sisa ang pao dapat kamu gunakan untuk membeli barang yang kamu inginkan di luar kebutuhanmu sehari-hari, atau melakukan kegiatan menyenangkan seperti nonton di bioskop atau karaoke bersama teman.

2.  Sosial

Tidak semua orang loh beruntung mendapatkan ang pao seperti kamu. Nah,  alangkah baiknya jika kamu bisa berbagi kebahagiaan dengan membagi sebagian ang pao-mu dengan orang lain yang mungkin lebih membutuhkan. Kebahagiaan kan tidak selalu harus berwujud materi. Melihat kebahagiaan orang lain, apalagi sampai didoakan oleh orang lain, tentunya bisa menjadi kebahagiaan yang tidak bisa dinilai dengan materi.

Bijak-bijak manfaatkan ang pao-mu ya..Selamat hari raya Imlek.

Rating

Senang
33%
Puas
0%
Menginspirasi
33%
Tidak Peduli
33%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 11 Juni 2020

Selengkapnya >>

v

Artikel Terpopuler

Perusahaan Modal Ventura
Baca selengkapnya >>
Tentang Industri Jasa Keuangan
Baca selengkapnya >>
Perusahaan Efek
Baca selengkapnya >>
Apa itu Kredit dan Pembiayaan
Baca selengkapnya >>
Asuransi Penjaminan (Surety Bond)
Baca selengkapnya >>

Artikel Terbaru

IKUTI KOMPETISI INKLUSI KEUANGAN KOINKU 2020
Baca selengkapnya >>
Berkenalan dengan Perusahaan Sekuritas dan Manajer Investasi
Baca selengkapnya >>
MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN BANK WAKAF MIKRO
Baca selengkapnya >>
Ingin Berinvestasi? Pahami Risikonya, Dapatkan Keuntungannya
Baca selengkapnya >>
Ayo.. Be S.M.A.R.T dalam Merencanakan Keuangan Tahun Depan!
Baca selengkapnya >>