Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Proteksi > Jenis Asuransi > Asuransi Kesehatan > Lindungi Keluarga dengan Asuransi Kesehatan

Share

LINDUNGI KELUARGA DENGAN ASURANSI KESEHATAN

Hari Gizi Nasional Indonesia yang diperingati setiap tanggal 28 Februari merupakan momen penting bagi pemerintah dalam rangka mensosialisasikan program perbaikan gizi nasional. Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi demi kelangsungan hidup yang sehat dan berkualitas. Pentingnya pemenuhan gizi bagi pertumbuhan anak dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat jasmani.

Beberapa penyakit yang bisa menimpa balita karena kekurangan gizi dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan anak, bahkan jika tidak segera diobati dapat mengakibatkan kematian. Saat penyakit tiba-tiba datang tidak ada satu orang pun yang dapat menolak, walaupun tidak ada seorangpun yang mau sakit. Sebagai salah satu cara untuk melindungi anak dari biaya pengobatan yang besar saat sakit adalah melalui asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan memberikan jaminan kesehatan atas rawat inap, rawat jalan, dan sebagainya sesuai dengan batasan yang dijamin dalam polis. Dengan berasuransi maka dapat memberikan rasa aman dan perlindungan serta menjadikan hidup lebih tenang karena segala risiko yang mungkin terjadi telah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Dalam berasuransi ada beberapa hal yang harus Anda cermati sebagai berikut:

- Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan, bukan karena program promosi dan hadiah yang ditawarkan, atau bahkan karena terpaksa.

- Pastikan agen asuransi yang dipilih adalah agen yang profesional dan memiliki lisensi/ sertifikat keagenan serta mau dan mampu mengurus keperluan asuransi kita ke depan.

- Ketika sudah memilih produk dan perusahaan, pastikan agar pengisian data pada Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA) atau Surat Permohonan Asuransi Jiwa (SPAJ) dilakukan secara lengkap, jujur dan jelas. Pengisian jawaban yang tidak jujur dapat berakibat ditolaknya klaim asuransi dikemudian hari.

- Jika polis sudah diterima, baca dengan teliti polis beserta semua lampiran yang sudah diterima. Bila terdapat klausal yang tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh agen segera laporkan untuk perubahannya.

Selain perusahaan asuransi kesehatan, saat ini pemerintah juga telah memiliki Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan yaitu jaminan yang diselenggarakan secara nasional dengan tujuan menjamin agar seluruh rakyat Indonesia memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Kehadiran BPJS Kesehatan memiliki peran dalam mewujudkan sistem jaminan sosial nasional bidang kesehatan. Sesuai dengan pasal 14 Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan, setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS.

Rating

Senang
40%
Puas
40%
Menginspirasi
20%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Asuransi Syariah
Baca selengkapnya >>
Asuransi Pertanian Sejahterakan Petani Kini dan Nanti
Baca selengkapnya >>
Yuk, Simak Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Kamu Ketahui!
Baca selengkapnya >>
Jasa Raharja Lindungi Kita
Baca selengkapnya >>
Tips Menghindari Penolakan Klaim Asuransi Jiwa Kredit
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Miliki Asuransi Untuk Melindungi Rumah Tercinta
Baca selengkapnya >>
Ingin Mengajukan Klaim Asuransi? Yuk Pahami Dulu Tahapannya
Baca selengkapnya >>
Ayo Manfaatkan Proteksi Diri dengan Produk Asuransi Kecelakaan Diri
Baca selengkapnya >>
Pahami Perjanjian Pembiayaannya, Hindari Wanprestasi..!!
Baca selengkapnya >>
Penting! Pahami Jenis-Jenis Risiko Keuangan dan Solusinya
Baca selengkapnya >>