Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Ingin Masa Tua Happy? Yuk Rencanakan Dari Sekarang!

Share

INGIN MASA TUA HAPPY? YUK RENCANAKAN DARI SEKARANG!

     Dalam rangka rangkaian Pension Day, Otoritas Jasa Keuangan ingin mengingatkan kembali pentingnya persiapan hari tua Anda.

     Tidak selamanya tubuh mampu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup, karena kondisi tubuh yang mungkin tidak dapat lagi dipaksakan untuk bekerja secara maksimal. Masalah ini bisa berdampak pada kondisi keuangan, dimana antara pendapatan dan pengeluaran menjadi tidak seimbang, karena saat pengeluaran bertambah lantaran harus memenuhi semua kebutuhan harian plus kebutuhan ekstra di hari tua (seperti diapers dan obat-obatan yang harganya terus meningkat), namun pendapatan malah semakin surut.

     Lalu apa yang Anda bayangkan pada saat Anda memasuki usia pensiun? Atau barangkali Anda sudah melihat bagaimana orang-orang di lingkungan Anda pada saat menjalani masa pensiunnya. Setiap orang pasti menginginkan bahwa hari tuanya menyenangkan, menikmati penghasilan seumur hidup untuk memelihara kesejahteraan diri sendiri dan keluarga tanpa membebani anak cucu dan orang lain.

     Cara terbaik untuk menjamin agar tujuan hari tua Anda tercapai adalah Anda harus memulai membuat perencanaan keuangan masa pensiun dari sekarang, salah satunya dengan menyiapkan dana pensiun.

     Yuk simak beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Mulai Untuk Merencanakan Tabungan Hari Tua

Mungkin Anda sudah memiliki tabungan, namun tak selalu tabungan yang Anda miliki digunakan untuk kebutuhan konsumsi, akan lebih baik jika saat usia muda Anda sudah memiliki tabungan untuk dana pensiun. Tabungan untuk dana pensiun harus dibut secara terpisah dengan tabungan untuk keperluan konsumsi. Semakin Anda sering menabung maka semakin mantap persiapan Anda untuk menyongsong hari tua. Anda bisa memulainya dengan bertanya pada kerabat terdekat yang sudah memiliki tabungan dimaksud atau mencari informasi dari berbagai media yang terpercaya dalam menentukan produk tabungan yang sesuai dengan perencanaan hari tua Anda.

Namun bagaimana jika Anda memang belum membuat tabungan khusus untuk pensiun ini dan Anda sudah merasa terlambat memulainya?

Buang jauh-jauh pikiran seperti itu, tidak ada kata terlambat untuk menabung. Lebih baik mulai mempersiapkan dibanding tidak sama sekali bukan?

Mulai berinvestasi

Investasi juga termasuk sebagai salah satu pintu peluang dalam mempersiapkan dana pensiun. Namun, untuk berinvestasi yang tepat mesti terlebih dahulu disesuaikan dengan kondisi keuangan. Jangan sampai finansial menjadi kacau atau malah menimbulkan hutang karena berinvestasi secara gegabah. Beberapa pilihan investasi yang bisa dilakukan adalah investasi bangunan, properti, obligasi, deposito, saham, reksa dana dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang sejak masa mudanya sudah terbiasa dengan investasi langsung pada instrumen saham ataupun surat berharga lainnya, maka aktitivitas investasi ini dapat terus dilakukan dengan lebih mudah, karena sudah memiliki banyak waktu untuk melakukan analisis, namun bagi Anda yang sudah memasuki masa tua dan belum pernah mengenal investasi sehingga minim pengetahuan, dapat berinvestasi pada Reksa Dana. Karena Anda tidak membutuhkan intensitas perhatian dan analisis yang terlalu mendalam, karena tugas ini secara keseluruhan telah dilakukan oleh para Manajer Investasi yang mengelola Reksa Dana.

Segera Daftar Menjadi Peserta Lembaga Dana Pensiun

Lembaga yang menyelenggarakan dana pensiun ada beberapa macam, namun baru sebagian yang sudah dikenal masyarakat umum. Nah! semua pekerja kini berhak memiliki dana pensiun.

Jika PT Taspen adalah lembaga dana pensiun bagi PNS kecuali mereka dan PT Asabri lembaga dana pensiun bagi prajurit TNI, Polri dan PNS Departemen Pertahan dan Keamanan, maka ada juga BPJS Ketenagakerjaan yang pesertanya adalah semua karyawan dimana sifat kepesertaanya adalah wajib.  Selain itu Anda juga bisa mendaftarkan diri pada Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). DPLK adalah salah satu program keuangan diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin memiliki dana pensiun. Prinsipnya relatif sama dengan tabungan berjangka, di mana dana yang Anda tanam tidak bisa dicairkan sebelum tiba masanya. Selain itu juga ada Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK), merupakan lembaga pensiun yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk kepentingan karyawan perusahaan tersebut.

Jadi, sekarang sudah tau kan apa saja lembaga dana pensiun yang dapat Anda pilih?

Yuk, menjadi peserta lembaga dana pensiun dan nikmati manfaatnya untuk hari tua Anda.

Rating

Senang
57%
Puas
20%
Menginspirasi
19%
Tidak Peduli
4%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v