Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Proteksi > Jenis Asuransi > Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance) > Yuk Ketahui Istilah-Istilah Dalam Perasuransian

Share

YUK KETAHUI ISTILAH-ISTILAH DALAM PERASURANSIAN

Sobat, di dalam industri asuransi, banyak istilah-istilah yang perlu Sobat ketahui dan pahami sebelum memutuskan untuk menggunakan produk asuransi. Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut, sobat akan menjadi nasabah yang cerdas ketika memilih dan membeli produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Sobat.

Umumnya, sejumlah istilah dalam asuransi menggunakan bahasa Inggris, namun terdapat beberapa istilah yang memakai kata serapan. Semua istilah dalam asuransi tersebut bisa diketahui dalam buku pegangan yang diberikan penyedia/perusahaan asuransi kepada calon nasabah atau pemegang polis. Yuk, kita simak istilah-istilahnya berikut ini:

 

    Polis Asuransi: Akta perjanjian asuransi atau dokumen lain yang dipersamakan dengan akta perjanjian asuransi, serta dokumen lain yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan perjanjian asuransi, yang dibuat secara tertulis dan memuat perjanjian antara pihak perusahaan asuransi dan pemegang polis.  Premi: Sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi dan disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk memperoleh manfaat. Kontribusi: Sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi syariah dan disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi syariah untuk memperoleh manfaat dari dana tabarru’ dan/atau dana investasi peserta dan untuk membayar biaya pengelolaan atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk memperoleh manfaat. Bancassurance: Aktivitas kerja sama antara Perusahaan dengan bank dalam rangka memasarkan Produk Asuransi melalui bank. Nilai Tunai: Sejumlah uang yang merupakan nilai tebus polis pada saat tertentu yang dijamin sebagai hak pemegang polis. Klaim asuransi:  Tuntutan dari pihak Tertanggung sehubungan dengan adanya kontrak perjanjian antara asuransi dengan pihak Tertanggung yang masing- masing pihak mengikatkan diri untuk menjamin pembayaran ganti rugi oleh Penanggung jika pembayaran premi asuransi telah dilakukan oleh pihak Tertanggung, ketika terjadi musibah yang diderita oleh pihak Tertanggung.

    ·         Tertanggung: Pihak yang menghadapi risiko sebagaimana diatur dalam perjanjian Asuransi atau perjanjian reasuransi.

      Penanggung: Pihak yang telah memiliki izin formal untuk melakukan kegiatan usaha yang berkaitan dengan pengambilalihan risiko pihak lain berdasarkan suatu polis; atas pertanggungan ini, Penanggung risiko menerima premi dari pihak lain selaku Tertanggung; lazimnya, Penanggung adalah perusahaan asuransi. Underwriting: Proses identifikasi dan seleksi risiko. Usia masuk: Usia Tertanggung yang ditentukan berdasarkan ulang tahun terakhir pada saat Tanggal Berlakunya Asuransi dan akan bertambah pada setiap Ulang Tahun Polis. Masa Pertanggungan: Jangka waktu perlindungan asuransi bagi Tertanggung sejak Tanggal Berlakunya Asuransi sampai dengan Tanggal Pertanggungan Berakhir sebagaimana disebutkan dalam Data Polis. Agen Asuransi: Karyawan perusahaan asuransi yang bertugas untuk memasarkan produk atau melayani calon nasabah mulai dari menyampaikan ketentuan polis sampai dengan isi perjanjian polis setelah menjadi pemegang polis. Aktuaria: Ilmu dalam asuransi yang mempelajari, memperkirakan maupun memperhitungkan risiko keuangan di masa akan datang dengan mengkombinasikan beberapa disiplin ilmu diantaranya matematika, keuangan, statistika dan pemrograman computer. Ahli Waris: Nama orang yang tercantum dalam polis asuransi sebagai pihak yang menerima santunan apabila terjadi kematian pada Tertanggung.

      Semoga penjelasan istilah-istilah asuransi di atas bisa membantu Sobat untuk lebih memahami dan mengenal asuransi ya. Jangan lupa lindungi diri sendiri, keluarga dan harta benda sobat dari potensi kerugian finansial dengan asuransi ya sebelum terlambat. 

      Jangan lupa untuk memilih asuransi yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan budget sobat.

       

      Sumber:

      Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 23 /POJK.05/2015 Tentang Produk Asuransi Dan Pemasaran Produk Asuransi

      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian

      Buku Seri Literasi Keuangan Tingkat Perguruan Tinggi, Buku 4 – Perasuransian

      Instagram SikapiUangmu

      https://www.cermati.com/artikel/agar-tidak-gagal-paham-ini-istilah-istilah-asuransi-yang-perlu-diketahui

      https://www.ciputralife.com/blog/istilah-istilah-dalam-asuransi-yang-perlu-kamu-ketahui 

      https://www.aaji.or.id/page/FAQ

      Rating

      Senang
      0%
      Puas
      0%
      Menginspirasi
      0%
      Tidak Peduli
      0%

      Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

      Selengkapnya >>

      v

      Tips Terpopuler

      Asuransi Syariah
      Baca selengkapnya >>
      Asuransi Pertanian Sejahterakan Petani Kini dan Nanti
      Baca selengkapnya >>
      Yuk, Simak Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Kamu Ketahui!
      Baca selengkapnya >>
      Masa Pensiun Cerah Bersama Dana Pensiun Syariah
      Baca selengkapnya >>
      Jasa Raharja Lindungi Kita
      Baca selengkapnya >>

      Tips Terbaru

      Mendapat Tawaran Produk Asuransi? Jangan Langsung Tergiur, Yuk Pastikan Sobat Memahami Informasi Produk Asuransi dengan Jelas
      Baca selengkapnya >>
      Tenang dan Senang di Masa Tua Berkat Program Pensiun
      Baca selengkapnya >>
      Miliki Asuransi Untuk Melindungi Rumah Tercinta
      Baca selengkapnya >>
      Ingin Mengajukan Klaim Asuransi? Yuk Pahami Dulu Tahapannya
      Baca selengkapnya >>
      Ayo Manfaatkan Proteksi Diri dengan Produk Asuransi Kecelakaan Diri
      Baca selengkapnya >>