Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Proteksi > Jenis Asuransi > Asuransi Unit Link > Biaya Pendidikan Mahal? Siasati Dengan Asuransi Pendidikan!!

Share

BIAYA PENDIDIKAN MAHAL? SIASATI DENGAN ASURANSI PENDIDIKAN!!

Biaya Pendidikan Mahal? Siasati Dengan Asuransi Pendidikan!!Pendidikan merupakan salah satu hal mendasar yang perlu dipenuhi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas dan tingkat kesejahteraan  hidup seseorang. Tingkat pendidikan juga memiliki pengaruh terhadap terhadap perilaku keuangan seseorang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan rencana pendidikan sejak dini dalam rangka menyongsong masa depan yang lebih baik. 

Perencanaan pendidikan ini dapat mulai dilakukan oleh pasangan keluarga muda untuk persiapan pendidikan anak-anaknya. Ketika mulai merencanakan pendidikan, salah satu hal utama yang menjadi perhatian adalah biaya pendidikan. Untuk mengakomodir hal tersebut, maka hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengalokasikan dana untuk pendidikan. Salah satu produk keuangan yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan berbeda dengan tabungan pendidikan. Hal mendasar yang membedakan adalah skema dari produk tersebut. Tabungan pendidikan adalah produk tabungan berjangka, sedangkan asuransi pendidikan pada dasarnya adalah kombinasi antara produk tabungan dan asuransi jiwa berjangka.

Asuransi pendidikan bermanfaat untuk memberikan proteksi jika suatu saat terjadi risiko meninggal dunia atau risiko lainnya yang tidak diinginkan menimpa pencari nafkah, dalam hal ini pada umumnya adalah orangtua. Dengan asuransi pendidikan,  jika terjadi hal-hal tersebut maka seorang anak tetap dapat melanjutkan pendidikan tanpa perlu  mengkhawatirkan mengenai masalah biaya pendidikan karena telah dipenuhi dari manfaat asuransi pendidikan.

Secara umum, saat ini di Indonesia ada 2 (dua)  jenis asuransi pendidikan, yaitu asuransi dwiguna dan asuransi unit link.

1. Asuransi Pendidikan Dwiguna (endowment)

Asuransi pendidikan yang satu ini adalah produk kombinasi antara proteksi asuransi jiwa dengan instrumen pasar uang. Pihak asuransi akan memberikan jaminan biaya pendidikan anak nantinya apabila orang tua tidak dapat lagi mencari nafkah karena meninggal dunia atau cacat total sehingga tidak dapat bekerja seperti sedia kala. Besaran jumlah manfaatnya sesuai dengan kontrak yang telah disepakati antara nasabah dengan perusahaan asuransi.

2. Asuransi Pendidikan Unit Link

Asuransi pendidikan ini merupakan kombinasi antara asuransi jiwa dan produk investasi. Premi yang dibayarkan tiap bulannya tidak hanya digunakan untuk proteksi masa depan pendidikan anak, namun juga akan dikelola pada produk investasi. Keuntungan dari investasi tersebut akan dibagikan seiring dengan tahapan sekolah anak. Yang perlu menjadi perhatian lebih adalah mengenai fitur investasi yang melekat pada produk ini, dimana setiap investasi memiliki risiko yang menyertai. Meskipun terdapat peluang untuk mendapatkan imbal hasil atau keuntungan investasi yang tinggi, namun dibalik itu terdapat risiko yang tinggi pula.

Dalam memilih antara 2 (dua) jenis produk asuransi pendidikan diatas, pahami terlebih dahulu manfaat dan risiko serta sesuaikan dengan profil risiko pribadi maupun kebutuhan Sobat ya. Dengan demikian Sobat dapat memiliki produk asuransi pendidikan yang sesuai.

Untuk mengakses produk ini, Sobat dapat menghubungi perusahaan/agen asuransi pendidikan terdekat dan pastikan agen asuransi pendidikan merupakan agen perusahaan asuransi jiwa yang memiliki sertifikat keagenan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan perusahaan asuransi yang dipilih telah terdaftar dan berizin di OJK. 

Sobat dapat pula mendapatkan informasi kontak tersebut melalui aplikasi LokasiKu pada gadget kalian yang menyediakan informasi titik akses layanan keuangan terdekat berbasis teknologi geospatial  dan dapat diunduh di Apps Store maupun Google Play secara gratis.

Referensi

Susanti, A., & Ardyan, E. (2018). Tingkat pendidikan, literasi keuangan, dan perencanaan keuangan terhadap perilaku keuangan UMKM Di Surakarta. Telaah Bisnis18(1).

https://www.cermati.com/artikel/pilih-tabungan-pendidikan-atau-asuransi-pendidikan-ini-jawabannya

https://www.cermati.com/artikel/asuransi-pendidikan-terbaik-untuk-anak

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20579

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10494

https://finansial.bisnis.com/read/20201116/90/1318055/bingung-cari-bank-atau-jasa-keuangan-lain-terdekat-ojk-punya-aplikasi-lokasiku

 

Rating

Senang
100%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Asuransi Syariah
Baca selengkapnya >>
Asuransi Pertanian Sejahterakan Petani Kini dan Nanti
Baca selengkapnya >>
Jasa Raharja Lindungi Kita
Baca selengkapnya >>
ASURANSI PENDIDIKAN UNTUK KEHIDUPAN YANG CERAH DI MASA DEPAN
Baca selengkapnya >>
Tips Menghindari Penolakan Klaim Asuransi Jiwa Kredit
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Biaya Pendidikan Mahal? Siasati Dengan Asuransi Pendidikan!!
Baca selengkapnya >>
Siapkan Masa Pensiun Dengan Dana Pensiun
Baca selengkapnya >>
Teliti Sebelum Membeli! Kenali Asuransi Unit Link Dengan Seksama
Baca selengkapnya >>
Yuk Ketahui Istilah-Istilah Dalam Perasuransian