Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Kontrak Opsi Saham (KOS) > Kenali Sumber Keuntungan Berinvestasi di Pasar Modal

Share

KENALI SUMBER KEUNTUNGAN BERINVESTASI DI PASAR MODAL

Sobat Sikapi, salah satu produk pasar modal yang paling familiar di telinga masyarakat adalah saham. Sobat, sudah berinvestasi di saham belum? Atau ada rencana untuk melakukannya dalam waktu dekat? Sudah tahu belum saat berinvestasi di saham ada dua sumber keuntungan yang bisa kamu dapatkan.  

Saham secara sederhana merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Perusahaan yang sahamnya dapat dibeli di Bursa Efek Indonesia disebut Perusahaan Tercatat atau disebut dengan emiten. Dengan membeli saham suatu perusahaan, maka Sobat sudah menjadi bagian dari salah satu pemilik perusahaan tersebut. Saham merupakan salah satu produk pasar modal yang dapat menjadi alternatif pilihan sebagai instrumen investasi untuk jangka panjang.

Saham dibeli  dalam satuan yang disebut dengan lot. Satu lot saham sama dengan 100 lembar saham. Ini berarti, saat Sobat membeli 1 lot saham, Sobat sudah memiliki 100 lembar saham. Selain itu, Sobat juga bisa menjual saham yang Sobat miliki jika sewaktu-waktu membutuhkan dana atau ingin membeli saham yang lainnya.

Berinvestasi pada saham tentunya memiliki potensi untuk memberikan keuntungan bagi para investor. Terdapat dua sumber keuntungan yang bisa didapatkan oleh para investor saat berinvestasi saham, yaitu capital gain dan dividen.

Capital Gain

Capital gain merupakan selisih antara harga beli dan harga jual suatu saham. Keuntungan ini akan Sobat dapatkan jika Sobat melakukan transaksi jual beli saham yang dimiliki dimana kondisi harga beli lebih rendah dibandingkan dengan harga ketika dijual.

Contoh:

Sobat membeli saham ABCD pada harga Rp 2000 sebanyak 5 lot

Harga beli 1 lot = Rp 2.000 x 100 lembar

                               = Rp 200.000

Harga beli 5 lot = Rp 200.000 x 5

                             = Rp 1.000.000

Jadi, harga beli saham ABCD = Rp 1.000.000

Setelah 1 bulan, Sobat menjual seluruh saham ABCD yang dimiliki pada harga Rp 2.200

Harga jual 1 lot = Rp 2.200 x 100

                                 = Rp 220.000

Harga jual 5 lot = Rp 220.000 x 5 =  Rp 1.100.000

Jadi, harga jual saham ABCD = Rp 1.100.000

Capital gain = Rp 1.100.000 – Rp 1.000.000 = Rp. 100.000

Sehingga keuntungan yang Sobat dapatkan (capital gain) saat menjual saham ABCD adalah Rp 100.000 atau 10% dari modal awal yang Sobat keluarkan untuk membelinya.

Namun di sisi lain, berinvestasi saham juga memiliki risiko capital loss. Capital loss merupakan kebalikan dari capital gain. Capital loss adalah kerugian yang terjadi ketika menjual saham pada saat harganya turun atau harga jual lebih rendah dibandingkan harga ketika dibeli. Oleh karena itu, Sobat butuh kehati-hatian dan kejelian saat betransaksi saham sehingga berinvestasi pada saham kurang cocok jika dilakukan oleh investor pemula terutama yang memiliki profil risiko risk averse (menghindari risiko/konservatif).

Dividen

Dividen merupakan pendapatan perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham secara regular. Keuntungan ini akan Sobat dapatkan jika Sobat menyimpan saham dalam jangka waktu yang lama (tidak diperjual-belikan) atau memiliki saham sebelum cum date. Cum date atau singkatan dari cumulative date merupakan tanggal penentuan bagi para investor yang berhak mendapatkan dividen dari perusahaan tertentu karena memiliki saham tersebut. Pembagian dividen perusahaan berbeda-beda yaitu dapat dilakukan setiap 1 tahun sekali, 1 tahun 2 kali, atau dalam jangka waktu tertentu sesuai kebijakan perusahaan.

Bagaimana Sobat? Sudah ada bayangan untuk berinvestasi di saham? Sumber keuntungan yang mana yang ingin Sobat dapatkan?

Sumber:

https://economy.okezone.com/read/2019/10/29/278/2123047/2-keuntungan-dari-berinvestasi-di-saham-apa-saja

https://duwitmu.com/saham/saham-investasi-pemula/

https://lifepal.co.id/media/ketahui-keuntungan-dan-risiko-investasi-saham/

https://glints.com/id/lowongan/keuntungan-investasi-saham/

https://akurat.co/baru-main-saham-pahami-dulu-cum-date-ex-date-dan-recording-date

Rating

Senang
100%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%