Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Proteksi > Jenis Asuransi > Asuransi Kecelakaan Diri > Ayo Manfaatkan Proteksi Diri dengan Produk Asuransi Kecelakaan Diri

Share

AYO MANFAATKAN PROTEKSI DIRI DENGAN PRODUK ASURANSI KECELAKAAN DIRI

Kamis, 12 Agustus 2021

Tahukah Sobat, setiap aktivitas yang Sobat lakukan sehari-hari tidak terlepas dari risiko atau musibah berupa kejadian tidak terduga yang berakibat pada timbulnya risiko berupa kerugian finansial. Beberapa risiko finansial yang terjadi dapat berupa biaya perawatan di fasilitas kesehatan akibat jatuh sakit bahkan sampai tidak bisa melakukan aktifitas pekerjaan atau kehilangan tulang punggung keluarga sehingga sumber penghasilan menjadi terpengaruh. Wah risiko finansial akibat kecelakaan diri bisa sangat merugikan ya Sobat… Lalu kira-kira produk keuangan seperti apa yang bisa memproteksi Sobat dari risiko tersebut?? Memiliki asuransi kecelakaan diri bisa menjadi salah satu jawabannya agar Sobat bisa meminimalisir timbulnya risiko kerugian finansial akibat kecelakaan diri!

Asuransi kecelakaan diri merupakan suatu asuransi atau pertanggungan yang memberikan jaminan atau proteksi atas risiko kecelakaan yang menyebabkan tertanggung mengalami kematian, cacat tetap, cacat sementara, atau membutuhkan perawatan/pengobatan di fasilitas kesehatan. Asuransi ini dibutuhkan oleh siapapun agar dapat mengurangi risiko kerugian finansial yang ditimbulkan akibat suatu kecelakaan. Adapun yang dimaksud dengan risiko kecelakaan yaitu suatu kejadian atau peristiwa yang datangnya secara tiba-tiba, tidak dikehendaki atau direncanakan dan mengandung unsur kekerasan. Beberapa jenis kecelakaan yang dijamin dalam polis asuransi tersebut?

a.       Keracunan karena terhirup gas atau uap beracun, kecuali tertanggung dengan sengaja memakai obat-obat bius atau zat lain yang telah diketahui akibat-akibat buruknya termasuk juga pemakaian obat-obatan terlarang;

b.       Terjangkit virus atau kuman penyakit sebagai akibat tertanggung dengan tidak sengaja terjatuh ke dalam air atau suatu zat cair lainnya;

c.        Mati lemas atau tenggelam;

d.       Masuknya virus atau kuman penyakit ke dalam luka yang diderita sebagai akibat dari suatu kecelakaan yang dijamin polis;

e.       Komplikasi atau bertambah parahnya penyakit yang disebabkan oleh suatu kecelakaan yang dijamin dalam polis, selama dalam perawatan atau pengobatan yang dilakukan oleh dokter.

Terdapat kecelakaan yang dikecualikan dalam polis asuransi kecelakaan diri misalnya kecelakaan lalu lintas udara dan pekerjaan dinas militer, polis ini biasanya bergantung pada ketentuan masing-masing perusahaan asuransi. Sebagai alternatif, konsumen dapat menggunakan asuransi kecelakaan lalu lintas untuk proteksi diri dari kecelakaan lalu lintas atau asuransi kerja untuk proteksi diri terhadap kecelakaan kerja. Asuransi Jasa Raharja merupakan salah satu pengelola produk asuransi kecelakaan lalu lintas bagi penumpang baik angkutan umum, kendaraan pribadi, maupun pejalan kaki. Sementara itu, BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu penyelenggara asuransi kecelakaan tenaga kerja di Indonesia.

Apa saja jenis jaminan yang ditanggung dalam asuransi kecelakaan diri?

  1. Kematian (Death) sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin dalam polis.

Manfaat berupa uang pertanggungan dapat diterima ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia dalam batas waktu dua belas bulan sejak terjadinya kecelakaan, atau hilang dan tidak diketemukan dalam waktu sekurang-kurangnya 60 hari sejak terjadinya kecelakaan. Manfaat yang dibayarkan sebesar 100% dari nilai pertanggungan kepada ahli warisnya (beneficiary).

  1. Cacat Tetap (Permanent Disablement)

Cacat Tetap Keseluruhan (Total Permanent Disablement) merupakan bentuk disfungsi anggota tubuh secara tetap/permanen, mencakup beberapa bagian tubuh seperti mata, lengan, atau kaki. Sementara itu Cacat Tetap Sebagian (Partial Permanent Disablement) merupakan cacat secara tetap/permanen pada sebagian anggota tubuh (seperti jari-jari tangan, tangan, dan kaki). Ketentuan lebih lanjut mengenai kategori cacat tetap dan besaran jaminan manfaat yang dibayarkan sebagai akibat kecelakaan diatur dalam polis masing-masing perusahaan penyelenggara asuransi.

Jika kecelakaan diri mengakibatkan perawatan dan menimbulkan biaya pengobatan, maka jaminan manfaat yang dibayarkan berupa penggantian atas biaya-biaya perawatan atau pengobatan sebagaimana dijamin pada polis. Pembayaran jaminan ini berdasarkan kuitansi asli yang dikeluarkan oleh penyelenggara fasilitas kesehatan seperti dokter atau rumah sakit yang melaksanakan perawatan atau pengobatan tersebut. Dengan demikian, pengobatan melalui dukun atau pengobatan alternatif yang tidak mempunyai izin praktek dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan klaim pergantian biaya oleh penanggung dalam hal ini perusahaan asuransi.

Itulah penjelasan singkat mengenai produk asuransi kecelakaan diri. Untuk dapat mengakses asuransi kecelakaan diri, Sobat dapat membeli polis asuransi dari perusahaan asuransi secara digital atau melalui kantor cabang perusahaan tersebut. Sebelum memilih produk asuransi pastikan produk yang dipilih telah sesuai dengan kebutuhan serta pilih perusahaan asuransi yang berizin dan diawasi oleh OJK. Jangan lupa baca terlebih dahulu dan pahami isi polis dan ketentuan yang berlaku sebelum ditandatangani ya Sobat! Yuk miliki asuransi kecelakaan diri, agar hidup menjadi lebih aman, nyaman dan terproteksi!

 

Referensi:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/images/FileDownload/455_asuransi%203%20%205%20asuransi%20kecelakaan_2018_small.pdf

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/LiterasiPerguruanTinggi/book/book4/reader.html

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Asuransi Syariah
Baca selengkapnya >>
Asuransi Pertanian Sejahterakan Petani Kini dan Nanti
Baca selengkapnya >>
Yuk, Simak Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Kamu Ketahui!
Baca selengkapnya >>
Jasa Raharja Lindungi Kita
Baca selengkapnya >>
Tips Menghindari Penolakan Klaim Asuransi Jiwa Kredit
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Tenang dan Senang di Masa Tua Berkat Program Pensiun
Baca selengkapnya >>
Miliki Asuransi Untuk Melindungi Rumah Tercinta
Baca selengkapnya >>
Ingin Mengajukan Klaim Asuransi? Yuk Pahami Dulu Tahapannya
Baca selengkapnya >>
Ayo Manfaatkan Proteksi Diri dengan Produk Asuransi Kecelakaan Diri
Baca selengkapnya >>
Pahami Perjanjian Pembiayaannya, Hindari Wanprestasi..!!
Baca selengkapnya >>