Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Tabungan > Ayo Menabung! Wujudkan Merdeka Finansial

Share

AYO MENABUNG! WUJUDKAN MERDEKA FINANSIAL



Sebagai generasi penerus bangsa, Kita sudah sepatutnya bersyukur karena telah terbebas dari penjajahan bangsa asing dan berdiri sebagai negara yang merdeka serta berdaulat. Nah, dalam kehidupan sehari-hari, apakah Sobat benar-benar sudah merasakan arti dari merdeka itu sendiri? Misalnya, merdeka secara finansial seperti terbebas dari kondisi untuk membayar beban cicilan utang. Merdeka finansial ini tidak hanya sebatas diartikan sebagai suatu kondisi dimana kita memiliki harta dan aset yang banyak, namun Sobat dapat dikatakan merdeka finansial ketika mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan mewujudkan sesuatu yang diinginkan secara mandiri dengan kondisi keuangannya. Kebutuhan tersebut bentuknya sangat beragam, mulai dari kebutuhan jangka panjang seperti dana pensiun dan dana pendidikan atau bahkan kebutuhan jangka pendek seperti membeli pakaian atau gadget. Beberapa orang mungkin memiliki dana tunai untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan, namun jika tidak memiliki dana secara berkecukupan, lalu apa yang harus dilakukan? Untuk itu Sobat perlu menabung untuk mempersiapkan dana yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan saat ini maupun di masa yang akan datang, sehingga ketergantungan terhadap utang dapat dikurangi.

Nah berikut ini adalah beberapa upaya untuk meraih merdeka finansial yang dapat Sobat capai dengan menabung:

1.     Menabung untuk memenuhi self love

Pernahkah Sobat ingin mengoleksi barang hobi atau melakukan travelling untuk menyenangkan diri sendiri? Kalo kata milenial sih hal tersebut merupakan bagian dari self love. Tentunya setelah bekerja keras kita sering kali memiliki keinginan untuk menghargai diri sendiri atau istilah lainnya self love, lalu apa yang harus dilakukan jika keuangan yang dimiliki Sobat hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Sobat perlu menabung dengan cara menyisihkan uang secara konsisten agar dana untuk self love bisa tercapai, sehingga tidak perlu mengganggu pos kebutuhan hidup lainnya.

2.     Menabung dana darurat untuk kebutuhan mendesak

Sobat Sikapi, kondisi pandemi yang tidak menentu dan banyak menyebabkan gelombang PHK membuat kita tersadar akan pentingnya memiliki dana darurat untuk memenuhi kebutuhan mendesak yang datangnya tidak dapat kita duga. Sobat wajib memiliki dana darurat minimal 3x dari jumlah pengeluaran Sobat per bulan dan ditempatkan pada produk keuangan yang mudah dicairkan (likuid) seperti deposito atau reksa dana pasar uang.

3.     Menabung untuk mewujudkan pendidikan idaman

Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi setiap umat manusia, akan tetapi proses pendidikan itu sendiri diraih dengan biaya yang tidak sedikit bahkan dari tahun ke tahun memiliki kecenderungan selalu meningkat. Oleh karena itu, dana pendidikan perlu diperhitungkan dan dipersiapkan sejak jauh hari misalnya dengan memanfaatkan produk asuransi pendidikan maka produk keuangan lainnya seperti tabungan emas, reksa dana pendapatan tetap, atau obligasi.

4.     Menabung untuk mewujudkan hidup tenteram di masa pensiun

Untuk dapat hidup tenteram tanpa rasa khawatir di masa pensiun (hari tua) Sobat, maka perlu untuk menyiapkannya sejak dini. Dengan memiliki dana pensiun, tentunya seseorang dapat menjaga kesinambungan sumber penghasilan di masa pensiun (hari tua) melalui manfaat pensiun. Memiliki dana pensiun merupakan salah satu upaya untuk menjalani usia tua dengan lebih mandiri secara finansial dan dapat memutus situasi sandwich generation, yaitu kondisi dimana generasi orang dewasa yang harus menanggung hidup 3 generasi sekaligus yaitu orang tuanya, diri sendiri dan anak-anaknya.  

 

Itulah beberapa upaya untuk meraih merdeka finansial yang dapat diwujudkan melalui menabung. Lalu apa saja tips menabung dalam mencapai merdeka finansial?

1.     Tentukan tujuan keuangan dan jangka waktu menabung;

2.     Buatlah skala prioritas yang akan dicapai terlebih dahulu berdasarkan tujuan keuangannya;

3.     Sisihkan bukan sisakan! Alokasikan dana untuk menabung secara konsisten;

4.     Pilihlah produk keuangan yang tepat sesuai dengan jangka waktunya dan profil risiko Sobat; dan

5.     Pastikan produk keuangan yang akan digunakan berasal dari lembaga keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Tentunya banyak sekali keinginan dan kebutuhan hidup yang dapat Sobat capai dengan menabung. Jadi tunggu apalagi? Mari kita sambut Hari Indonesia Menabung dengan menumbuhkan kembali budaya menabung untuk mencapai merdeka finansial!


Referensi:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10456

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10428

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10482

Rating

Senang
8%
Puas
0%
Menginspirasi
8%
Tidak Peduli
83%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Mengenal Jenis-jenis Suku Bunga Bank
Baca selengkapnya >>
Jenis Simpanan di Bank dan Berbagai Keuntungannya
Baca selengkapnya >>
Cara Menghitung Bunga Deposito