Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Investasi Syariah > Investasi Kekinian: Mudah, Menguntungkan, dan Bermanfaat

Share

INVESTASI KEKINIAN: MUDAH, MENGUNTUNGKAN, DAN BERMANFAAT

Artikel: Kamis, 21 Oktober 2021

 

Per September 2021, jumlah investor di Pasar Modal Indonesia telah mencapai lebih dari 6,1 juta investor. Kalau dilihat dari rentang usianya, para investor ini didominasi oleh kaum milenial dengan usia 30 tahun ke bawah. Bagi sebagian kaum milenial, berinvestasi telah menjadi gaya hidup yang dianggap kekinian. Fenomena ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi infomasi, sehingga ketika Sobat ingin memulai berinvestasi dapat dilakukan dengan sangat mudah hanya melalui gadget tanpa perlu mendatangi kantor cabang. Selain kemudahan dalam mengakses produk investasi di Pasar Modal, Sobat juga memiliki banyak pilihan produk yang tidak hanya menawarkan keuntungan secara finansial namun juga memberikan manfaat terhadap kehidupan sosial bahkan lingkungan.

Saat ini, Sobat dapat melakukan investasi secara online dengan memanfaatkan fitur yang tersedia pada platform digital yang terpercaya.  Jangan lupa, pastikan platform tersebut telah terdaftar dan berizin dari OJK. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari berinvestasi secara online:

1.     Praktis, mudah, dan lebih menghemat waktu

Dengan memanfaatkan platform digital, tentunya Sobat tidak perlu repot mengunjungi kantor perusahaan sekuritas atau bank untuk membuka rekening investasi berupa saham atau reksa dana. Selain praktis, hal ini tentu sangat memudahkan dan menghemat waktu.

2.     Tidak butuh modal besar

Siapa bilang investasi butuh modal besar? Untuk investasi online, tak perlu khawatir. Saat ini, modal investasi online sangat terjangkau. Sobat dapat mulai membuka rekening saham atau reksa dana, bahkan pada beberapa penyedia platform investasi di pasar modal dapat membeli reksa dana mulai dari Rp 10 ribu saja!

3.     Informasi lebih jelas, transparan, dan dapat dicek secara berkala

Melalui platform digital, Sobat dapat mengecek kondisi dan pergerakan kinerja investasi secara real time.

 

Sedangkan dari sisi pilihan produk, Sobat memiliki alternatif untuk menggunakan produk green investment. Green investment atau investasi hijau merupakan investasi yang fokus pada aspek-aspek lingkungan (environment), sosial (social) dan tata kelola yang baik (governance) yang tujuannya menjaga kelangsungan perekonomian dan kehidupan di muka bumi. Dengan demikian, investasi hijau telah mematahkan mitos bahwa investasi hanya mencari manfaat ekonomi, faktanya dengan berinvestasi Sobat juga dapat turut serta memberikan manfaat bagi kehidupan sosial dan lingkungan.

Salah satu produk investasi hijau yang dapat dipilih oleh investor pemula adalah obligasi hijau atau disebut juga sebagai green bonds. Obligasi hijau adalah surat berharga yang dana hasil penerbitannya digunakan untuk membiayai atau membiayai ulang kegiatan usaha berwawasan lingkungan atau kegiatan yang bertujuan melindungi, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas atau fungsi lingkungan hidup. Selain produk berupa obligasi hijau, Bursa Efek Indonesia (BEI) juga telah mengeluarkan Indeks SRI KEHATI, yaitu indeks yang mengukur kinerja harga saham dari 25 perusahaan yang tercat memiliki kinerja yang baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI). Sobat dapat menjadikan indeks ini sebagai acuan jika ingin berinvestasi pada saham-saham yang memiliki predikat hijau. Cek daftar saham-saham yang masuk kategori hijau dengan mengakses pada link berikut: https://www.idx.co.id/data-pasar/data-saham/indeks-saham/

 

 

Nah itulah penjelasan mengenai investasi kekinian yang ramah lingkungan dan dapat Sobat manfaatkan. Jangan ragu untuk mulai berinvestasi karena memberikan manfaat seperti:

1.     Investasi dapat dilakukan secara online, yang mudah dan dapat dimulai dengan jumlah uang yang terjangkau.

2.     Investasi tidak hanya membawa keuntungan alias cuan, tapi juga bermanfaat bagi kehidupan sosial dan lingkungan jika menempatkan dananya pada produk investasi hijau.

Yuk tunggu apa lagi? Mari Kita mulai berinvestasi dan jadilah generasi milenial yang dan berkontribusi pada kehidupan yang berkelanjutan melalui investasi hijau!

 

 

Referensi:

https://www.cermati.com/artikel/investasi-online-cara-menghasilkan-uang-buat-kaum-rebahan

https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/investasi/panduan-investasi-online-terbaik/

https://www.idx.co.id/produk/indeks/

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v