Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Simpanan Mahasiswa & Pemuda (SiMuda) > Generasi Muda Wujudkan Merdeka Finansial

Share

GENERASI MUDA WUJUDKAN MERDEKA FINANSIAL

Artikel: Kamis, 28 Oktober 2021

Judul: Generasi Muda Wujudkan Merdeka Finansial

 

Masa muda merupakan suatu periode dimana manusia memasuki usia produktif dan memiliki penghasilan yaitu baik bekerja sebagai karyawan atau menjadi wiraswasta. Akan tetapi usia produktif tersebut tentunya tidak akan bertahan lama, karena akan ada masa dimana seorang manusia sudah tidak produktif karena faktor usia yang memasuki usia tua atau pensiun bekerja. Oleh karena itu, selagi kita masih pada usia produktif maka sudah seharusnya merencanakan dan mengelola uang dengan baik sehingga dikemudian hari kita mampu mencapai merdeka finansial. Ingat ya Sobat, dalam setiap aktivitasnya, setiap manusia akan menghadapi berbagai pilihan yang membutuhkan keputusan dan umumnya akan berdampak pada kondisi finansial. Merdeka finansial tentunya tujuan dari setiap orang, dimana seseorang memiliki mimpi untuk hidup dengan keadaan yang serba berkecukupan dan tidak khawatir/takut karena kekurangan uang serta tidak memiliki beban untuk membayar kewajiban cicilan mengingat sudah tidak memiliki utang. Jika Sobat muda memiliki mimpi untuk mencapai merdeka finansial, maka berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sejak dini pada usia produktif yaitu:

 

1.     Menabung

Menyisihkan uang dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek maupun mempersiapkan dana darurat.

2.     Berinvestasi padap produk keuangan

Mengembangkan sejumlah uang yang dimiliki dengan menempatkan pada instrumen investasi agar mendapatkan keuntungan atau imbal hasil.

3.     Memanfaatkan asuransi

Membeli polis asuransi untuk mengurangi kerugian finansial akibat timbulnya suatu risiko. Berbeda dengan menabung dan berinvestasi, uang yang sudah dibayarkan dalam bentuk premi untuk berasuransi tidak dapat diambil kembali, perlu diingat bahwa biaya ganti rugi dari perusahaan asuransi hanya dapat dilakukan sesuai dengan isi polis asuransi.

4.     Menambah penghasilan

Menambah penghasilan dapat dilakukan dengan membuka usaha baru maupun melakukan kerja sampingan atau yang biasa disebut side hustle. Tentunya hal ini membutuhkan komitmen yang kuat karena akan berdampak pada aktivitas rutin menjadi lebih banyak dari biasanya.

5.     Investasi ‘leher ke atas’

Selain berinvestasi pada produk keuangan, Sobat juga perlu investasi ‘leher ke atas’ atau berinvestasi pada keterampilan diri sendiri, misalnya dengan mengambil kursus bahasa atau mengambil sertifikasi yang tujuannya untuk meningkatkan keterampilan agar dapat menambah nilai lebih sehingga akan berdampak pada meningkatnya pendapatan di masa depan.

 

Selain itu Sobat dapat memanfaatkan produk keuangan SiMUDA yaitu produk keuangan yang diperuntukan bagi anak muda kelompok usia 18- 30 tahun. Kehadiran SiMUDA memberikan akses keuangan yang mudah dijangkau, biaya ringan, dan fitur yang menarik bagi mahasiswa dan pemuda. SiMUDA ini cocok banget buat kamu para Milenial atau Sobat Sikapi yang baru lulus dari bangku sekolah untuk merencanakan masa depan. Berikut adalah beberapa produk SiMUDA yang dapat Sobat miliki:

1.     SiMUDA InvestasiKu

SiMuda InvestasiKu adalah tabungan rencana yang memiliki fitur berinvestasi di reksa dana secara berkala dan pastinya dilindungi dengan proteksi asuransi.

2.     SiMUDA EmasKu

SiMUDA EmasKu memudahkan para anak muda untuk memiliki emas melalui skema pembiayaan dengan menggunakan akad murabahah (jual beli).

3.     SiMUDA RumahKu

SiMUDA RumahKu hadir untuk memudahkan kita dalam mengangsur uang muka KPR (DP KPR). Setoran rutin bulanan yang ringan mulai dari minimal Rp100.000 dan tidak ada biaya administrasi akan sangat membantu Sobat Sikapi yang ingin mempunyai rumah impian di masa depan.

 

Sebagai generasi muda, Sobat juga dapat mencontoh perilaku mengatur keuangan ala tokoh sukses diantaranya sebagai berikut:

·       Seringkali kegagalan seseorang dalam mengatur keuangan pribadi dikarenakan lebih mengedepankan keinginan dibanding kebutuhan atau besar pasak daripada tiang. Investor kenamaan asal Amerika Serikat, Warren Buffett, mengatakan bahwa dia hanya membeli sesuatu yang disenangi jika pasar yang menjualnya tutup selama 10 tahun.

·       Tidak ada kata terlalu dini untuk berinvestasi. Carlos Slim, merupakan miliader asal Meksiko yang sudah berinvestasi sejak dirinya masih kecil. Bayangkan saja, pada umur sebelas tahun, pria asal Meksiko ini telah menanamkan uang di sebuah obligasi milik pemerintah di negaranya. Lalu, setahun berselang, Slim membeli saham pertamanya.

·       Salah seorang pebisnis Indonesia yang dikenal sebagai si anak singkong, yaitu Chairul Tanjung memiliki tips mengelola keuangan dengan cara disiplin mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan, serta rutin memutar uang dengan berinvestasi dan berbisnis.

 

Itulah beberapa tips yang dapat Sobat lakukan agar Sobat muda dapat menjadi generasi merdeka finansial. Yuk mulai rencanakan keuangan dan manfaatkan produk keuangan untuk membantu Sobat mencapai merdeka finansial. Jangan lupa untuk menggunakan produk keuangan dari lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan berizin dari OJK!

 

Referensi:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10493

https://akurat.co/dari-warrent-buffett-hingga-jack-ma-ikuti-cara-atur-keuangan-versi-orang-sukses

https://blog.unitedtronik.co.id/tips-mengelola-keuangan-untuk-bisnis-sukses-ala-chairul-tanjung/

Rating

Senang
50%
Puas
0%
Menginspirasi
50%
Tidak Peduli
0%