Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Keuanganku > Mengelola Keuanganku > Apa Itu Rencana Keuangan? > OJK telah meluncurkan Infastruktur Literasi Keuangan di Penghujung tahun 2021, apa saja itu? Yuk berkenalan, dan manfaatkan layananannya secara gratis!!

Share

OJK TELAH MELUNCURKAN INFASTRUKTUR LITERASI KEUANGAN DI PENGHUJUNG TAHUN 2021, APA SAJA ITU? YUK BERKENALAN, DAN MANFAATKAN LAYANANANNYA SECARA GRATIS!!

Artikel: Kamis, 16 Desember 2021

 

Sobat, pemahaman terhadap aspek finansial telah menjadi kebutuhan esensial setiap individu manusia saat ini. Oleh karena itu, penting bagi kaum muda maupun masyarakat dari berbagai lapisan, untuk memahami bagaimana prinsip-prinsip pengelolaan keuangan serta pemanfaatan produk dan layanan jasa keuangan. Dalam rangka mendorong upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia agar mampu sejahtera finansial, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di penghujung tahun 2021 telah meluncurkan Learning Management System (LMS) Edukasi Keuangan, Buku Saku Literasi Keuangan bagi Calon Pengantin, dan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025. Ketiga program tersebut merupakan sarana penguatan infrastruktur edukasi keuangan yang dilakukan oleh OJK bersama Kementerian/Lembaga, Industri Jasa Keuangan serta Stakeholders terkait lainnya.

 

Apa saja yang bisa Sobat manfaatkan dari ketiga infrastruktur tersebut?

 

            Yang pertama adalah LMS Edukasi Keuangan, yaitu suatu sistem pembelajaran dan pelatihan yang mandiri dan terintegrasi terkait edukasi dan literasi keuangan. Pengembangan LMS Edukasi Keuangan merupakan inisiatif dari OJK untuk menerapkan metode pembelajaran materi literasi keuangan yang bersifat Massive Open Online Course (MOOC) yaitu pembelajaran masal secara online dalam periode waktu tertentu yang dapat diakses dari mana saja sepanjang terhubung dengan jaringan internet. Materi pembelajaran pada LMS Edukasi Keuangan dapat dimanfaatkan seluruh kelompok masyarakat dan terbagi menjadi 3 tingkatan level, yaitu basic, intermediate, dan advanced. Masing masing level terdiri dari 10 (sepuluh) modul yaitu Pengenalan OJK dan Waspada Investasi Ilegal, Perencanaan Keuangan, Perbankan, Pasar Modal, Asuransi, Lembaga Pembiayaan, Dana Pensiun, Pergadaian, Financial Technology dan Digital Financial Literacy. Nah jika Sobat ingin mengakses LMS OJK dapat melalui https://elearning.ojk.go.id.

 

Selanjutnya adalah Buku Saku Cerdas Mengelola Keuangan bagi Calon Pengantin. Buku saku ini dapat menjadi panduan bagi para calon pengantin untuk menambah wawasan tentang pengelolaan keuangan yang sederhana, mengenal produk dan layanan jasa keuangan yang dibutuhkan oleh keluarga, serta memahami aspek perlindungan konsumen jasa keuangan. Buku ini sangat cocok bagi Sobat yang sudah menikah atau sedang mempersiapkan diri untuk menikah. Ukuran buku yang sangat nyaman di genggam ini berukuran 16 cm x 10 cm sehingga dapat disimpan pada saku baju untuk menemani aktivitas sehari-hari. Desain layout dan materinya disusun dengan kombinasi warna maupun ilustrasi yang menarik sehingga akan membuat siapa saja menjadi betah berlama-lama ketika membacanya. Nah buat Sobat yang ingin membaca Buku Saku Cerdas Mengelola Keuangan bagi Calon Pengantin, versi e-book dapat diakses secara gratis melalui sikapiuangmu.ojk.go.id atau unduh melalui https://bit.ly/BukuCalonPengantin.

 

Dan yang terakhir adalah Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025 yaitu pedoman bagi OJK, lembaga jasa keuangan maupun stakeholders terkait dalam mengimplementasikan program literasi dan inklusi keuangan pada 5 (lima) tahun mendatang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. SNLKI ini. Juga dapat dimanfaatkan oleh para akademisi yang sedang melakukan penelitian dalam lingkup literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

 

Itulah Infrastruktur Literasi Keuangan yang telah diluncurkan OJK pada penghujung tahun 2021, nah Sobat bisa manfaatkan secara gratis lho! Yuk manfaatkan dan ajak Sobat lainnya untuk ikut memanfaatkan LMS edukasi keuangan dan membaca Buku Saku Calon Pengantin, dan SNLKI 2021-2025.

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Artikel Terpopuler

Perusahaan Modal Ventura
Baca selengkapnya >>
Apa itu Kredit dan Pembiayaan
Baca selengkapnya >>
Asuransi Penjaminan (Surety Bond)
Baca selengkapnya >>
Perusahaan Efek
Baca selengkapnya >>
Tentang Industri Jasa Keuangan
Baca selengkapnya >>

Artikel Terbaru

OJK telah meluncurkan Infastruktur Literasi Keuangan di Penghujung tahun 2021, apa saja itu? Yuk berkenalan, dan manfaatkan layananannya secara gratis!!
Baca selengkapnya >>
IKUTI KOMPETISI INKLUSI KEUANGAN KOINKU 2020
Baca selengkapnya >>
Berkenalan dengan Perusahaan Sekuritas dan Manajer Investasi
Baca selengkapnya >>
MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN BANK WAKAF MIKRO
Baca selengkapnya >>
Ingin Berinvestasi? Pahami Risikonya, Dapatkan Keuntungannya
Baca selengkapnya >>