Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Mengelola Keuanganku > Mengapa Diperlukan Perencanaan Keuangan > Sudah siapkah Sobat untuk memulai tahun 2022?

Share

SUDAH SIAPKAH SOBAT UNTUK MEMULAI TAHUN 2022?

Artikel: Kamis, 30 Desember 2021

Salah satu hal yang paling menyenangkan untuk menutup akhir tahun adalah dengan berlibur. Apalagi setelah satu tahun bekerja keras dan mengumpulkan cuti maupun bonus untuk membiayai liburan. Sayangnya beberapa kelompok masyarakat harus menunda rencana berliburnya karena pemberlakukan kebijakan pemerintah yang menghapus cuti bersama Natal dan Tahun Baru dalam rangka pengendalian kasus COVID-19. Selain itu beberapa perusahaan bahkan menerapkan kebijakan larangan kepada karyawannya untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Alhasil impian untuk pergi berlibur atau traveling saat akhir tahun harus pupus.

Agar dana liburan yang telah ditabung tidak menjadi sia-sia, maka Sobat dapat memanfaatkan dana tersebut untuk diinvestasikan pada produk keuangan dari lembaga jasa keuangan agar mendapatkan imbal hasil yang menarik. Dengan harapan keuntungan dari investasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk berlibur atau membeli kebutuhan di masa yang akan datang. Apa saja instrumen investasi yang dapat Sobat manfaatkan? Sobat bisa memanfaatkan instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko dan jangka waktu berinvestasi. Beberapa instrumen investasi yang dapat dimanfaatkan adalah membuka tabungan emas, obligasi, deposito, sebagai lender pada fintech peer to peer lending, sukuk dan instrumen pasar modal seperti reksa dana dan saham. Jangan lupa dengan prinsip 2L sebelum berinvestasi! L yang pertama adalah Legal, yaitu memanfaatkan produk investasi dari lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan berizin dari OJK maupun lembaga terkait. Lalu L yang kedua adalah Logis, yaitu keuntungan yang ditawarkan masuk akal. Hati-hati jika mendapatkan tawaran investasi yang menawarkan keuntungan secara pasti, bisa jadi itu merupakan investasi bodong yang ditawarkan oknum tidak bertanggungjawab.

Selain berinvestasi, Sobat juga dapat menutup akhir tahun dengan melunasi tagihan atau cicilan yang Sobat miliki. Jangan sampai nih tumpukan utang 2021 masih terbawa ke tahun baru, karena jika mengalami gagal bayar dan cicilan macet bisa membuat skor merah dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Berikut adalah beberapa tips yang dapat dimanfaatkan oleh Sobat untuk melunasi utang:

1. Melakukan rekapitulasi jumlah utang berdasarkan tanggal jatuh tempo dan nilai bunga/denda

2. Membuat skala prioritas dengan melunasi utang dari yang paling dekat tanggal jatuh temponya, dan memiliki bunga atau denda paling besar untuk menghindari utang semakin bertambah

3. Gunakan tabungan atau gadai barang untuk menambah uang pelunasan

4. Hindari gali lubang tutup lubang!

 

Setelah melunasi utang di tahun 2021 dan memanfaatkan bonus akhir tahun untuk berinvestasi, kini saatnya merencanakan tahun baru yang lebih baik dengan membuat resolusi. Sobat bisa merencanakan impian dan target yang ingin Sobat capai, dan jangan lupa merencanakan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya Sobat memiliki resolusi untuk membeli rumah, Sobat dapat memanfaatkan produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan Sobat seperti menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Apapun tujuan finansialnya, Sobat dapat memanfaatkan produk keuangan yang terdaftar dan berizin dari OJK untuk mencapai resolusi di tahun 2022. Jadi tunggu apalagi yuk sambut tahun 2022 dengan resolusi keuangan yang lebih baik!

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
100%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menjadi Millenial yang Cerdas Keuangan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Sudah siapkah Sobat untuk memulai tahun 2022?
Baca selengkapnya >>
Produk Keuangan untuk Setiap Tangga Kehidupan
Baca selengkapnya >>
Jangan Sampai Tergoda Belanja karena Lapar Mata? Itu Namanya Pembelian Impulsif
Baca selengkapnya >>
Satu Dasawarsa OJK Mengabdi untuk Negeri melalui Edukasi dan Perlindungan Konsumen
Baca selengkapnya >>
Jangan Jadi Generasi Sandwich
Baca selengkapnya >>