Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Deposito > Cari Cuan dari Deposito Bank, Aman dan Terjamin

Share

CARI CUAN DARI DEPOSITO BANK, AMAN DAN TERJAMIN

Artikel: Kamis, 3 Februari 2022


Salah satu teladan dari orang Tionghoa adalah kegigihan dalam berbisnis dan hidup hemat. Berikut adalah teladan orang Tionghoa yang bisa Sobat tiru dalam melakukan perencanaan keuangan.

Pertama adalah disiplin dalam mengelola keuangan seperti mengatur pos pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan yang dimiliki. Sehingga Sobat dapat mengurangi kebiasaan berutang, apalagi utang untuk kebutuhan konsumtif. Agar disiplin dalam merencanakan keuangan Sobat perlu melakukan pencatatan keuangan. Apalagi saat ini banyak sekali lho, aplikasi digital pencatatan keuangan yang dapat Sobat manfaatkan.

Selanjutnya adalah menyisihkan pendapatan yang dimiliki untuk membangun bisnis agar mendapatkan keuntungan. Jika tidak disisihkan sejak awal, uang dapat habis begitu saja hanya untuk memenuhi gaya hidup yang konsumtif. Padahal jika kita mampu mengelola keuangan dengan baik, uang tersebut dapat menambah keuntungan lho. Caranya bagaimana? Orang Tionghoa terbiasa menyisihkan uang yang dimiliki untuk modal berbisnis, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Usaha yang kecil bisa menjadi besar dan memberikan keuntungan jika dikelola dengan gigih. Sama dengan berbisnis Sobat juga akan mendapatkan keuntungan jika membangun kebiasaan menyisihkan pendapatan yang dimiliki. Sobat dapat memanfaatkan produk keuangan sebagai alternatif untuk memutar uang yang dimiliki.

Prinsipnya tetap sama, yaitu menyisihkan uang. Perbedaannya adalah Sobat menyisihkan uang untuk ditempatkan pada instrumen investasi baik dari pasar modal maupun perbankan. Instrumen investasi pasar modal diantaranya adalah saham, reksa dana, dan obligasi. Selain itu, Sobat juga dapat berinvestasi di sektor perbankan dengan memanfaatkan deposito dan tabungan emas. Sebelum berinvestasi, pastikan Sobat memahami profil risiko Sobat dan berinvestasi di lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan berizin dari OJK!

Salah satu instrumen simpanan yang juga dapat menjadi instrumen investasi yang aman bagi pemula adalah deposito dari bank. Mengapa memanfaatkan deposito? Karena selain memperoleh keuntungan berupa bunga, deposito merupakan surat berharga yang dapat dijadikan sebagai agunan untuk pengajuan kredit atau pembiayaan. Selain itu, deposito hanya dapat dicairkan pada masa jatuh tempo dan terdapat biaya pinalti jika dicairkan sebelum jatuh tempo. Hal ini dapat memotivasi Sobat untuk membuat perencanaan keuangan agar deposito tidak perlu dicairkan sebelum jatuh tempo, dan yang paling penting adalah deposito aman karena dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Namun, perlu diperhatikan untuk bank konvensional, LPS hanya menjamin deposito dengan suku bunga yang tidak melebihi suku bunga penjaminan LPS.

Itulah penjelasan singkat mengenai deposito, Sobat bisa meledani perilaku berhemat ala orang Tionghoa dan mulai berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan.

Sumber:

https://www.cermati.com/artikel/resep-kaya-raya-ala-orang-tionghoa-yang-bisa-kamu-terapkan

Materi LMS Basic Modul Perbankan

Rating

Senang
10%
Puas
3%
Menginspirasi
77%
Tidak Peduli
10%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Mengenal Jenis-jenis Suku Bunga Bank
Baca selengkapnya >>
Jenis Simpanan di Bank dan Berbagai Keuntungannya
Baca selengkapnya >>
Yuk! Ketahui Perkembangan Layanan Perbankan di Era Serba Digital
Baca selengkapnya >>
Cara Menghitung Bunga Deposito
Baca selengkapnya >>
Menabung Simpel Untuk Pelajar
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Pakai Giro untuk Transaksi Keuangan yang Cepat dan Aman
Baca selengkapnya >>
Cari Cuan dari Deposito Bank, Aman dan Terjamin
Baca selengkapnya >>
Generasi Muda Wujudkan Merdeka Finansial
Baca selengkapnya >>
Ayo Menabung! Wujudkan Merdeka Finansial
Baca selengkapnya >>
Digital Banking: Permudah Akses Layanan Perbankan di Masa Pandemi
Baca selengkapnya >>