Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Investasi Syariah > Investasi Aman, Dikelola oleh Manajer Investasi

Share

INVESTASI AMAN, DIKELOLA OLEH MANAJER INVESTASI

Artikel: Kamis, 17 Maret 2022


Tahukah Sobat? Untuk berinvestasi di Pasar Modal, Sobat dapat memanfaatkan jasa Manajer Investasi. Jangan sembarang menyerahkan dana investasi Sobat ke tangan influencer atau teman lama yang menjanjikan cuan. Pastikan dana investasi Sobat dikelola oleh pihak yang tepat, yaitu pihak yang telah mendapat izin dari regulator seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satunya, Sobat dapat memanfaatkan Manajer Investasi. Manajer Investasi adalah pihak yang telah mendapat izin dari OJK sebagai pengelola portofolio efek, portofolio investasi kolektif atau kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan Pengawas Pasar Modal (PPM). Untuk penjelasan mengenai tugas Manajer Investasi, Sobat bisa cek di artikel Sikapiuangmu berikut!

Lalu bagaimana penerapan peran Manajer Investasi? Contoh peran Manajer Investasi adalah ketika Sobat membeli produk investasi berupa reksa dana, Manajer Investasi akan mengelola dana Sobat dan membuat keputusan investasi. Dalam membuat keputusan investasi, Manajer Investasi akan melakukan analisis secara rasional dengan mempertimbangan profil risiko dan kebutuhan nasabah. Untuk itu Manajer Investasi tidak akan sembarang menempatkan dana investasi Sobat, dan tentunya instrumen yang dimanfaatkan adalah produk yang terdaftar dan diawasi oleh OJK!

Orang-orang yang bekerja pada manajer investasi, khususnya di bagian pengelolaan investasi harus memegang sertifikasi profesi Wakil Manajer Investasi (WMI). Untuk itu, Sobat tidak perlu khawatir, karena dana investasi Sobat akan dikelola secara profesional dan dengan menjunjung tinggi kode etik. Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 43 /POJK.04/2015 tentang Pedoman Perilaku Manajer Investasi, dalam menjalankan usahanya, Manajer Investasi wajib menerapkan prinsip: integritas, profesionalisme, mengutamakan kepentingan Nasabah, pengawasan dan pengendalian, kecukupan sumber daya, perlindungan aset Nasabah, keterbukaan informasi, benturan kepentingan dan kepatuhan.

Manajer Investasi juga dilarang untuk menjanjikan keuntungan atau hasil investasi secara pasti tanpa risiko. Sewajarnya dalam berinvestasi selalu ada peluang untung dan juga risiko yang menyertai. Untuk itu, seorang Manajer Investasi diharuskan menyampaikan informasi secara benar, tidak menyesatkan, dan sesuai peraturan perundang-undangan di sektor Pasar Modal yang mengatur mengenai pedoman iklan Reksa Dana.

Ketika mendapatkan kepercayaan dari nasabah, Manajer Investasi harus melakukan transaksi yang sesuai dengan kontrak investasi dan dilakukan untuk kepentingan nasabah bukan karena kepentingan pihak lain. Dengan demikian, Manajer Investasi dilarang melakukan transaksi efek untuk keuntungan Manajer Investasi, pihak terafililasi Manajer Investasi atau Nasabah tertentu.

Itulah penjelasan singkat mengenai Manajer Investasi, semoga Sobat semakin paham untuk berinvestasi di Pasar Modal, pastikan Sobat memanfaatkan jasa Manajer Investasi yang terdaftar dan berizin dari OJK dan jangan sampai tergiur tawaran investasi bodong. Untuk daftar Manajer Investasi yang terdaftar bisa cek di sini ya.

Referensi:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20643

https://www.ojk.go.id/id/regulasi/Documents/Pages/POJK-tentang-Pedoman-Perilaku-Manajer-Investasi/SALINAN-POJK%20Pedoman%20Perilaku%20MI.pdf

Rating

Senang
25%
Puas
50%
Menginspirasi
25%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

PENYEBAB NAIK TURUN HARGA SAHAM SUATU PERUSAHAAN
Baca selengkapnya >>
Harga Emas Naik Turun, Apa Penyebabnya?
Baca selengkapnya >>
Mengenal Candlestick, Rambu-rambu Saham untuk Investor
Baca selengkapnya >>
KATA SIAPA BUKA REKENING SAHAM ITU SUSAH? BACA ARTIKEL BERIKUT INI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT!
Baca selengkapnya >>
Perusahaan Go Public? Simak Manfaatnya!
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Investasi Sambil Mencari berkah Ramadhan melalui Wakaf Sukuk
Baca selengkapnya >>
Investasi Aman, Dikelola oleh Manajer Investasi
Baca selengkapnya >>
Apa sih Beda Penghimpunan Dana di SCF dan Pasar Modal? Yuk Kenali Pilihan Pendanaan Usaha Sobat
Baca selengkapnya >>
Supaya Investasi Makin Terdiversifikasi, Yuk Kenali Perbedaan Saham dan Obligasi
Baca selengkapnya >>
Bukan tentang Nominal, Investasi di Pasar Modal Perlu Strategi! Cek Tips Berikut
Baca selengkapnya >>